BI Sosialisasikan Rupiah Baru di Bukittinggi


Selasa,27 Desember 2016 - 00:49:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BI Sosialisasikan Rupiah Baru di Bukittinggi Deputi Gubernur BI, Hendar, bersama pemilik Toko Erin di Pasar atas Bukittinggi, Minggu (25/12), memperihatkan uang baru. BI mengunjungi pasar tersebut untuk menyosialisasikan uang baru yang diluncurkan pada 19 Desember 2016. (YURSIL)

BUKITTINGGI, HALUAN — Bank Indonesia (BI) beberapa ha­ri yang lalu meluncurkan tu­juh pecahan mata uang ru­piah emi­si 2016. Untuk menin­dak­lan­juti hal tersebut, BI me­nyo­sialisasikan mata uang ru­piah baru tersebut ke daerah-daerah. Pada Minggu (25/12), BI me­nga­dakan sosialisasi tersebut di Pasar Atas Bukit­tinggi.

Deputi Gubernur BI, Hen­dar, sambil berbelanja, ikut menyosialisasikan mata uang rupiah baru di pasar tersebut. Usai sosialisasi, ia mengatakan, tujuan penerbitan mata uang rupiah tersebut sesuai dengan amanat UU Nomor 7 Tahun 2011,  bahwa cirri-ciri mata uang kertas adalah memuat gambar pahlawan nasional dan bagian belakang gambar ada­lah tarian suatu daerah dan ditambah keindahan alam.   

“Per tanggal 19 Desember 2016, mata uang rupiah emisi 2016 sah menjadi alat pemba­yaran di negeri ini. Khusus untuk Sumatra Barat, Bank Indonesia menerbitkan uang pecahan kertas dua ribu dengan gambar belakang Ngarai Sioa­nok dan gambar  Tari Piring,” ujar Hendar.

Ia menjelaskan, untuk ke depan, saat ini BI sedang merancang program redo­mina­si jika memang betul betul dibutuhkan. BI memiliki ko­mit­men untuk menyediakan jumlah uang yang cukup dan layak edar di masyarakat.

“Saya sudah perintahkan se­luruh perwakilan BI di daerah un­tuk melakukan clean money po­licy serta memerintahkan me­nyebarkan uang ke daerah yang sulit dijangkau,” tuturnya. Ia menegaskan, dengan bere­dar­­nya mata uang baru itu, ti­dak otomatis mencabut pere­da­­ran mata uang lama. Namun, se­cara perlahan mata uang la­ma akan diganti dengan yang baru.

Selain itu, kata Hendar, unsur pengamanan mata uang sangatlah penting karena sema­kin lama mata uang tertentu beredar, semakin besar peluang uang tersebut ditiru. Salah satu cara antisipasinya adalah mem­batasi jangka waktu peredaran uang tertentu pada masyarakat.

Ia mengatakan, seluruh pencetakan uang saat ini sudah dilakukan di dalam negeri. Pemerintah telah meme­rintah­kan pencetakan uang untuk dilakukan di Peruri. Proses pencetakan tersebut langsung dikontrol oleh BI, sementara BI dikontrol oleh BPK.

“Jadi, tidak mudah menam­bah dan mengurangi uang beredar di masyarakat karena aturannya sangat ketat. Saya tegaskan saat ini tidak ada uang kita yang dicetak di luar nege­ri,” ucap Hendar.

Rombongan petinggi BI ter­diri dari Kepala Departemen Re­gional II Wilayah Sumatera Ja­wa, Dwi Pranoto, Kepala De­par­temen Regional III Wila­yah Kalimantan, Sulawesi, Malu­ku, Papua dan Nusateng­gara, Nir­man­yah, Kepala BI Perwakilan Sumbar, Puji Atmo­ko, dan Kepala Devisi Rehan­do. (h/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,26 Juli 2017 - 11:01:39 WIB

    Harga Gambir di Pessel Anjlok

    Harga Gambir di Pessel Anjlok PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Petani Gambir di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kembali mengeluh akibat tidak stabilnya harga komoditas tersebut sejak  beberapa bulan terakhir..
  • Jumat,07 Juli 2017 - 11:31:42 WIB

    Managemen Basko Grand Mall Halal Bihalal

    Managemen Basko Grand Mall Halal Bihalal PADANG, HALUAN – Managemen Basko Grand Mall menggelar acara halal bi halal. Acara ini sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi dan sekaligus memperkenalkan managemen Basko Mall dengan tenant di Basko Mall..
  • Jumat,07 Juli 2017 - 11:26:15 WIB

    Bibit Ikan Mas Koki di Pariaman Punya Daya Tarik

    Bibit Ikan Mas Koki di Pariaman Punya Daya Tarik PARIAMAN, HALUAN—Setelah sukses melakukan pemuliaan ikan lele, kini Balai Benih Ikan (BBI) Kota Pariaman mengembangkan pembenihan ikan hias mas koki. .
  • Sabtu,17 Juni 2017 - 00:45:37 WIB

    Harga Gambir di Limapuluh Kota Fluktuatif

    Harga Gambir di Limapuluh Kota Fluktuatif LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Sejumlah petani gambir di Jorong Landai, Limapuluh Kota, terkendala karena tidak adanya kepastian harga gambir di pasaran. Ketika harga tinggi, warga Landai mengaku menangguk keuntungan be.
  • Senin,29 Mei 2017 - 15:20:28 WIB

    Café Balanjuang, Sensasi Baksonya Luar Biasa

    PADANG,HALUAN—Bagi pencinta bakso, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi varian bakso yang disediakan Cafe Balanjuang di Jalan Pondok Nomor 147, Kota Padang. Tidak hanya pecinta bakso, masyarakat Kota Padang harus mera.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM