11 Jabatan Kepala SOPD Belum Dilelang


Jumat,23 Desember 2016 - 00:16:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASAMAN, HALUAN — Sebanyak 11 jabatan kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di jajaran Pemerintah Kabupaten Pasaman, belum dilelang, dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama eselon II/b.

Alasannya pun beragam. Namun, dari hasil konsultasi pemerintah setempat ke Ko­misi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta, baru 20 jabatan eselon II/b yang bisa dilakukan seleksi terbuka dari 31 SOPD yang ada. 

Sebelas jabatan pimpinan tinggi pratama eselon II/b yang belum dilakukan seleksi terbuka, yaitu Staf Ahli Bi­dang Pembangunan, Asisten Bidang Pemerintahan, Asis­ten Bidang Ekonomi dan Kesra, Asisten Bidang Ad­ministrasi dan Umum, Sek­retaris DPRD, Kepala Dinas Sosial.

Selanjutnya, Kepala Di­nas Perindustrian, Perdaga­ngan dan Tenaga Kerja, Ke­pala BPBD, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pari­wisata, Kepala Dinas Pem­berdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Kepala Badan Lingkungan Hidup. 

Sekretaris Daerah (Sek­da) Kabupaten Pasaman, M Saleh mengatakan, seleksi terbuka 20 JPT Pratama (eselon IIb) itu berdasarkan hasil konsultasi pemkab se­tem­pat ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Ja­karta, beberapa waktu lalu.

“Sebanyak 20 OPD yang dilelang itu hasil dari kon­sultasi kita dengan pihak KASN. Semula, kita men­gusulkan seluruh OPD dila­kukan seleksi terbuka, ter­nyata itu tidak boleh. Ada aturan yang harus dipatuhi,” katanya, kemarin. 

Hasil konsultasi itu, kata Saleh, tidak semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di tubuh pemkab tersebut dapat dilakukan seleksi terbuka. Dikatakan, ada sejumlah kriteria tertentu yang perlu diperhatikan.

“Kriterianya itu, kalau jabatan di OPD itu kosong, naik status dari kantor men­jadi dinas atau badan. OPD mengalami pemekaran dan jika pejabatnya itu sudah menduduki jabatan itu lebih dari lima tahun,” katanya.  

Jabatan yang belum dila­kukan seleksi, kata Saleh, akan dilakukan job fit atau uji kesesuaian terhadap pejabat yang masih menjabat seka­rang. Pelaksana job fit, kata dia, akan dilakukan oleh tim asesor.

“Sisanya itu akan dila­kukan job fit, atau uji kese­suaian.  dilaksanakan oleh tim asesor bagi pejabat yang tengah menjabat, apakah dia masih layak atau tidak. Job fit ini hanya berlaku bagi ASN di lingkup Pemkab Pasa­man,” katanya. 

Dikatakan, saat ini, seba­nyak 73 orang pelamar JPT Pratama eselon II/b tengah mengikuti tes kompetensi bi­dang secara tertulis. Dilak­sanakan di SMP Negeri 1 Lubuksikaping. Lalu, dilan­jutkan dengan wawancara dan presentasi makalah pada keeso­kannya, 23 Desember 2016. 

Setelah itu, Pansel mela­kukan rekam jejak terhadap masing-masing peserta yang dinyatakan lulus pada fase berikutnya. Rekam jejak akan dilaksanakan pada 24 De­sember 2016, melibatkan pihak inspektorat, BKD dan Kesbangpol. 

“Pengumuman hasil se­lek­si akan dilakukan antara 28 dan 29 Desember 2016. Pansel mengusulkan tiga nama dari tiap jabatan OPD yang dilelang kepada bupati,” katanya. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,20 Juni 2017 - 16:33:28 WIB

    Di Sawahlunto, 68 Koperasi Punya Omset Hingga Rp112 M

    Di Sawahlunto, 68 Koperasi Punya Omset Hingga Rp112 M SAWAHLUNTO, HALUAN - Sepanjang tahun 2016, 68 unit koperasi di Sawahlunto, dengan jumlah keanggotaan yang mencapai 10.099 orang, membukukan omset atau volume perputaran uang lebih dari Rp112 miliar..
  • Rabu,29 Maret 2017 - 18:19:26 WIB

    Minggu Militer, Kodim 0311 Latihan Bela Diri Militer

    Minggu Militer, Kodim 0311 Latihan Bela Diri Militer PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 0311/Pessel melaksanakan latihan Bela Diri Militer (BDM), di Lapangan Makodim setempat, Rabu (29/3). Kegiatan tersebut, dilaksanakan setelah melaksanakan apel bersama.
  • Selasa,09 Agustus 2016 - 03:22:13 WIB

    11 Kepsek Dicopot dari Jabatan

    Arosuka, Haluan—Se­telah menunggu beberapa la­ma, Gerbong mutasi, degradasi dan promosi di tubuh pemkab Solok akhirnya bergulir juga. Hal ini diawali dengan dirom­baknya struktur personalia kepala sekolah yang ada di dae.
  • Kamis,28 Juli 2016 - 03:49:40 WIB

    211 CJH Tanah Datar Ikuti Manasik Haji

    BATUSANGKAR, HALUAN — Sebanyak 211 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tanah Datar Luhak nan Tuo mengikuti kegiatan manasik gabungan selama dua hari di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar..
  • Minggu,17 Juli 2016 - 16:40:38 WIB

    Realisasi PBB-P2 Kabupaten Agam Baru 11 Presen

    Realisasi PBB-P2 Kabupaten Agam Baru 11 Presen AGAM, HALUAN - Realisasi pendapatan Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) baru mencapai sebesar Rp417 juta. Di pengujung tahun diharapkan target Rp3,72 miliar pada 2016 bisa tercapai..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM