TERKAIT PEMBERHENTIAN KETUA OLEH DKPP

KPU Payakumbuh Tunggu Arahan Provinsi


Jumat,23 Desember 2016 - 01:48:32 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Paya­kumbuh menunggu arahan dari KPU Provinsi Sumbar terkait pemberhentian Hetta mam­bayu dari jabatan Ketua KPU Payakumbuh. Pemberhentian Hetta berda­sarkan keputusan Dewan Kehormatan Penye­lenggaran Pemilu (DKPP), Rabu (21/12).

“Di internal kita, ini belum dibahas. Kita menunggu arahan dari KPU Propinsi Sum­bar,” terang Muhammad Khadafi, Komisio­

ner KPU Kota Payakumbuh, Ka­mis (22/12) malam. Katanya, setelah adanya petunjuk dari KPU Propinsi Sumbar, kemudian KPU Kota Payakumbuh segera mela­kukan pembahasan pengantian Ketua KPU Kota Payakumbuh.

Ketika ditanya, apakah sudah ada persiapan untuk penggantian Ketua KPU Kota Payakumbuh, Khadafi mengatakan belum ada sampai ke arah sana. “Intinya, kita menunggu dari provinsi dulu,” katanya.

Dikatakan, setelah adanya petunjuk dari KPU Propinsi Sum­bar, KPU Payakumbuh langsung membahas untuk penggantian Ketua KPU Payakumbuh. “Nanti ini kita rembukkan bersama dengan komisioner lainnya,” ucap Khadafi lagi.

Nantinya, lanjut Khadafi hasil kesepakatan komisioner KPU Paya­kumbuh dalam menentukan Ketua untuk dikirim ke KPU Sumbar. “Pelantikan Ketua KPU Kota Paya­kumbuh ada pada KPU Provinsi Sumbar,” katanya. Se­mentara, Ketua KPU Kota Paya­kumbuh yang diberhentikan berdasarkan kepu­tusan DKPP, Hetta Mambayu belum ada tang­gapan. 

Nomor ponsel  Hetta Mam­bayu yang dihubungi Haluan, tidak ada jawaban. Hetta Mam­bayu berhentikan berdasarkan putusan  DKPP nomor 133/DKPP-PKE-V/2016 atas dugaan pelanggaran kode etik pe­nye­lenggara Pemilu.

Tak hanya Hetta Mambayu yang diberhentikan, Ketua Pan­waslih Kota Payakumbuh, Media Febrina turut diberhentikan. Diberhentikannya Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Mam­bayu serta Ketua Panwaslih Kota Payakumbuh Media Febrina bera­wal dari laporan pengaduan Pan­waslih terhadap KPU Kota Payakumbuh ke DKPP.

Dalam laporan itu, Panwaslih mencurigai adanya keteledoran KPU Kota Payakumbuh dalam menetapkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh. Terutama terhadap berkas pencalonan pasangan perorangan Wendra Yunaldi-Ennaidi terkait tunggakan pajak Wendra Yunaldi.

Ketua Panwaslih Kota Paya­kumbuh, Media Febrina yang dihubungi melalui ponsel selu­larnya, belum menjawab. Salah seorang Komisioner Panwaslih Kota Payakumbuh, Ismail ketika ditanya bagaimana kelanjutan terhadap keputusan DKPP terha­dap pemberhentian Ketua Pan­was­lih itu, belum bisa membe­rikan keterangan lengkap. “Nanti saya hubungi lagi,”ucap Ismail. (h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM