Elpiji 3 Kg ‘Hilang’, Ibu-ibu Panik


Jumat,23 Desember 2016 - 00:17:38 WIB

SOLOK, HALUAN – Hampir 3 hari, gas elpiji ukuran 3 kg menghilang di Kota Solok. Akibatnya kaum ibu pusing karena tidak bisa memasak. Mereka sudah ketergan­tungan dengan barang bersubsidi itu.

Dari pantauan Haluan di Kota Solok dan sekitarnya, menghilangnya gas elpiji terlihat sejak Senin, Selasa dan Rabu, (19-20-21/12). Beberapa kaum ibu sibuk berke­liling mencari tempat penjualan gas elpiji eceran. Beberapa toko pengecer penjual gas el­piji tampak kosong. Dari jawababn pe­milik toko disebutkan gas elpiji belum da­tang.

Tidak hanya di toko-toko, malahan di rumah-rumah yang biasa jadi penyalur gas elpiji juga kehabisan stok, kalaupun ada hanya untuk beberapa tabung saja. Itupun dijual di atas harga eceran terendah.

Gas elpiji yang biasa dijual Rp 18.000/tabung, sekarang dijual Rp 23.000/tabung. “Saya terpaksa menjual di atas harga eceran terendah karena mengambilnya bukan di pangkalan, melainkan dari pihak ke- 3,” ujar Mon, seorang penjual gas elpiji kepada Haluan.

Tidak diketahui secara pasti kenapa gas elpiji menghilang di Kota Solok, namun dari beberapa sumber disebutkan menghilang­nya gas elpiji lantaran terlambat pengiri­man dari Kota Padang ke pangkalan yang ada di Kota Solok.

“Kebutuhan gas elpiji misalnya ada 1.000, sementara yang tersedia hanya 500 tabung, makanya terjadi kelangkaan.  Logisnya, dropping gas elpiji itu melebihi dari kuota yang ada. Jika kuota 1.000, maka pasokan gas elpiji setidaknya 1.300 tabung,” tutur beberapa sumber Haluan di Kota Solok.

Akibat kelangkaan gas elpiji selama 3 hari, banyak kaum ibu beralih menggu­nakan kompor minyak tanah untuk mema­sak, namun di lain pihak minyak tanah juga susah ditemukan, kalaupun ada, harga minyak tanah Rp 10.000/liter.(h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM