DIDUGA MENISTAKAN AGAMA

Imam Besar FPI Dilaporkan ke Polisi


Selasa,27 Desember 2016 - 00:45:38 WIB
Imam Besar FPI Dilaporkan ke Polisi Ketua Presidium PP PMKRI Angelo Wake Kako usai melaporkan imam besar FPI Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan penistaan agama, Senin (26/12).

JAKARTA, HALUAN — Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) melaporkan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya, Senin (26/12). PMKRI menilai Rizieq telah menistakan agama, lewat pidatonya di salah satu acara di Pondok Kelapa, Jakarta Timur pada Minggu (25/12).

“Kami merasa terhina, me­rasa tersakiti dengan ucapan ungkapan kebencian yang di­sam­paikan oleh saudara Habib Rizieq Shihab ini,” kata Ketua Presidium PP PMKRI Angelo Wake Kako seusai melaporkan Rizieq di Polda Metro Jaya.

Angelo mengaku video yang berisi pernyataan Rizieq sudah menyebar di sejumlah  media sosial. Dalam video ter­sebut, Rizieq sedang memberi ceramah terkait larangan umat islam mengucapkam selamat Natal.

Menurutnya, Rizieq menga­takan bahwa Tuhan tidak bera­nak dan tidak diberanakkan. “Kalau Tuhan beranak, bidan­nya siapa?” ujar Rizieq dalam pidatonya. Pernyataan itu diikuti dengan gelak tawa dari warga yang menonton.

Selain melaporkan Rizieq dalam kasus penistaan agama, Angelo juga melaporkan dua buah akun media sosial, yakni akun Instagram Fau­zi_ah­mad_­fii­qol­by milik Fauzi Ahmad, dan akun twitter @sayareya. Kedua akun itu diketahui ikut menyebarkan potongan video ceramah Rizieq.

Rizieq dilaporkan melang­gar pasal 156 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan pasal 156A KUHP dan atau pasal 28 ayat 2 juncto pasal 25 A ayat 2 Undang-Undang RI nomor 19 tahun 2016. Sedang­kan Fauzi Ahmad dan Saya Reya dilaporkan dengan pasal UU Informasi dan Transaksi Elektronik tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

Laporkan balik

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Daerah Front Pem­bela Islam (FPI) DKI Jakarta, Novel Bamukmin, berencana melaporkan Perhimpunan Ma­ha­siswa Katolik Republik In­do­nesia (PMKRI) karena diang­gap telah mencemarkan nama baik Imam Besar FPI Rizieq Shihab. PMKRI menganggap Rizieq telah telah menistakan agamanya, kemudian mela­porkannya ke Polda Metro Jaya pada Senin (26/12).

“Hak mereka melaporkan (Ri­zieq), tapi kami juga akan me­laporkan mereka,” kata No­vel sesaat setelah PMKRI me­la­­por­kan ke polisi seperti di­kutip da­ri Tempo. PMKRI dianggap te­lah mencemarkan nama baik Ri­zieq. Menurutnya, pelaporan PM­KRI adalah upa­ya untuk me­mecah belah per­satuan bangsa.

Kalimat Rizieq tersebut dianggap menistakan agama. Na­mun, menurut Novel, cera­mah Rizieq itu hanya untuk kon­sumsi umat Islam. “Siapa yang merekam, yang meng­ung­gah itu harus diusut,” ujar­nya.

Pihaknya meminta agar ke­polisian mengusut penye­baran ceramah tanpa seizin Rizieq Shi­hab. Menurut Novel, cera­mah Rizieq Shihab adalah ke­ya­kinan seorang ulama yang ha­rus di­sam­paikan ke umat Musl­im.

Karena itu, ia menganggap bah­wa menyampaikan kebe­naran Islam kepada umat Mus­lim adalah hak Rizieq.

Ia berpendapat, landasan itu ter­tuang pada Fatwa MUI 7 Ma­ret 1981 dan Fatwa MUI No­mor 5 Tahun 2005 tentang Se­ku­lerisme, Pluralisme, dan Li­be­ralisme. Menurutnya, umat Is­­lam dilarang mengucapkan Na­tal karena itu dianggap ber­kai­tan dengan akidah orang Is­lam.

“Karena keyakinan umat Islam, Allah itu tidak beranak dan diperanakan,” ucap dia. Menurut Novel, perbedaan keyakinan agama itu hal yang wajar terjadi. Justru ia mem­pertanyakan perekam ceramah Rizieq kemudian menyebar­kan­nya kepada publik. “Kita sam­paikan argumen untuk umat sendiri, tidak seperti Ahok yang menyampaikan surat Al-Mai­dah di depan umat Islam,” katanya. (h/tco)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM