Cina Ingin Jadi Negara Pertama Jelajahi Mars


Rabu,28 Desember 2016 - 01:39:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi

BEIJING, HALUAN — Cina kini tengah menggodok rencana untuk menjadi negara pertama yang mendarat di sisi paling jauh dari bulan pada 2018. Selain itu, Pemerintah Cina juga mengindikasikan rencana untuk meluncurkan misi penjelajahan dan penelitian Planet Mars pada 2020.

Seperti dilansir Daily Mail, Selasa (27/12), Cina kini tengah mempercepat pembangunan laboratorium ruang angkasa. Pejabat Cina mengungkapkan, pembangunan tersebut bertujuan mendukung misi luar angkasa yang telah direncanakan tersebut. Selain itu, tujuan lainnya dari pembangunan laboratorium adalah untuk menjamin keamanan nasional dan keperluan penelitian ilmiah.

Kantor berita The White Paper melaporkan perkembangan program luar angkasa Cina telah maju dengan pesat. Sebelumnya, Cina melakukan misi luar angkasa pertamanya pada 2003. Hingga kini, Cina telah melakukan enam misi luar angkasa.

Cina menargetkan untuk menjelajahi Planet Mars pada 2020, mereka berencana melakukan eksplorasi besar-besaran dan membawa sampel dari “Planet Merah” tersebut yang nantinya akan diteliti di Bumi.

Ahli luar angkasa, He Qisong, dari Shanghai University of Political Science and Law mengatakan, menjadi negara pertama yang mendarat di sisi terjauh dari bulan adalah tujuan utama. Hal itu akan menunjukkan bagaimana Cina telah menguasai teknologi luar angkasa yang mutakhir.  (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,13 Desember 2016 - 00:55:21 WIB

    Trump Indikasikan AS Akhiri Kebijakan ‘Satu Cina’

    NEW YORK, HALUAN—Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump, mengin­dikasikan kemungkinan untuk mengakhiri kebijakan “Satu Cina” yang telah diberla­kukan AS sejak 1979..
  • Rabu,27 Juli 2016 - 03:45:03 WIB

    AS Dukung Perundingan Cina dengan Filipina

    VIENTIANE, HALUAN — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat pada Selasa (26/7) menyatakan mendukung perundingan kembali Cina dengan Filipina untuk menyelesaikan sengketa Laut Cina Selatan..
  • Kamis,28 April 2016 - 04:15:42 WIB

    Cina Dihantui Ledakan Obesitas Remaja

    BEIJING, HALUAN — Ci­na dihantui oleh ledakan obesitas pada generasi mu­danya. Sebuah penelitian baru memperingatkan ting­kat obesitas pada anak-anak muda di Cina terus me­ningkat dengan cepat..
  • Selasa,19 April 2016 - 02:53:12 WIB

    Cina Eksekusi Mati Mantan Wagub Guangdong

    BEIJING, HALUAN — Cina akan meng­hukum mati mantan wakil gubernur dari provinsi makmur, Guangdong terkait kasus korupsi setelah tim penyelidik mem­buk­tikan pejabat itu menerima suap serta me­ny­a­lah­gunakan keduduk.
  • Jumat,15 April 2016 - 02:58:13 WIB
    Pemerintah Australia Diminta Waspada

    Investasi Cina Dikhawatirkan Pengaruhi Keamanan Nasional

    MELBOURNE, HALUAN — Seorang pakar keamanan dan kebijakan internasional me­meringatkan, para politisi Australia seharusnya tak silau dengan uang dari Cina saat menjual infrastruktur penting, seperti pelabuhan dan jaringan l.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM