SELEKSI TAHAB III CALON ANGGOTA KPU RI

Djohemansyah Dan Mufti Lolos


Jumat,23 Desember 2016 - 00:21:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi

JAKARTA - HALUAN — Tim Seleksi (Timses) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengu­mumkan hasil seleksi yang lolos ke tahap III, Kamis (22/12). Calon ang­gota KPU yang lolos 36 orang dan calon anggota Bawaslu 22 orang.

“Setelah memeriksa se­mua komponen yang di­persyaratkan, mulai dari ujian tertulis tentang tata kelola pemilu, tes psi­kologi, tes kesehatan, ak­hirnya ka­mi me­mu­tus­kan calon ang­gota KPU yang lolos ta­hap III adalah 36 orang. Se­mentara calon Bawaslu ak­hirnya kami memutuskan yang lolos ta­hap III adalah 36 orang. Sementara calon Bawaslu dari 217 yang lolos tahap III adalah 22 orang,” kata Ketua Timses KPU dan Bawaslu, Saldi Isra.

Diantara calon anggota KPU yang dinyatakan lolos seleksi tahap III itu adalah mantan Dirjen Otonomi Da­erah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Prof. Djohermansyah Djohan dan anggota KPU Sumbar M Mufti Syarfie.

Dijelaskan Saldi, dalam seleksi yang dilakukan, Tim­sel menemukan orang-orang yang setelah dilihat semua komponen dalam tes me­mang banyak masuk dalam range. “Kami mengambil ke­sim­pulan, karena masih ada ruang untuk menilai maka ada ruang untuk di­ba­has di tahap III. Itu karena pertimbangan hasil yang diperoleh masing-ma­sing calon,” katanya.

Mereka yg lolos akan ikuti tahap III mulai 16 Januari-17 Januari dengan mengikuti tes kesehatan lan­ju­tan di RSPAD, dinamika kelompok. Tanggal 18-20 Januari ada wawancara calon anggota Bawaslu, 23-26 Ja­nuari wawancara calon ang­gota KPU. Tes kesehatan , dinamika kelompok sedang dalam proses bidding.

“Kesimpulan sementara, sebenarnya kita menjadikan 28 itu sulit sekali karena ada banyak calon yang hasil pe­nilaiannya seimbang. Karena berlebih dari yang di­ren­cana­kan. Itu membuktikan bahwa secara kualitas diatas harapan kita,” jelas Saldi.

Dijelaskan, input ma­sya­rakat puncaknya di tahap III. “Catatan dari masyarakat bisa lebih fokus karena sekarang calonnya tinggal 58 orang. Kami harap publik bisa ber­partisipasi dan setelah ini nama-nama tersebut kami kirim ke KPK, PPATK, dan BIN untuk dilacak sesuai wewenang mereka,” jelas Saldi. (h/sam)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM