ADD Tahap II Harus Segera Direalisasikan


Kamis,22 Desember 2016 - 00:40:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN — Nagari/desa di Sumbar diminta untuk segera merealisasikan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II hingga akhir tahun ini. Karena ADD tahap II dipastikan telah dikirim dari kas kabupaten/kota ke nagari.

“Sekarang kita meminta agar nagari/desa yang ada se­gera lakukan pengerjaan dari dana yang ada. Intinya hingga akhir tahun dana tersebut tidak ada lagi Silpa-nya,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Ma­syara­kat (BPM) Sumbar, Syafrizal, kepada Haluan kemarin di Padang.

Dana yang ada lanjutnya, masih diperuntukkan untuk membangunan fisik dan pem­berdayaan masyarakat. “Jadi, realisasikan sesuai dengan per­untukannya. Jangan sam­pai salah digunakan,” pa­parnya.

Syafrizal juga tidak me­nampik adanya keterlam­batan pencairan ADD Tahap II. Hal ini katanya disebebkan karena adanya keterlambatan dalam memberikan laporan peng­gunaan ADD tahap I oleh na­gari/desa yang diberi­kan me­lalui kabupaten/kota.

“Karena dari pusat ada­nya syarat agar laporan dana desa tahap I diserahkan lebih dahulu. Baru setelah itu ang­garan tahap II bisa diterima,” katanya.

Namun, saat ini untuk 880 nagari/desa yang mene­rima kucuran dana desa ini semua telah menerima di rekening nagari/desa.

Syafrizal juga memas­tikan bahwa untuk tahun 2017 men­datang setiap desa/nagari yang ada di Sum­bar akan mendapat kucuran dana desa dari Rp800 hingga Rp1,2 miliar. “Ini sesuai dengan persyaratan yang telah ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sum­­bar, Sitti Izzati Azis, menga­takan secara bertahap dana desa ini telah membuat masyarakat di nagari/desa menjadi mandiri. Dana yang diterima dikelola dan diman­faatkan secara swadaya untuk kepentingan masyarakat.

“Sekarang bagaimana ma­syarakat bisa merea­lisasi­kan dana ini sesuai dengan ke­butuhan nagarinya,” tukas po­litisi Partai Golkar itu.

Terkait dengan Sumber Da­ya Manusia (SDM) na­gari/desa saat ini, juga telah mulai bagus dalam me­ngelola dana desa ini di daerahnya. “Namun, satu yang tidak boleh dilupakan bagaimana pun mereka ha­rus terus diberi pembekalan dan pelatihan yang ber­kaitan dengan dana desa ini,” katanya.

Walinagari Jangan Dita­kuiti

Ketua Forum Walinagari (Forwanag) Sumbar, Fakh­rizal, meminta agar Wali­nagari jangan dipertakut dalam merealisasikan dana desa ini. Biarkan nagari/desa berkreasi dengan ke­mam­puannya masing-masing da­lam membangun nagarinya.

Ini bukan tanpa alasan se­benarnya kata Fakhrizal, banyak dari Walnag yang takut bekerja karena takut akan terjerat kasus hukum ketika realisasi dana desa ini tidak tepat sasaran menurut pusat. (h/isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,30 Desember 2016 - 01:19:32 WIB

    Desa Baru Paling Transparan Alokasikan ADD

    Desa Baru Paling Transparan Alokasikan ADD PASBAR, HALUAN — Walinagari Desa Baru merupakan Walinagari yang paling transparan dalam pengalokasian Anggaran Dana Desa (ADD) dan alokasi Anggaran Dana Nagari (ADN)..
  • Senin,25 Juli 2016 - 16:00:20 WIB

    Lima Pencuri Surfboard Diringkus di Mapaddegat

    Lima Pencuri Surfboard  Diringkus di Mapaddegat MENTAWAI, HALUAN -- Lima orang pencuri papan selancar diringkus di Mapaddegat pada hari Sabtu, (23/7), sekarang diamankan di Mapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai bersamaan dengan barang bukti untuk ditindak lanjuti..
  • Selasa,17 Mei 2016 - 04:14:24 WIB
    Inilah Harapan Masyarakat

    ADD Bakal Menyulap Wajah Nagari

    ADD Bakal Menyulap  Wajah Nagari PASAMAN BARAT, HALUAN — Alokasi Dana Desa ((ADD) tahun 2016 dari Pusat ditambah lagi Alokasi Dana Nagari (ADN) dari Pemkab Pasaman Barat, bakal menyulap wajah Nagari Aia Gadang disegala bidang. Inilah harapan masy.
  • Rabu,20 Januari 2016 - 03:54:08 WIB

    Di Nagari Harau, 95 Persen ADD Terealisir

    Limapuluh Kota, Haluan — Nagari Harau, merupakan salah satu nagari yang berada di kawasan Ibukota Kabupaten Limapuluh Kota di Kecamatan Harau. Nagari dengan 7 jorong ini, pada tahun 2015 lalu mendapatkan setidaknya Rp 301,9.
  • Selasa,19 Januari 2016 - 03:37:57 WIB

    Junaidin: ADN dan ADD Majukan Nagari

    PADANG TUJUH, HALUAN — Walinagari bersama tokoh masya­rakat Nagari Aia Gadang, Ke­ca­matan Pasaman Kabupaten , Pa­sa­man Barat (Pasbar), mengapresiasi kebijakan Kepala Derah maupun Pemerintah Pusat tentang p­ening.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM