Pertama di Indonesia

Telkomsel dan Nokia Networks Uji Coba NB-IoT


Senin,26 Desember 2016 - 22:01:34 WIB
Telkomsel dan Nokia Networks Uji Coba NB-IoT Vice President Technology and System Telkomsel Ivan C. Permana memperlihatkan kesiapan jaringan Telkomsel dalam menguji coba teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) pertama di Indonesia di jaringan 4G Telkomsel di Denpasar, Bali. Telkomsel bersama Nokia menggelar uji coba ini sebagai bagian dari dukungan Telkomsel dalam pembentukan ekosistem IoT (Internet of Things) di Indonesia, seiring dengan terus tumbuhnya perangkat IoT secara global.

PADANG, HALUAN – Telkomsel bersama dengan Nokia menjadi yang pertama di Indonesia dalam melakukan uji coba teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) di jaringan 4G. Uji coba ini dilakukan sebagai bagian dari dukungan Telkomsel dalam pembentukan ekosistem IoT (Internet of Things) di Indonesia, seiring dengan terus tumbuhnya perangkat IoT secara global.

 

“Telkomsel melihat adanya kebutuhan di pasar IoT yang akan berkembang pesat di masa mendatang. Di dunia IoT, jaringan dibutuhkan untuk mendukung miliaran mesin-mesin yang dioperasikan secara remote untuk merekam dan menerjemahkan data yang kemudian digunakan untuk berbagai industri seperti fleet management and tracking dalam bidang logistik, smart agriculture dalam bidang pertanian, control mesin jarak jauh dalam industri manufaktur dan aplikasi kehidupan lainnya seperti smart building (rumah cerdas), smart metering (meteran cerdas), remote healthcare (pemeriksaan kesehatan jarak jauh), traffic safety and control pada kendaraan," ujar Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi.

 

Sukardi menambahkan bahwa teknologi NB-IoT didesain untuk memenuhi kebutuhan ini, menyediakan kapasitas, jaringan yang handal dan aman. Selain itu jaringan NB-IoT memungkinkan jangkauan penetrasi indoor sangat dalam (deep indoor coverage) dan dengan kemampuan konsumsi daya sangat rendah dari perangkat-perangkat (device) IoT memungkinkan perangkat beroperasi hingga 10 tahun tanpa pengisian daya ulang (recharge).

 

Pada kegiatan uji coba kali ini, Telkomsel dan Nokia mensimulasikan layanan telemetri untuk pemantauan lingkungan, dimana informasi mengenai temperatur, kelembaban, dan tekanan udara dikirim melalui sensor yang terhubung ke jaringan dengan konektivitas NB-IoT. Uji coba dilakukan menggunakan metode in Band Frequency 200 KHz pada frekuensi 1800MHz.

 

“Uji coba ini menunjukkan bagaimana NB-IoT dapat digunakan untuk menghubungkan jutaan sensor yang mendukung produktivitas bisnis, kualitas hidup dan mampu mempercepat proses terwujudnya Smart City di berbagai kota di Indonesia,” jelas Sukardi.

 

Dalam berbagai kesempatan Telkomsel juga aktif dalam mendukung implementasi Smart City di Indonesia, agar dapat meningkatkan kinerja pemerintah kota sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Platform Smart City merupakan sumber informasi bagi pemerintah dalam melakukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat berdasarkan informasi real time yang dikirimkan oleh sensor-sensor yang terhubung dalam satu kesatuan sistem yang terintegrasi.

 

“Telkomsel berkomitmen untuk terus berkembang dan selalu menjadi yang terdepan dalam penerapan teknologi terkini. Uji coba hari ini menunjukkan bagaimana teknologi seluler dapat mendukung perkembangan ekosistem IoT di masa mendatang, diantaranya dalam pembangunan Smart City, dimana penerapannya akan mentransformasi berbagai aspek kehidupan,” papar Sukardi.

 

Robert Cattanach, President Director of Nokia Indonesia mengatakan, “Nokia berkomitmen untuk mendorong inovasi dan teknologi yang memampukan kita untuk hidup dengan saling terkoneksi. Uji coba teknologi NB-IoT dengan Telkomsel ini juga menjadi momen penting dalam menunjukkan konektivitas IoT di kehidupan nyata.” (h/ben)

 

Editor: Bhenz Maharajo

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM