Makan Bajamba Meriahkan HJK Bukittinggi


Kamis,22 Desember 2016 - 00:34:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Makan Bajamba  Meriahkan HJK Bukittinggi Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, memberikan kata sambutan pada acara atraksi wisata makan bajamba di pelataran Jam Gadang Bukittinggi, dalam rangka Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke-232. Untuk tahun depan, ia berharap acara makan bajamba lebih besar lagi dan menjadi kalender iven wisata Sumbar. (GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN—Atraksi wisata makan bajamba (hidangan makanan) meme­riahkan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi yang ke-232. Ribuan warga Bukittinggi tumpah ruah memadati pelataran Jam Gadang untuk me­ngi­kuti prosesi makan bajamba, Selasa (20/11).

Prosesi makan bajamba, yang digelar oleh pemerintah daerah setempat, tidak hanya diikuti oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota, tetapi juga oleh warga dari berbagai kalangan, mulai dari unsur pemerintah, swasta, BUMN, BUMD, ninik mamak, bundo kanduang, dan masyarakat umum. Kegiatan itu juga turut dihadiri oleh dua orang mantan Wali Kota Bukit­tinggi, Jufri dan Ismet Aziz.

Sebelum prosesi makan bajamba diselenggarakan, terlebih dahulu dilakukan arak-arakan menjunjung jam­ba dari 24 kelurahan menuju pelataran Jam Gadang. Arak-arakan itu dilepas oleh Wakil Wali Kota,  Irwandi, dan disambut oleh Wali Kota, Ramlan Nurmatias.

Prosesi makan bajamba tersebut menjadi magnet bagi para wisatawan yang datang untuk turut makan jamba. Beberapa wisatawan manca­ne­gara pun terlihat turut me­nyantap kuliner masakan khas kurai yang dihidangkan dengan tata cara yang khas tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ramlan Nurmatis mengapre­siasi semua pihak yang ber­partisipasi memeriahkan alek nagari makan bajamba, teru­tama BUMN, hotel, dan restoran yang turut menyum­bangkan jamba. “Ke depan kita berharap acara seperti ini lebih besar lagi dan menjadi kalender iven wisata Sum­bar,” ujar Ramlan.

Ia mengatakan, rangkaian kegiatan untuk memperingati HJK Bukittinggi harus dapat dinikmati oleh semua warga kota tersebut karena kegiatna itu milik semua masyarakat, bukan hanya segelintir orang. Dengan alasan tersebutlah prosesi makan bajamba yang saat ini diselenggarakan un­tuk kali kelima berubah men­jadi konsep di luar ruangan. Be­gitu juga dengan rangkaian acara peringatan HJK lainnya.

“Bukittinggi milik kita bersama. Untuk itu, mari kita bangun kebersamaan untuk membangun kota yang kita cintai ini,” ujar Ramlan.

Makan bajamba yang dilaksanakan, kata Ramlan, adalah budaya Minangkabau yang akan terus menjadi agenda rutin tahunan Bukit­tinggi. “Kali ini kita sengaja menampilkan kebudayaan makan bajamba ini di pelata­ran Jam Gadang. Kita juga sa­ngat bangga dan sangat mensyukuri bisa bersama-sa­ma dengan warga kota mera­yakan ulang tahun kota ini.” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pari­wisata Bukittinggi, Melfi Abra, mengatakan, dalam pro­sesi makan bajamba itu dihidangkan 300 jamba, de­ngan rincian 240 jamba dari 24 kelurahan di Bukittinggi dan sisanya dari pihak swasta.

“Dalam tiap-tiap jamba, ada sekitar enam jenis samba (lauk pauk) yang disajikan, di antaranya rendang, anyang dagiang, ikan pangek ku­niang, gulai ayam naneh, ta­ruang bulek bagoreng, serta ka­rupuak tun­juak,” ucap Melfi. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,08 Juni 2017 - 11:46:56 WIB

    Tingkatkan Pengawasan Makanan, Dharmasraya Anggarkan Pembelian Mobil Laboratorium

    Tingkatkan Pengawasan Makanan, Dharmasraya Anggarkan Pembelian Mobil Laboratorium DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, pada 2018 menganggarkan pengadaan mobil laboratorium keliling sebagai upaya memaksimalkan pengujian pangan di daerah itu..
  • Selasa,02 Mei 2017 - 21:54:30 WIB
    Potret Kemiskinan

    Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah

    Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Potret pendidikan di Indonesia masih menjadi sorotan, terutama terkait dengan kemiskinan. Hal ini masih dapat ditemui, salah satunya di Padang Gubalo, Korong Ladang Laweh, Kenagarian Sicinci.
  • Kamis,19 Januari 2017 - 10:16:16 WIB

    DBD Makan Korban Jiwa di Sijunjung

    DBD Makan Korban Jiwa di Sijunjung SIJUNJUNG, HALUAN -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Sijunjung mengimbau warga untuk mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)yang rentan mewabah pada saat pergantian musim. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabu.
  • Jumat,09 September 2016 - 01:43:43 WIB

    Program Makanan Pendamping Tentukan Kualitas Anak

    Program Makanan Pendamping Tentukan Kualitas Anak SOLOK, HALUAN — Prog­ram makanan pendam­ping bagi ibu hamil maupun anak bayi lima tahun (balita) jarang terperhatikan. Padahal ini sangat menentukan kua­litas generasi yang akan dihasilkan ke depannya..
  • Minggu,04 September 2016 - 22:07:31 WIB

    Keracunan Setelah Makan Lontong, Berikut Nama-nama Korban

    Keracunan Setelah Makan Lontong, Berikut Nama-nama Korban TANAH DATAR, HALUAN—Sebanyak 20 orang warga Jorong Patir Nagari Situmbuk, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar diduga mengalami keracunan makanan, Minggu (4/9)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM