Lima Anak Harimau Lahir di TMSBK


Selasa,27 Desember 2016 - 00:55:14 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Lima Anak Harimau Lahir di TMSBK Koleksi Harimau di TMSBK Bukittinggi bertambah dengan kelahiran lima ekor anak Harimau Sumatera dan Harimau Dahan. (YURSIL)

BUKITTINGGI, HALUAN – Ko leksi Harimau di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau lebih dikenal dengan Kebun Binatang Bukit­tinggi, bertambah dengan kela­hi­ran lima ekor anak Harimau.

Kepala Bidang TMSBK, Dinas Kebudayaan dan Pari­wisata Bukittinggi, Ikbal, me­ngatakan ke lima ekor anak Harimau itu terdiri atas tiga ekor anak Harimau Sumatera dan dua ekor anak Harimau Dahan.

Menurut Ikbal, tiga ekor anak Harimau Sumatera ber­kelamin satu jantan dan dua betina ini, lahir dari pasangan induk jantan Bancah, dan induk betina Sean, serta ini meru­pakan kelahiran anak yang kedua kalinya dari pasangan Harimau Sumatera it”Tiga ekor anak Harimau Sumatera itu lahir pada tanggal 14 November 16 yang lalu, sedangkan dua ekor anak Harimau Dahan lahir seminggu yan lalu. Saat ini kondisi Harimau itu dalam keadaan sehat, karena supply makanan dan vitaminnya sangat dijaga oleh petugas. Untuk perkembangannya akan kita dibiarkan sebagai mana mes­tinya, tanpa campur tangan banyak orang,” kata Ikbal kepa­da sejumlah wartawan di TMS­BK, Senin (26/12).

Ia menjelaskan, kelahiran anak Hariamau itu, di TMSBK merupakan kelahiran yang ketiga kalinya, pertama dari induk jantan Bancah dengan induk betina Dara Jingga tang­gal 22 September 14 lalu mela­hirkan dua ekor anak harimau yang saat ini sudah tumbuh remaja.

”Berikut 14 Januari 2016, induk Jantan Bancah dan Induk Betina Sean juga me­lahirkan dua ekor anak yang saat ini sudah mati karena mengalami kelainan biologis, dan yang ketiga kalinya dari induk jantan Bancah dan induk betina Sean baru lahir kembali tiga ekor anak Harimau Su­matera,” tuturnya.

Ikbal menambahkan, kela­hiran anak Harimau Sumatera di lembaga konservasi kebun binatang ini merupakan keja­dian yang langka, namun kebun binatang Bukittinggi telah me­lakukan perubahan, mengingat biasanya perkembang biakan Harimau Sumatera itu hanya terjadi di alam bebas.”Dengan kelahiran tiga ekor anak Ha­rimau ini, koleksi Harimau Sumatera di Kebun Binatang Bukittinggi menjadi delapan ekor,” ujarnya.

Sementara itu,  untuk Ha­rimau Dahan, lahir dua ekor anak, umurnya baru satu ming­gu, dan jenis kelaminnya belum diketahui, karena anak itu masih belum berpisah dengan induk­nya, dan induknya pun over protektif.”Dengan ber­tam­bah­nya koleksi anak Harimau Su­matera dan Harimau Dahan ini, akan dapat meningkatkan jum­lah kunjungan wisatawan ke Kebun Binatang Bukittinggi,” ungkapnya.(h/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,12 September 2017 - 20:50:25 WIB

    Lima Jemaah Haji Tertunda Pulang

    Lima Jemaah Haji Tertunda Pulang PADANG, HALUAN – Sebanyak lima jemaah haji asal Bengkulu yang tergabung dalam kloter IV tertunda kepulangannya ke tanah air. Mereka urung pulang bersama rombongannya yang telah mendarat di BIM, Senin (11/9) malam, karena ha.
  • Senin,22 Mei 2017 - 19:21:36 WIB

    Pascabencana Limapuluh Kota Bangkit, Siap Untuk Selamat

    Pascabencana  Limapuluh Kota Bangkit, Siap Untuk Selamat Bencana alam berupa banjir dan longsor yang menimpa Kabupaten Limapuluh Kota beberapa waktu lalu, meninggalkan luka yang mendalam bagi para korban. Bencana banjir, merendam sebagian nagari yang tersebar seluruh kecamatan yang.
  • Jumat,17 Maret 2017 - 11:41:51 WIB

    The Kmers Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana di Limapuluh kota

    The Kmers Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana di Limapuluh kota PADANG, HARIANHALUAN.COM—Setelah sepekan menggalang pengumpulan dana di sejumlah titik lampu merah. Hari ini (16/3) sejumlah perwakilan pengurus The Kmers menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir dan longsor di Limap.
  • Senin,13 Maret 2017 - 20:22:22 WIB

    PT XL Axiata Tbk Serahkan Bantuan Korban Banjir Limapuluh Kota

    PT XL Axiata Tbk Serahkan Bantuan Korban Banjir Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Ikut meringakan korban banjir dan longsor, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengirimkan donasi ke korban ke Kabupaten Limapuluh Kota. Donasi ini berupa bahan- bahan logistik seperti obat-obatan, .
  • Rabu,28 Desember 2016 - 01:52:59 WIB
    URAT NADI PEREKONOMIAN

    Jalan Koto Rawang - Limau Gadang Harus Dilanjutkan

    Jalan Koto Rawang - Limau Gadang Harus Dilanjutkan PAINAN, HALUAN — Masyarakat Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan sangat mengharapkan kepada pemerintah untuk kelanjutan pembangunan jalan alternatif yang menghubungkan Kenagarian Koto Rawang menuju Nagari Limau Gad.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM