Puluhan Anggota TNI Bersenjata Lengkap Berlarian di Bukit Langkisau


Minggu,25 Desember 2016 - 13:15:14 WIB
Puluhan Anggota TNI Bersenjata Lengkap Berlarian di Bukit Langkisau Dandim 0311/Pessel Letkol (Inf) Setiya Asmara SIP, saat melakukan penyiraman kembang kepada salah satu prajurit TNI sebagai bentuk tradisi penerimaan anggota baru. (Poto Dokumentasi Kodim 0311/Pessel) Okis Mardiansyah.
PAINAN, HALUAN - Sebanyak 37 prajurit berbaju loreng, diwilayah kesatuan Komando Distrik Militer (Kodim/0311) Pessel, terlihat berlarian sambil menenteng senjata dan membawa bendera merah putih. Tak hanya itu, sejumlah prajurit TNI ini juga terlihat berenang dilaut yang ada dikawasan pantai Carocok Painan, kemudian sambil basah-basah, prajurit ini melanjutkan kembali perjalanannya kepuncak Bukit Langkisau, dimana mereka akan diberikan sejumlah arahan oleh komandan sebagai anggota baru.
 
 
"Kegiatan seperti ini selalu kita lakukan pada saat penerimaan anggota baru, mereka yang akan bergabung di jajaran Kodim 0311/Pessel diharapkan bisa segera menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini, bisa dikatakan ini adalah sebuah tradisi yang selalu kita gelar," ungkap Dandim Letkol (Inf) Setiya Asmara, SIP, Kamis (22/12) kemarin.
 
 
Menurutnya, tradisi tersebut merupakan agenda wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit yang baru masuk dan bergabung di satuan Kodim 0311/Pessel. Sehingga kedepannya tertanam rasa memiliki, memupuk jiwa korsa, dan kebanggaan pada satuan selalu tercipta. Sehingga hubungan batin yang kuat baik antara satuan dengan personel atau sesama personel selalu terjaga. Tujuannya untuk memberikan motivasi dan kebanggaan kepada anggota yang baru masuk satuan.
 
 
"Hal ini dilakukan untuk menanamkan kebanggaan terhadap satuan dan memberikan gambaran awal tentang situasi dan kondisi dimana mereka akan bertugas. Nantinya anggota ini akan kita tempatkan disejumlah tempat yakni Staff, Koramil, Kodim, dan sebagainya," terangnya.
 
 
Pada saat itu, upacara penerimaan anggota dilakukan di puncak Bukit Langkisau Painan, oleh Dandim Letkol (Inf) Setiya Asmara SIP selaku inspektur upacara, ia memberikan amanat kepada seluruh peserta upacara dengan harapan agar semua anggota dapat bekerja secara jujur, ikhlas, membangun, dan pro rakyat.
 
 
"Pada intinya tradisi yang kita laksanakan saat ini adalah sebuah upaya untuk memupuk jiwa korsa dan kebanggan terhadap satuan. Kalau itu diterapkan nantinya, insya Allah semua akan tercapai dengan baik," katanya.

 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan acara pemberian selamat kepada peserta tradisi, yang diawali oleh Dandim selaku inspektur upacara saat itu.

 

“Akhirnya kami ucapkan selamat datang kepada para perwira, selaku warga baru. Semoga segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi saat ini," tutupnya.

 

Editor : Rivo Septi Andries

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM