11 Jabatan Kepala SOPD Belum Dilelang


Jumat,23 Desember 2016 - 00:16:31 WIB

PASAMAN, HALUAN — Sebanyak 11 jabatan kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di jajaran Pemerintah Kabupaten Pasaman, belum dilelang, dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama eselon II/b.

Alasannya pun beragam. Namun, dari hasil konsultasi pemerintah setempat ke Ko­misi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta, baru 20 jabatan eselon II/b yang bisa dilakukan seleksi terbuka dari 31 SOPD yang ada. 

Sebelas jabatan pimpinan tinggi pratama eselon II/b yang belum dilakukan seleksi terbuka, yaitu Staf Ahli Bi­dang Pembangunan, Asisten Bidang Pemerintahan, Asis­ten Bidang Ekonomi dan Kesra, Asisten Bidang Ad­ministrasi dan Umum, Sek­retaris DPRD, Kepala Dinas Sosial.

Selanjutnya, Kepala Di­nas Perindustrian, Perdaga­ngan dan Tenaga Kerja, Ke­pala BPBD, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pari­wisata, Kepala Dinas Pem­berdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Kepala Badan Lingkungan Hidup. 

Sekretaris Daerah (Sek­da) Kabupaten Pasaman, M Saleh mengatakan, seleksi terbuka 20 JPT Pratama (eselon IIb) itu berdasarkan hasil konsultasi pemkab se­tem­pat ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Ja­karta, beberapa waktu lalu.

“Sebanyak 20 OPD yang dilelang itu hasil dari kon­sultasi kita dengan pihak KASN. Semula, kita men­gusulkan seluruh OPD dila­kukan seleksi terbuka, ter­nyata itu tidak boleh. Ada aturan yang harus dipatuhi,” katanya, kemarin. 

Hasil konsultasi itu, kata Saleh, tidak semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di tubuh pemkab tersebut dapat dilakukan seleksi terbuka. Dikatakan, ada sejumlah kriteria tertentu yang perlu diperhatikan.

“Kriterianya itu, kalau jabatan di OPD itu kosong, naik status dari kantor men­jadi dinas atau badan. OPD mengalami pemekaran dan jika pejabatnya itu sudah menduduki jabatan itu lebih dari lima tahun,” katanya.  

Jabatan yang belum dila­kukan seleksi, kata Saleh, akan dilakukan job fit atau uji kesesuaian terhadap pejabat yang masih menjabat seka­rang. Pelaksana job fit, kata dia, akan dilakukan oleh tim asesor.

“Sisanya itu akan dila­kukan job fit, atau uji kese­suaian.  dilaksanakan oleh tim asesor bagi pejabat yang tengah menjabat, apakah dia masih layak atau tidak. Job fit ini hanya berlaku bagi ASN di lingkup Pemkab Pasa­man,” katanya. 

Dikatakan, saat ini, seba­nyak 73 orang pelamar JPT Pratama eselon II/b tengah mengikuti tes kompetensi bi­dang secara tertulis. Dilak­sanakan di SMP Negeri 1 Lubuksikaping. Lalu, dilan­jutkan dengan wawancara dan presentasi makalah pada keeso­kannya, 23 Desember 2016. 

Setelah itu, Pansel mela­kukan rekam jejak terhadap masing-masing peserta yang dinyatakan lulus pada fase berikutnya. Rekam jejak akan dilaksanakan pada 24 De­sember 2016, melibatkan pihak inspektorat, BKD dan Kesbangpol. 

“Pengumuman hasil se­lek­si akan dilakukan antara 28 dan 29 Desember 2016. Pansel mengusulkan tiga nama dari tiap jabatan OPD yang dilelang kepada bupati,” katanya. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM