TERKAIT PEMBERHENTIAN KETUA OLEH DKPP

KPU Payakumbuh Tunggu Arahan Provinsi


Jumat,23 Desember 2016 - 01:48:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PAYAKUMBUH, HALUAN — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Paya­kumbuh menunggu arahan dari KPU Provinsi Sumbar terkait pemberhentian Hetta mam­bayu dari jabatan Ketua KPU Payakumbuh. Pemberhentian Hetta berda­sarkan keputusan Dewan Kehormatan Penye­lenggaran Pemilu (DKPP), Rabu (21/12).

“Di internal kita, ini belum dibahas. Kita menunggu arahan dari KPU Propinsi Sum­bar,” terang Muhammad Khadafi, Komisio­

ner KPU Kota Payakumbuh, Ka­mis (22/12) malam. Katanya, setelah adanya petunjuk dari KPU Propinsi Sumbar, kemudian KPU Kota Payakumbuh segera mela­kukan pembahasan pengantian Ketua KPU Kota Payakumbuh.

Ketika ditanya, apakah sudah ada persiapan untuk penggantian Ketua KPU Kota Payakumbuh, Khadafi mengatakan belum ada sampai ke arah sana. “Intinya, kita menunggu dari provinsi dulu,” katanya.

Dikatakan, setelah adanya petunjuk dari KPU Propinsi Sum­bar, KPU Payakumbuh langsung membahas untuk penggantian Ketua KPU Payakumbuh. “Nanti ini kita rembukkan bersama dengan komisioner lainnya,” ucap Khadafi lagi.

Nantinya, lanjut Khadafi hasil kesepakatan komisioner KPU Paya­kumbuh dalam menentukan Ketua untuk dikirim ke KPU Sumbar. “Pelantikan Ketua KPU Kota Paya­kumbuh ada pada KPU Provinsi Sumbar,” katanya. Se­mentara, Ketua KPU Kota Paya­kumbuh yang diberhentikan berdasarkan kepu­tusan DKPP, Hetta Mambayu belum ada tang­gapan. 

Nomor ponsel  Hetta Mam­bayu yang dihubungi Haluan, tidak ada jawaban. Hetta Mam­bayu berhentikan berdasarkan putusan  DKPP nomor 133/DKPP-PKE-V/2016 atas dugaan pelanggaran kode etik pe­nye­lenggara Pemilu.

Tak hanya Hetta Mambayu yang diberhentikan, Ketua Pan­waslih Kota Payakumbuh, Media Febrina turut diberhentikan. Diberhentikannya Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Mam­bayu serta Ketua Panwaslih Kota Payakumbuh Media Febrina bera­wal dari laporan pengaduan Pan­waslih terhadap KPU Kota Payakumbuh ke DKPP.

Dalam laporan itu, Panwaslih mencurigai adanya keteledoran KPU Kota Payakumbuh dalam menetapkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh. Terutama terhadap berkas pencalonan pasangan perorangan Wendra Yunaldi-Ennaidi terkait tunggakan pajak Wendra Yunaldi.

Ketua Panwaslih Kota Paya­kumbuh, Media Febrina yang dihubungi melalui ponsel selu­larnya, belum menjawab. Salah seorang Komisioner Panwaslih Kota Payakumbuh, Ismail ketika ditanya bagaimana kelanjutan terhadap keputusan DKPP terha­dap pemberhentian Ketua Pan­was­lih itu, belum bisa membe­rikan keterangan lengkap. “Nanti saya hubungi lagi,”ucap Ismail. (h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,28 Mei 2017 - 15:27:45 WIB

    Disebut-sebut ke Pilwako Padang, Ini Pandangan Eks Ketua KPU Sumbar

    Disebut-sebut ke Pilwako Padang, Ini Pandangan Eks Ketua KPU Sumbar PADANG, HALUAN--Disebut-sebut akan maju di Pilkada Padang, Marzul Veri mengatakan siap memajukan pariwisata dan pendidikan di Kota Padang. Saat dikonfirmasi terkait keinginannya untuk maju di Pilkada Kota Padang tahun 2018, m.
  • Kamis,06 April 2017 - 12:55:07 WIB

    Ditetapkan KPU Payakumbuh, Riza-Erwin Resmi Pemenang Pilkada

    Ditetapkan KPU Payakumbuh, Riza-Erwin Resmi Pemenang Pilkada PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM-Setelah menjalankan proses Pilkada yang cukup panjang, akhirnya Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh menetapkan pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz sebagai pasangan pemenang Pilkada Kota Payakumb.
  • Kamis,30 Maret 2017 - 16:28:39 WIB

    KPU Persiapkan Rumah Pintar Pemilu

    BUKITTINGGI, HALUAN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi tengah mempersiapkan Rumah Pintar Pemilu yang akan dibuka di kantor KPU setempat. Rumah Pintar Pemilu ini akan diluncurkan pada April. .
  • Kamis,23 Maret 2017 - 10:00:59 WIB

    Komisioner KPU dari Parpol, Itu Langkah Mundur

    Komisioner KPU dari Parpol, Itu Langkah Mundur PADANG, HALUAN – Sejumlah pengamat mengkritisi wacana Panitia Khusus Rancangan Undangi-undang (RUU) pemilu DPR RI terkait keanggotaan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) berasal dari partai politik (Paprol). Mereka menil.
  • Rabu,22 Maret 2017 - 10:09:40 WIB
    SIDANG SENGKETA PILKADA PAYAKUMBUH DI MK

    KPU Ngaku Tak Langgar Aturan

    KPU Ngaku Tak Langgar Aturan PAYAKUMBUH, HALUAN – Sidang kedua sengketa pilkada Kota Payakumbuh kembali digelar Mahkamah Konstitusi, Selasa (21/3). Sidang dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 Wib dengan agenda jawaban gugatan dari termohon terhad.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM