KEMBANGKAN SARPRAS AIR BERSIH

Pemko Akan Bekerja Sama dengan Jepang


Jumat,23 Desember 2016 - 00:18:19 WIB

SOLOK, HALUAN – Walikota Solok Zul Elfian melakukan kunjungan kerja ke Kota Toyohashi Jepang selama 5 hari. Dalam kunjungan kerja itu Zul Elfian bertemu dengan Walikota Toyohashi untuk membahas masalah air bersih di Kota Solok.

Kunjungan kerja Walikota Solok ke negeri Sakura itu merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Walikota Toyohashi datang ke Kota Solok 1 tahun lalu untuk mela­kukan kerja sama dengan Peme­rintah Kota Solok dalam pe­ngem­bangan sarana dan pra­sarana (sarpras) air bersih. Untuk menindaklanjuti kerja sama itu Zul Elfian diundang ke Jepang.

Bersama Zul Elfian juga ikut Kepala Bappeda Viveri Andra, Direktur PDAM Rid­wan, Ketua Komisi II Das­wippetra Dt Mjj Alam, Kabag perekonomian Evi Basri.

Para pejabat penting itu mendampingi Walikota Solok untuk membahas persoalan air bersih antara Kota Solok dan Kota Toyohashi.

Kabag Humas Pemda Kota Solok Heppy Dharmawan kepa­da Haluan membenarkan kebe­rangkatan Walikota Solok Zul Elfian bersama rombongan. Tujuan ke Jepang memenuhi undangan pemerintah Kota Yokohashi dalam kerja sama air bersih. Ini merupakan tindak lanjut dari kedatangan Walikota Toyohashi ke Kota Solok 1 tahun lalu.

Menurut Heppy Dhar­ma­wan, keberadaan air bersih di Kota Toyohashi sudah sangat maju. Masyarakat di kota indus­tri itu tidak lagi merebus air bersih, malahan air bersih yang ada di rumah maupun kran-kran umum bisa diminum lang­sung. Jika berjalan-jalan di Kota Toyohashi, kemudian terasa haus, bisa langsung meminum air bersih yang keluar dari kran umum.

Pemerintah Kota Solok menginginkan pula air bersih seperti di Jepang itu. Pemurnian air juga sangat penting sehingga pada gilirannya, air tidak harus direbus lagi dan bisa dikonsum­si. Namun kedatangan Walikota Solok ke Jepang lebih dari pemurnian air bersih, melain­kan juga melakukan kerjasama dalam pengembangan air bersih.

Kota Solok saat ini masih membutuhkan sumber air ber­sih untuk kebutuhan masyarakat karena melihat dari per­kem­bangan pembangunan dan per­tu­mbuhan perumahan di Kota Solok makin padat. Kota per­simpangan itu makin dikejar orang untuk berinvestasi, baik pada sektor real estate maupun jasa dan perdagangan. (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM