BI Sosialisasikan Rupiah Baru di Bukittinggi


Selasa,27 Desember 2016 - 00:49:25 WIB
BI Sosialisasikan Rupiah Baru di Bukittinggi Deputi Gubernur BI, Hendar, bersama pemilik Toko Erin di Pasar atas Bukittinggi, Minggu (25/12), memperihatkan uang baru. BI mengunjungi pasar tersebut untuk menyosialisasikan uang baru yang diluncurkan pada 19 Desember 2016. (YURSIL)

BUKITTINGGI, HALUAN — Bank Indonesia (BI) beberapa ha­ri yang lalu meluncurkan tu­juh pecahan mata uang ru­piah emi­si 2016. Untuk menin­dak­lan­juti hal tersebut, BI me­nyo­sialisasikan mata uang ru­piah baru tersebut ke daerah-daerah. Pada Minggu (25/12), BI me­nga­dakan sosialisasi tersebut di Pasar Atas Bukit­tinggi.

Deputi Gubernur BI, Hen­dar, sambil berbelanja, ikut menyosialisasikan mata uang rupiah baru di pasar tersebut. Usai sosialisasi, ia mengatakan, tujuan penerbitan mata uang rupiah tersebut sesuai dengan amanat UU Nomor 7 Tahun 2011,  bahwa cirri-ciri mata uang kertas adalah memuat gambar pahlawan nasional dan bagian belakang gambar ada­lah tarian suatu daerah dan ditambah keindahan alam.   

“Per tanggal 19 Desember 2016, mata uang rupiah emisi 2016 sah menjadi alat pemba­yaran di negeri ini. Khusus untuk Sumatra Barat, Bank Indonesia menerbitkan uang pecahan kertas dua ribu dengan gambar belakang Ngarai Sioa­nok dan gambar  Tari Piring,” ujar Hendar.

Ia menjelaskan, untuk ke depan, saat ini BI sedang merancang program redo­mina­si jika memang betul betul dibutuhkan. BI memiliki ko­mit­men untuk menyediakan jumlah uang yang cukup dan layak edar di masyarakat.

“Saya sudah perintahkan se­luruh perwakilan BI di daerah un­tuk melakukan clean money po­licy serta memerintahkan me­nyebarkan uang ke daerah yang sulit dijangkau,” tuturnya. Ia menegaskan, dengan bere­dar­­nya mata uang baru itu, ti­dak otomatis mencabut pere­da­­ran mata uang lama. Namun, se­cara perlahan mata uang la­ma akan diganti dengan yang baru.

Selain itu, kata Hendar, unsur pengamanan mata uang sangatlah penting karena sema­kin lama mata uang tertentu beredar, semakin besar peluang uang tersebut ditiru. Salah satu cara antisipasinya adalah mem­batasi jangka waktu peredaran uang tertentu pada masyarakat.

Ia mengatakan, seluruh pencetakan uang saat ini sudah dilakukan di dalam negeri. Pemerintah telah meme­rintah­kan pencetakan uang untuk dilakukan di Peruri. Proses pencetakan tersebut langsung dikontrol oleh BI, sementara BI dikontrol oleh BPK.

“Jadi, tidak mudah menam­bah dan mengurangi uang beredar di masyarakat karena aturannya sangat ketat. Saya tegaskan saat ini tidak ada uang kita yang dicetak di luar nege­ri,” ucap Hendar.

Rombongan petinggi BI ter­diri dari Kepala Departemen Re­gional II Wilayah Sumatera Ja­wa, Dwi Pranoto, Kepala De­par­temen Regional III Wila­yah Kalimantan, Sulawesi, Malu­ku, Papua dan Nusateng­gara, Nir­man­yah, Kepala BI Perwakilan Sumbar, Puji Atmo­ko, dan Kepala Devisi Rehan­do. (h/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM