IMBAUAN DISDIK

Orangtua Jangan Malu Punya ABK


Selasa,27 Desember 2016 - 00:41:23 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Orangtua Jangan Malu Punya ABK Anak difabel se Kota Sawahlunto ikut jalan santai kegiatan akhir tahun pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO,  HALUAN —  Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto meminta orang tua tidak malu mengakui jika anaknya masuk kategori anak berkebutuhan khusus. Hal itu dilakukan agar anak mendapat perlakuan dan mendapat pendidikan yang tepat di sekolah. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto Marwan MPd mengatakan, banyak kasus anak berkebutuhan khusus tidak tertangani d­e­ngan baik pada awal masuk sekolah, karena orang tua malu mengakui anaknya m­emiliki kebutuhan khusus. 

“Mereka ini mesti men­dapatkan pendidikan yang sesuai dengan kondisinya. Kalau ada kekurangan di fisik atau emosi, pendidikan harus disesuaikan. Untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus, pendidikan harus memperhatikan kebutuhan mereka,” katanya saat dite­mui Haluan di sela-sela kegia­tan akhir tahun ABK se Kota Sawahlunto baru-baru ini. 

Marwan menjelaskan, jika orang tua terbuka ten­tunya pihak sekolah bisa tepat menangani siswa yang berkebutuhan khusus.

Termasuk orang tua yang selama ini menyembunyikan anaknya,  agar mau menye­ko­­lahkan anak­nya.Tidak ada alasan bagi orang tua untuk malu dan tidak memberikan pendidikan kepada anaknya yang berkebutuhan khu­sus, sehingga hak mereka untuk mendapatkan pendidikan terpenuhi, paling tidak de­ngan pendidikan yang dite­rima anak anak tersebut bisa mandiri dengan keterbata­sannya.

“Malah jika diberikan pendidikan dan terapi yang tepat, tidak menutup ke­mungkinan ABK ini lebih andal jika dibanding dengan anak normal lainnya,” ung­kapnya. 

Sebelumnya sebanyak 147 anak berkebutuhan khu­sus (ABK)  se Kota Sawah­lunto mengikuti acara akhir tahun yang diisi dengan jalan santai dan hiburan yang dipusatkan di Lapangan Se­gitiga Ombilin, Senin lalu.

ABK yang tergabung dari Lima sekolah luar biasa itu memulai kegiatan dengan jalan santai mengitari kota Tua Sawahlunto,  sambil menyannyi dan bergembira.

Panitia kegiatan, Idris menerangkan, selain jalan santai kegiatan akhir tahun ini juga digelar lomba pendi­dikan menolong diri sendiri, fashion show dan lomba bernyanyi yang iikuti oleh 54 ABK. 

Hal tersebut merupakan dalam rangka memupuk ke­ber­samaan dan sebagai wa­dah menampilkan bakat dan kreativitas anak ABK serta ajang silaturahmi antar SLB yang ada di kota ini. 

“Dengan kegiatan ini diharapkan mampu menam­bah keprcayaan diri anak,  dan bisa saling berkom­u­nikasi,  paling tidak berani tampil di depan umum, “ katanya.(h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM