PERINGATI HARI IBU KE-88

Jokowi: Teruslah Jadi Ibu yang Hebat untuk Indonesia


Jumat,23 Desember 2016 - 00:20:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jokowi: Teruslah Jadi Ibu yang Hebat untuk Indonesia Presiden, Jokowi, menyalami sejumlah ibu pada acara peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 di Pelataran Masjid Agung, Kompleks Pemda Banten, Kamis (22/12). Menurut Jokowi, Indonesia dapat berkembang menjadi seperti sekarang ini berkat peran ibu.

BANTEN, HALUAN — Penghormatan Presiden, Jokowi, terhadap peranan ibu amatlah besar. Ia menyadari bahwa Indo­nesia dapat berkembang menjadi seperti sekarang ini berkat peran ibu.

“Sebab, semua putra-putri terbaik yang membesarkan bangsa dan negara Indonesia pada awalnya adalah anak ibunya, dirawat, dan dibimbing oleh ibunya. Mulai dari para pejuang dan pendiri bangsa yang memer­dekakan kita sampai generasi sekarang yang terus membangun Indonesia, semua­nya tum­buh dewasa dalam bimbingan ibunya,” ujar Jokowi saat menghadiri acara peri­ngatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 di Pelataran Masjid Agung, Kompleks Pemda Banten, Kamis (22/12).

Saat ini, peran ibu dan perempuan Indonesia tak lagi terbatas pada pekerjaan rumah. Banyak di antara mereka yang turut bekerja dan menjalankan usahanya sembari tetap mengurus rumah tangganya. Kemam­puan para ibu tersebut mendapat apresiasi tersendiri dari Jokowi.

“Apa pun peranan seorang ibu di masa modern ini, semuanya sangat mulia dan harus didukung. Hebatnya, ibu-ibu tidak hanya berhasil di kantor atau di bisnis, tapi urusan rumah tangga juga tetap beres. Jadi, jangan pernah kita meremehkan kehe­batan, keandalan, dan kemampuan para ibu,” tutur Jokowi dalam rilis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima Haluan.

Karena itu, dalam kabinetnya, Jokowi mengamanahkan banyak jabatan menteri untuk diemban kepada ibu dan perempuan. Tercatat, berdasarkan penuturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlin­dungan Anak, Yohana Yembise, Indonesia merupakan negara dengan menteri perem­puan terbanyak bila dibandingkan dengan negara-negara lain.

Bagi Jokowi, sosok ibu dan perempuan me­miliki kemampuan dan ketang­gu­hannya sen­diri. Selain jeli dan teliti, kalangan ibu dan perempuan dianggap Jokowi sebagai so­sok yang tahan uji dan pantang menge­luh.

Pada era persaingan global seperti ini, menurut Jokowi, peran seorang ibu dirasa sangat penting. Pendidikan yang di­berikan seorang ibu kepada para generasi muda disebutnya sebagai modal bagi bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju.

“Kita ingat 80 persen penduduk Indo­nesia terdiri dari perempuan dan anak-anak. Ini modal kebangsaan kita untuk menjadi negara maju. Untuk itu, Indonesia membutuhkan para ibu untuk menjaga keluarga, menanamkan etiket sopan san­tun, kejujuran, kerja keras, semangat inovasi, dan gigih bersaing di jiwa setiap anak Indonesia sejak dini,” katanya.

“Maka, jangan lagi ada diskriminasi gender terhadap perempuan dan para ibu. Janganlah lagi para ibu dihalang-halangi untuk berkarya, untuk berkembang, bila kita ingin Indonesia mencapai potensi maksimalnya. Selamat hari ibu di seluruh Indonesia, teruslah membimbing kami, anak-anakmu. Teruslah menjadi ibu-ibu yang hebat agar Indonesia semakin hebat,” katanya lagi.

Dalam acara tersebut, Presiden menye­matkan PIN “He for She” kepada Mendagri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Walikota Bandung Ridwan Kamil. (h/rel/dib)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,23 Desember 2016 - 00:19:28 WIB
    KEANGGOTAAN INDONESIA DI ORGANISASI INTERNASIONAL

    Jokowi: Harus Bermanfaat bagi Kepentingan Nasional

    JAKARTA, HALUAN — Presiden, Jokowi, meminta dilakukannya evaluasi terkait dengan keanggotaan Indonesia di sejumlah organisasi internasional. Saat memimpin rapat terbatas mengenai evaluasi keanggotaan Indonesia di sejumlah o.
  • Rabu,09 November 2016 - 00:31:48 WIB
    RAPAT TERTUTUP DENGAN PENGURUS PP MUHAMMADIYAH

    Jokowi: Saya Tidak Akan Lindungi Ahok

    Jokowi: Saya Tidak Akan Lindungi Ahok JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo menegaskan, proses hukum ter­hadap calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan berjalan secara tegas dan transparan. Selain itu, Jokowi juga memerintahk.
  • Rabu,12 Oktober 2016 - 01:49:43 WIB
    POLISI OTT DI KEMENHUB RI

    Jokowi: Pecat ASN Pungli

    Jokowi: Pecat ASN Pungli JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo marah besar. Baru satu jam dia membentuk Operasi Pem­berantasan Pungli (OPP) dalam Rapat reformasi Hukum di Istana Presiden, Selasa (11/10), polisi melakukan Operasi Tangan Tangan (OT.
  • Selasa,11 Oktober 2016 - 01:46:02 WIB

    Jokowi: Indonesia Maju jika Keluarga Sejahtera

    Jokowi: Indonesia Maju jika Keluarga Sejahtera YOGYAKARTA, HALUAN — Pemerintah terus berupaya untuk merevitalisasi program Keluarga Berencana (KB) agar keluarga sejahtera terbangun. Karena itu, dalam kunjungan kerjanya ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (10/10), Presi.
  • Kamis,22 September 2016 - 03:44:53 WIB

    Jokowi: Percepat Realisasi Hutan Tanaman Rakyat

    Jokowi: Percepat Realisasi Hutan Tanaman Rakyat JAKARTA, HALUAN — Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas dengan bahasan perhutanan sosial di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (21/9). Dalam pembukaan rapat, Jokowi menyoroti realisasi hutan tanaman rakyat (HTR) yang masih b.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM