DITUNTUT HENTIKAN PEMBANGUNAN PEMUKIMAN DI PALESTINA

Israel Panggil Dubes dari 11 Negara


Selasa,27 Desember 2016 - 00:43:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi

TEL AVIV, HALUAN — Perdana Menteri (PM) Israel, Benyamin Neta­nyahu, memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Israel terkait keputusan abstain yang diambil Gedung Putih pada voting resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) menuntut dihentikannya pembangunan pemu­kiman Yahudi pekan lalu. Juru bicara Pemerintah Israel belum memberikan detail mengenai kapan pertemuan antara Netanyahu dan Dubes AS Daniel Shapiro akan terjadi.

Resolusi yang menuntut peng­hentian pembangunan pemukiman Yahudi itu disahkan oleh 15 negara anggota DK PBB setelah AS memutus­kan untuk abstain dan tidak melakukan veto terhadap resolusi tersebut. Sikap ini berlawanan dengan pendekatan diplomatik untuk melindungi Israel yang sejak lama dijalankan AS.

Kemarahan Netanyahu terhadap sikap AS dalam resolusi tersebut ditunjukkan secara jelas melalui serang­kaian pidato dan komentar sejak disahkannya resolusi. Ketua Partai Likud itu bahkan menuduh Presiden AS Barack Obama telah berkonspirasi dengan Palestina untuk mendorong diadopsinya resolusi itu di depan rapat kabinet Israel.

Diwartakan Reuters, Senin (26/12), dari 14 negara yang menyetujui penga­dopsian resolusi pemukiman Yahudi, 10 di antaranya memiliki kedutaan di Israel. Negara-negara itu adalah Inggris, China, Rusia, Mesir, Jepang, Uruguay, Spanyol, Ukraina dan Selandia Baru. Dubes dari 10 negara tersebut telah dipanggil oleh Kementerian Luar Negeri Israel untuk menerima teguran.

“Selama beberapa dekade Admi­nistrasi AS dan Pemerintah Israel berbeda pendapat mengenai masalah pemukiman, tapi kami setuju bahwa DK PBB bukanlah tempat untuk menye­lesaikan isu ini,” kata Netanyahu.

“Seperti yang saya katakan kepada (Menteri Luar Negeri AS) John Kerry pada Kamis, “Teman tidak akan mem­bawa kawannya ke DK PBB,” katanya .  (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,29 November 2016 - 00:34:02 WIB

    Israel Dilalap ‘Api Neraka’

    Israel Dilalap ‘Api Neraka’ TEPI BARAT, HALUAN — Kebakaran hutan di Israel masih terus menyebar. Dilansir Haaretz, otoritas mulai mengevakuasi 350 penduduk Israel dari permukiman Yahudi di Halamish, Tepi Barat..
  • Selasa,01 November 2016 - 01:08:30 WIB

    Israel Ingin Klaim Kedaulatan Tepi Barat

    ISRAEL, HALUAN—Menteri Pendidikan Israel, Naftali Bennett mendesak negaranya untuk me­netapkan kedaulatan atas wilayah pendudukan di Tepi Barat, rumah bagi warga Israel..
  • Jumat,28 Oktober 2016 - 00:41:58 WIB

    Israel Hancurkan 7 Rumah Palestina

    Jerusalem, HALUAN — Pasukan Israel pada Rabu (26/10) menghancurkan tu­juh rumah orang Palestina di Jerusalem Timur, kata be­berapa sumber Palestina dan satu kelompok pengawas hak asasi manusia Israel..
  • Rabu,19 Oktober 2016 - 00:34:21 WIB

    Masjid Al Aqsa Situs Bersejarah Islam, Pemerintah Israel Ajukan Protes

    Masjid Al Aqsa Situs Bersejarah Islam, Pemerintah Israel Ajukan Protes YERUSALEM, HALUAN —Badan dunia untuk Pendidikan, Sains, dan Organisasi Budaya atau UNESCO mengeluarkan resolusi terbaru yang mengakui ke­bera­da­an Masjid Al Aqsa sebagai situs bersejarah umat Islam. Namun pemerintah Isr.
  • Kamis,06 Oktober 2016 - 02:23:06 WIB

    Roket Hantam Perbatasan Israel

    GAZA, HALUAN — Sebuah roket dari Jalur Ga­za menghantam perbatasan Israel di Sderot, Ra­bu (5/10). Tidak jelas pihak mana yang me­nem­­bakan roket. Tidak ada korban dalam insi­den..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM