HADAPI PASAR BEBAS

Pelaku Usaha Diimbau Urus Sertifikat Halal


Selasa,27 Desember 2016 - 00:48:56 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN— Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengimbau pelaku usaha makanan di Sumbar untuk mengurus sertifikat halal. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu upaya untuk menghadapi era pasar bebas dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Selain tuntutan agama, kata Irwan, sertifikasi halal merupakan tuntutan global untuk menarik minat masya­rakat berbelanja karena ser­ti­fikat halal sangat ber­man­faat dalam menghadapi era global. Apabila pelaku usaha makanan tidak membuka diri dan berharap konsu­mennya hanya regional, konsumen tidak akan me­nanyakan apakah makanan yang dijual halal atau tidak.

“Kita kan berharap wisa­tawan yang datang ke Sumbar berasal dari luar negeri, bukan hanya wisatawan ling­kup nasional saja. Untuk itu, sertifikasi halal sangat perlu dan menjadi kebutuhan. Apabila produk makanan sudah bersertifikat halal, orang tidak akan ragu untuk memakannya karena tamu yang datang akan beragam,” tuturnya di Padang beberapa hari lalu.

Sebelumnya, Irwan Pra­yit­no menyerahkan sertifikat halal kepada 45 pelaku In­dustri Kecil Menengah di Sumbar. Ia juga menye­rah­kan 29 hasil uji labor pro­duk olahan pangan seba­gai syarat untuk mendapatkan register MD dan 10 sertifikat kompetensi pengelasan bagi IKM di Sumbar.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Per­industrian dan Perdagangan Provoinsi Sumbar Asben Hendri mengatakan, selama 2016, Pemprov Sumbar me­nye­rahkan sertifikat halal kepada 70 pelaku IKM di Sumbar. (h/rin)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,26 Mei 2017 - 10:53:43 WIB

    Kepala BPS Sumbar: Imbau Pelaku Usaha Berikan Data Akurat

    Kepala BPS Sumbar: Imbau Pelaku Usaha Berikan Data Akurat PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau pelaku usaha supaya memberikan data yang akurat saat Sensus Ekonomi lanjutan pada tahun ini. Karena, data yang akurat merupakan penentu .
  • Senin,17 April 2017 - 10:54:59 WIB

    Pelaku UMKM Difasilitasi Jaringan Ekspor

    PADANG, HALUAN—Dalam rangka memperluas pasar ekspor di Sumatra Barat (Sumbar), Kementerian Perdagangan dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumbar akan mengadakan seminar dan klinik bisnis pada 19 April di Basko Hotel..
  • Kamis,23 Maret 2017 - 16:08:21 WIB

    Mataharimall.com Ajak Gabung Pelaku UMKM Sumbar

    Mataharimall.com Ajak Gabung Pelaku UMKM Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mataharimall.com ditunjuk oleh Kementerian Perdagangan sebagai mitra untuk memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Sebagai upaya mewujudkan hal itu, Mataharimall.com menyediakan t.
  • Jumat,23 Desember 2016 - 00:27:38 WIB

    80 Pelaku UMKM Sumbar Dapat Bantuan Rp2 M

    80 Pelaku UMKM Sumbar Dapat Bantuan Rp2 M PADANG, HALUAN — Telkom Sumbar menyerahkan bantuan sebesar Rp2 miliar kepada 80 pelaku UMKM di Sumbar. General Manager (GM) Telkom Sumbar, Darmawi mengatakan, bantuan itu diberikan kepada mitra Telkom di 7 kabupaten/kota di.
  • Senin,19 Desember 2016 - 01:22:37 WIB

    Pelaku Usaha Harus Jeli Lihat Peluang

    PADANG, HALUAN — Se­ba­gai kota yang disiapkan men­jadi kota metropolitan, Ko­­ta Padang memiliki po­ten­si yang luas, baik potensi so­­sial, ekonomi, maupun ke­­ka­yaan budaya, untuk di­kem­­bang­kan menjad.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM