Presiden Tinjau Pembangunan Bendungan di Sulut


Rabu,28 Desember 2016 - 01:41:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Presiden Tinjau Pembangunan Bendungan di Sulut Presiden RI, Jokowi, meninjau pembangunan bendungan Kuwil Kawangkoan di Kecamatan Kalawat, Minahasa Utara, Sulut, Selasa (27/12). Bendungan itu akan dibangun dengan total biaya pembangunan sekitar Rp1,42 triliun.

SULAWESI UTARA, HALUAN — Agenda pertama Presiden RI, Jokowi, pada hari kedua di Su­lawesi Utara (Sulut) adalah me­ninjau salah satu proyek infra­struktur yang sedang dikerjakan pemerintah.

“Ini adalah waduk Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara, Pro­vinsi Sulawesi Utara, luasnya 308 hektar. Besar sekali, kapasitasnya 23 juta meter kubik. Fungsinya untuk air baku di bawah berarti di Manado, Bitung, Minahasa Utara,” ujar Jokowi, Selasa (27/12).

Jokowi menyebutkan, sejumlah manfaat akan diperoleh dari pem­bangunan waduk tersebut. Pembangkit listrik dan penunjang sek­tor pariwisata merupakan beberapa manfaat yang disinggung Jokowi.

“Fungsi kedua mengatasi ban­jir. Jadi, banjir yang dulu melanda Manado berasal dari sungai Tondano di sini. Nanti juga ada fungsi pembangkit listrik, ya tiga ini yah nanti ditambah untuk pariwisata selesai kira-kira 2019,” tuturnya dalam rilis yang diterima Haluan.

Untuk diketahui, Bendungan Kuwil Kawangkoan yang berlokasi di Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, akan dibangun dengan total biaya pembangunan sekitar Rp1,42 triliun.

Pembangunan bendungan ter­sebut menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam membenahi infrastruktur Tanah Air. Total saat ini sudah 21 bendungan yang dibangun oleh pemerintah sejak 2015.

“Di tahun 2015 kan sudah memulai 13 bendungan waduk yang sudah kita mulai. Tahun ini kita mulai delapan, jadi total 21 bedungan waduk,” ucap Jokowi.

Turut hadir mendampingi Jo­kowi dalam acara tersebut Se­kretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Ha­dimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan. (h/rel/dib)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,06 Desember 2016 - 01:40:32 WIB

    Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis: Presiden Bukan Lambang Negara

    Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis: Presiden Bukan Lambang Negara JAKARTA, HALUAN — Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis menilai pihak kepolisian telah meng­­gunakan hukum di luar hukum yang ada di Indo­nesia dalam mengusut kasus makar dan penghinaan pada simbol negara..
  • Kamis,10 November 2016 - 00:17:46 WIB

    Presiden Jangan Main-Main dengan Rasa Keadilan

    Presiden Jangan Main-Main dengan Rasa Keadilan JAKARTA, HALUAN — Jutaan umat Islam tumpah ruah di Ibu Kota pada 4 November 2016. Mereka melakukan aksi damai dalam rangka mendesak presiden dan kepolisian untuk segera menetapkan status hukum Gubernur DKI Jakarta nonaktif,.
  • Rabu,05 Oktober 2016 - 11:01:14 WIB

    Presiden Ganti Basarnas, Ini Penggantinya

    Presiden Ganti Basarnas, Ini Penggantinya PADANG, HALUAN-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 83 Tahun 2016 tentang Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan..
  • Senin,29 Agustus 2016 - 02:17:18 WIB

    Presiden Minta BUMD Mau Berbagi dengan Pengusaha Daerah

    Presiden Minta BUMD Mau Berbagi dengan Pengusaha Daerah JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam melakukan pekerjaan infrastruktur di daerah mau berbagai dengan pengusaha lokal di daerah tersebut..
  • Senin,15 Agustus 2016 - 21:24:02 WIB

    Menteri ESDM Arcandra Diberhentikan Presiden Joko Widodo

    Menteri ESDM Arcandra Diberhentikan Presiden Joko Widodo JAKARTA, HALUAN--Setelah beredarnya isu kewarganegaraan Menteri ESDM Arcandra Tahar, Presiden Joko Widodo mengambil langkah dengan memberhentikan Arcandra..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM