HADAPI PASAR BEBAS

Pelaku Usaha Diimbau Urus Sertifikat Halal


Selasa,27 Desember 2016 - 00:48:56 WIB

PADANG, HALUAN— Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengimbau pelaku usaha makanan di Sumbar untuk mengurus sertifikat halal. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu upaya untuk menghadapi era pasar bebas dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Selain tuntutan agama, kata Irwan, sertifikasi halal merupakan tuntutan global untuk menarik minat masya­rakat berbelanja karena ser­ti­fikat halal sangat ber­man­faat dalam menghadapi era global. Apabila pelaku usaha makanan tidak membuka diri dan berharap konsu­mennya hanya regional, konsumen tidak akan me­nanyakan apakah makanan yang dijual halal atau tidak.

“Kita kan berharap wisa­tawan yang datang ke Sumbar berasal dari luar negeri, bukan hanya wisatawan ling­kup nasional saja. Untuk itu, sertifikasi halal sangat perlu dan menjadi kebutuhan. Apabila produk makanan sudah bersertifikat halal, orang tidak akan ragu untuk memakannya karena tamu yang datang akan beragam,” tuturnya di Padang beberapa hari lalu.

Sebelumnya, Irwan Pra­yit­no menyerahkan sertifikat halal kepada 45 pelaku In­dustri Kecil Menengah di Sumbar. Ia juga menye­rah­kan 29 hasil uji labor pro­duk olahan pangan seba­gai syarat untuk mendapatkan register MD dan 10 sertifikat kompetensi pengelasan bagi IKM di Sumbar.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Per­industrian dan Perdagangan Provoinsi Sumbar Asben Hendri mengatakan, selama 2016, Pemprov Sumbar me­nye­rahkan sertifikat halal kepada 70 pelaku IKM di Sumbar. (h/rin)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM