KTP Elektronik Tak Berlaku Nasional


Senin,26 Desember 2016 - 13:39:25 WIB
KTP Elektronik Tak Berlaku Nasional TAK BERLAKU NASIONAL--Empat buah KTP milik H. Syamsuddin Dt. Maradjo yang berlaku seumur hidup (salah satunya e-KTP), tidak bisa dipergunakan untuk pengurusan berbagai keperluan lintas daerah atau nasional. RYAN SYAIR

PADANG PANJANG, HALUAN — Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), ternyata belum dapat dipergunakan untuk pengurusan berbagai keperluan lintas daerah. Kartu identitas yang katanya berlaku secara nasional itu, pada kenyataannya masih berkonten lokal. Alamat domisili yang tertera di e-KTP, menjadi kendala bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik di sejumlah instansi pemerintahan.

 

"Dengan melampirkan e-KTP berdomisili Kota Bogor Provinsi Jawa Barat (dibuat pada 2013), saya tidak bisa dilayani ketika akan mengurus sesuatu keperluan di Kota Padang Panjang. Makanya saya urus dan buat lagi KTP dengan alamat di Padang Panjang (tahun 2015)," kata H Syamsuddin Dt. Maradjo kepada Haluan, Senin (26/12).

 

Owner RM Simpang Raya Bogor itu mengaku, jika persoalan tersebut juga berlaku sebaliknya. Pernah di suatu kesempatan saat dirinya akan mengurus pembayaran pajak kendaraan di Kota Bogor, KTP Padang Panjang yang dilampirkannya tidak berlaku, alias tidak bisa dipergunakan. Begitupun saat mengurus suatu keperluan di Jakarta, KTP dengan domisili Bogor yang disertakannya, ditolak oleh instansi terkait.

 

"Saya heran, katanya berlaku nasional, tapi kenapa tidak bisa digunakan di seluruh daerah di Indonesia. Dengan terpaksa, saya harus urus dan buat lagi KTP dengan alamat domisili Jakarta," pungkas Dt. Maradjo yang memang memiliki rumah pribadi dan sejumlah usaha di Kota Jakarta, Bogor dan Padang Panjang itu.

 

Maka tak heran, jika sampai saat ini, Dt. Maradjo mengantongi empat buah KTP (salah satunya e-KTP) dengan masing-masing alamat domisili berbeda, yang semuanya berlaku seumur hidup. "Benar-benar peraturan yang sangat tidak jelas dan sangat membingungkan. Untuk apa e-KTP yang katanya nasional, namun pada kenyataannya hanya bisa dipergunakan untuk keperluan lokal," tandas Dt. Maradjo.

 

Hal yang sama, sebelumnya juga pernah dialami Widya. Warga Ka­bu­paten Solok ini mengaku tidak dapat menggunakan e-KTP untuk berurusan ke salah satu instansi publik di Kota Padang karena e-KTP yang dimilikinya beralamat domisili di Kabupaten Solok. Sehingga apapun urusannya seperti pengurusan SIM, Pajak dan urusan publik lainnya, tidak bisa dilakukan di Kota Padang dan harus ke instansi publik yang ada di Kabupaten Solok.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM