Cina Ingin Jadi Negara Pertama Jelajahi Mars


Rabu,28 Desember 2016 - 01:39:57 WIB

BEIJING, HALUAN — Cina kini tengah menggodok rencana untuk menjadi negara pertama yang mendarat di sisi paling jauh dari bulan pada 2018. Selain itu, Pemerintah Cina juga mengindikasikan rencana untuk meluncurkan misi penjelajahan dan penelitian Planet Mars pada 2020.

Seperti dilansir Daily Mail, Selasa (27/12), Cina kini tengah mempercepat pembangunan laboratorium ruang angkasa. Pejabat Cina mengungkapkan, pembangunan tersebut bertujuan mendukung misi luar angkasa yang telah direncanakan tersebut. Selain itu, tujuan lainnya dari pembangunan laboratorium adalah untuk menjamin keamanan nasional dan keperluan penelitian ilmiah.

Kantor berita The White Paper melaporkan perkembangan program luar angkasa Cina telah maju dengan pesat. Sebelumnya, Cina melakukan misi luar angkasa pertamanya pada 2003. Hingga kini, Cina telah melakukan enam misi luar angkasa.

Cina menargetkan untuk menjelajahi Planet Mars pada 2020, mereka berencana melakukan eksplorasi besar-besaran dan membawa sampel dari “Planet Merah” tersebut yang nantinya akan diteliti di Bumi.

Ahli luar angkasa, He Qisong, dari Shanghai University of Political Science and Law mengatakan, menjadi negara pertama yang mendarat di sisi terjauh dari bulan adalah tujuan utama. Hal itu akan menunjukkan bagaimana Cina telah menguasai teknologi luar angkasa yang mutakhir.  (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM