KEGIATAN MOTOR TRABAS

Wabup dan Senator Nofi Candra Jajal Alam Lembah Gumanti


Selasa,27 Desember 2016 - 00:42:05 WIB
Wabup dan Senator Nofi Candra Jajal Alam Lembah Gumanti PLT KEPALA Dinas Pariwisata Kab. Solok Yandra SE MSi menyalami Senator DPD RI Nofi Candra dan Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin jelang pelepasan peserta trabas Jelajah Alam Lembah Gumanti 2 di halaman Convention Alahan Panjang, Minggu (25/12).

AROSUKA, HALUAN — Se­kitar seribuan penggiat motor trabas dari beberapa daerah seperti Sumbar, Riau, Jambi, Bengkulu dan Muaro Bungo kembali menjajal terjalnya alam perbukitan di daerah selatan Kabupaten Solok.

Kegiatan Jelajah Alam Gu­manti (Jelag) 2 ini dibuka oleh Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin di kawasan convention hall Alahan Panjang, Minggu (25/12).  

Selepas membuka acara, Wabup Yulfadri Nurdin ber­sama senator DPD RI asal Sumbar Nofi Candra langsung menjajal tantangan dengan menempuh rute yang dimulai dari convention hall di kawasan wisata Danau Diatas menuju Central Park, Bukik Cambay-Rimbo Data –Bukik Okoh- Salimpat dan kembali lagi ke Convention Hall Alahan Pan­jang.

“Melalui  kegiatan ini, kita ingin mengenalkan destinasi wisata yang dimiliki oleh Kab. Solok kepada dunia luar,” kata ketua panitia Marnofri Hendri menjawab Haluan.

Sementara itu, Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin menye­butkan pihak pemerintah dae­rah saat ini sangat serius me­ngem­bangkan berbagai potensi wisata yang dimiliki oleh Kabu­paten Solok menjadi destinasi wisata terbaik di Sumbar. Ke­seriusan itu diwujudkan melalui berbagai program dan pem­benahan fasilitas penunjang pariwisata itu sendiri.

Kawasan wisata Bukit Cam­bai dengan pemandangan kein­dahan 4 danau dan 4 gunungnya baru dibuka dalam 1 tahun terakhir. Namun diakuinya dari segi fasilitas masih banyak yang mesti dilengkapi, terutama pembenahan infrastruktur jalan menuju ke lokasi tersebut.

“Ini akan menjadi PR peme­rintah daerah ke depan. Ba­gaimana kita menjadikan kawa­san Bukit Cambai dan kawasan lainnya di daerah ini menjadi destinasi wisata Sumbar ke depan,” kata wabup.

Searah dengan itu, anggota DPD RI asal Sumbar H. Nofi Candra mengungkapkan apre­siasinya kepada Pemerintah Kabupaten Solok dan penggiat wisata di daerah itu yang ingin mengenalkan potensi wisata daerah kepada dunia luar.

Menurutnya, dalam lingkup wisata lokal Sumbar, potensi alam Kabupaten Solok memang sudah cukup dikenal, namun untuk kelas nasional dan in­ternasional, belum banyak wisa­tawan yang tahu keindahan yang dimiliki daerah penghasil mar­kisa ini.

Pihaknya berharap, dalam upaya ke depan, pemerintah daerah mampu memaksimalkan keterlibatan pusat dalam peng­garapan ini, seperti pihak kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif, serta anggota DPR RI dan DPD RI.

“Di sinilah peran pemda, bagaimana pemda bisa meng­hadirkan pemerintah pusat dalam konteks secara kelembagaan dan bukan secara personal. Agar upaya yang kita lakukan ini lebih cepat ditindak lanjuti,” kata senator yang juga putra Kab. Solok ini.

Pihaknya mengaku, dari beberapa kawasan wisata yang dikunjunginya, potensi Bukit Cambai tidak kalah dengan daerah lain, karena konsep yang ditawarkan sangat berbeda dengan kawasan lain yang lebih banyak menawarkan wisata laut dan danau.

Sementara Bukit Cambai lebih mengedepankan wisata petualangan bukit, gunung dan lembah seperti kawasan Batu Malang dan Gunung Bromo.

“Soal potensi kita tidak kalah, tinggal lagi bagaimana menelurkan konsep yang sudah ada sekarang ini menjadi sebuah aksi nyata untuk pembangunan pariwisata di daerah kita ini,” pungkasnya. (h/ndi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM