Walikota Sawahlunto : Restoran Jangan ‘Main Pakuak'


Selasa,27 Desember 2016 - 17:51:03 WIB
Walikota Sawahlunto : Restoran Jangan ‘Main Pakuak' Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf serahkan reward kepada 36 restoran taat pajak. (RIKI YUHERMAN) .

SAWAHLUNTO,  HALUAN—Rumah makan dan restoran memiliki peran strategis dalam menyukseskan promosi pariwisata.Untuk memaksimalkan peran tersebut, Walikota Ali Yusuf mengajak pengusaha rumah makan atau restoran di "kota wisata tambang" itu  untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat usahanya dan tidak ' main pakuak' dalam menetapkan harga .

 

"Pemko pun akan membantu pengusaha rumah makan dengan meningkatkan angka kunjungan wisatawan, juga memperbanyak iven," ungkapnya saat membuka sosialisasi pajak restoran dan rumah makan,  Selasa (27/12).

 

Bapak tigak anak itu menambahkan,  peranan dari pengusaha rumah makan untuk bersama-sama mempromosikan wisata sangat strategis. Untuk itu, hal pertama yang harus dimulai yakni dengan menjaga kualitas kebersihan dan kenyamanan rumah makannya. Kemudian jangan biasakan "main pakuak",  buat daftar harga dan menu wajib dipampangkan agar konsumen dapat mengetahuinya dengan mudah.

 

Dilanjutkan Ali Yusuf, untuk membantu promosi wisata nanti setiap rumah makan juga diberi denah lokasi wisata dan informasi destinasi wisata yang berbentuk perangkat pamflet,leaflet, atau pun brosur.

 

"Nanti dikoordinasikan ke Dinas Pariwisata, agar setiap rumah makan disediakan media promosi wisata kota", janjinya.

 

Dikesempatan itu Walikota juga menyerahkan reward kepada 36 restoran taat pajak dari 73 objek pajak yang ada di Kota Sawahlunto.

 

Kepala bidang pendapatan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKKAD)  Kota Sawahlunto,  M. Rahadian menyebutkan,  reward yang diberikan antara lain objek pajak yang rutin menyetor dengan besaran Rp50.000 sampai Rp100.000 per bulan dengan hadiah 1 unit blender,  mendapat kipas angin per objek pajak.

 

Dua objek pajak dengan setoran Rp110.000 sampai Rp295.000 per bulan menerima reward berupa magic com, objek pajak dengan setoran Rp300.000 hingga Rp495.000  per bulan mendapat kulkas show case,  sedangkan objek pajak setoran besar diatas Rp500.000 perbulan mendapat Televisi LED.

“Tahun ini baru terdapat 39  objek pajak yang mendapatkan reward dari 73 objek pajak restoran dan rumah makan yang ada di kota ini. Ini bertambah dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 28 objek pajak,” sebutnya. (h/mg-rki).

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM