KTP Elektronik Tak Berlaku Nasional


Senin,26 Desember 2016 - 13:39:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
KTP Elektronik Tak Berlaku Nasional TAK BERLAKU NASIONAL--Empat buah KTP milik H. Syamsuddin Dt. Maradjo yang berlaku seumur hidup (salah satunya e-KTP), tidak bisa dipergunakan untuk pengurusan berbagai keperluan lintas daerah atau nasional. RYAN SYAIR

PADANG PANJANG, HALUAN — Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), ternyata belum dapat dipergunakan untuk pengurusan berbagai keperluan lintas daerah. Kartu identitas yang katanya berlaku secara nasional itu, pada kenyataannya masih berkonten lokal. Alamat domisili yang tertera di e-KTP, menjadi kendala bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik di sejumlah instansi pemerintahan.

 

"Dengan melampirkan e-KTP berdomisili Kota Bogor Provinsi Jawa Barat (dibuat pada 2013), saya tidak bisa dilayani ketika akan mengurus sesuatu keperluan di Kota Padang Panjang. Makanya saya urus dan buat lagi KTP dengan alamat di Padang Panjang (tahun 2015)," kata H Syamsuddin Dt. Maradjo kepada Haluan, Senin (26/12).

 

Owner RM Simpang Raya Bogor itu mengaku, jika persoalan tersebut juga berlaku sebaliknya. Pernah di suatu kesempatan saat dirinya akan mengurus pembayaran pajak kendaraan di Kota Bogor, KTP Padang Panjang yang dilampirkannya tidak berlaku, alias tidak bisa dipergunakan. Begitupun saat mengurus suatu keperluan di Jakarta, KTP dengan domisili Bogor yang disertakannya, ditolak oleh instansi terkait.

 

"Saya heran, katanya berlaku nasional, tapi kenapa tidak bisa digunakan di seluruh daerah di Indonesia. Dengan terpaksa, saya harus urus dan buat lagi KTP dengan alamat domisili Jakarta," pungkas Dt. Maradjo yang memang memiliki rumah pribadi dan sejumlah usaha di Kota Jakarta, Bogor dan Padang Panjang itu.

 

Maka tak heran, jika sampai saat ini, Dt. Maradjo mengantongi empat buah KTP (salah satunya e-KTP) dengan masing-masing alamat domisili berbeda, yang semuanya berlaku seumur hidup. "Benar-benar peraturan yang sangat tidak jelas dan sangat membingungkan. Untuk apa e-KTP yang katanya nasional, namun pada kenyataannya hanya bisa dipergunakan untuk keperluan lokal," tandas Dt. Maradjo.

 

Hal yang sama, sebelumnya juga pernah dialami Widya. Warga Ka­bu­paten Solok ini mengaku tidak dapat menggunakan e-KTP untuk berurusan ke salah satu instansi publik di Kota Padang karena e-KTP yang dimilikinya beralamat domisili di Kabupaten Solok. Sehingga apapun urusannya seperti pengurusan SIM, Pajak dan urusan publik lainnya, tidak bisa dilakukan di Kota Padang dan harus ke instansi publik yang ada di Kabupaten Solok.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,04 Oktober 2016 - 00:56:56 WIB

    Sasar KTP Pemula, Disdukcapil Turun ke Sekolah

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Setidaknya 619 g pelajar dari tujuh SMA/SMK dan MA se-Kota Sa­wahlunto telah melakukan pe­rekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El).Data tersebut dirilis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  • Rabu,28 September 2016 - 02:03:25 WIB

    Persediaan Blangko e-KTP Mulai Menipis

    Persediaan Blangko e-KTP Mulai Menipis PARIAMAN, HALUAN — Blangko KTP elektronik atau biasa disingkat e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pariaman hampir habis. Saat ini hanya tersisa 100 keping saja..
  • Kamis,22 September 2016 - 03:23:40 WIB
    DIBERI LIMIT WAKTU SAMPAI 30 SEPTEMBER

    Warga Kota Harus Segera Rekam Data e-KTP

    Warga Kota Harus Segera Rekam Data e-KTP BUKITTINGGI, HALUAN — Pemko Bukittinggi melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) mengimbau warga Bukittinggi yang belum melakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP, untuk dapat sesegera.
  • Selasa,06 September 2016 - 02:50:47 WIB

    Pelayanan e-KTP Buka Sabtu dan Minggu

    Pelayanan e-KTP Buka Sabtu dan Minggu SAWAHLUNTO, HALUAN — Menuntaskan batas akhir wajib perekaman Kartu Tanda Pen­duduk Elektronik (e-KTP) pada tanggal 30 September 2016, Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sawahlunto membuka pela­yanan bagi .
  • Jumat,26 Agustus 2016 - 03:44:33 WIB

    40 Ribu Warga Belum Miliki e-KTP

    40 Ribu Warga  Belum Miliki e-KTP PASAMAN, HALUAN — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pa­saman menyatakan, sekitar 40 ribu lebih ma­syarakat setempat belum melakukan perekaman data KTP elektronik..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM