Menlu RI Tengok Muslim Pengungsi di Bangladesh


Rabu,21 Desember 2016 - 00:15:33 WIB

UKHIYA, HALUAN — Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, bertolak ke Bangladesh segera setelah menghadiri ASEAN retreat di Yangoon, Myanmar. Pertemuan dengan para menlu Asia Teng­gara di mantan ibu kota Burma itu dilaku­kan dalam rangka membahas kelanjutan nasib pengungsi Rohingya di Rakhine.

Sesampainya di Cox’s Bazar, sebuah kota pelabuhan yang terkenal di Bang­ladesh, diplomat berdarah Jawa itu lang­sung menengok kamp pengungsian Kutu­palong. Tujuannya tak lain untuk melihat dengan mata kepala sendiri kondisi dan situasi kaum Muslim yang mengungsi di perbatasan antara Myanmar dan Bang­ladesh tersebut.

“Kondisi para pengungsi cukup mem­prihatinkan, masyarakat internasional harus dapat memberi sumbangsih lebih agar dapat membantu para pengungsi,” ujar Retno usai mengunjungi kamp pengungsi Kutupalong di Bangladesh, Selasa (20/12).

Selama berada di kamp pengungsian tersebut, Menlu Retno berkesempatan mendengarkan berbagai cerita langsung dari para pengungsi. Kebanyakan bicara soal pengalaman mereka melarikan diri dari negara asalnya hingga sampai ke Cox’s Bazar.

“Dari cerita dan pengalaman para pe­ngungsi, terlihat kerumitan per­ma­salahan di Rakhine. Namun demikian, apa pun penyebab kehadiran mereka di kamp Kutupalong, perlu diketahui bahwa mereka di sini hidup dengan kondisi yang sangat minim. Sebagai sesama manusia, kita harus berupaya lebih keras lagi untuk membantu mereka,” tuturnya.

Mantan Dubes RI untuk Belanda itu juga meninjau tempat tinggal sementara para pengungsi. Lalu menengok tempat beribadah mereka. Diketahui, jumlah pengungsi yang menetap di Kutupalong mencapai 19 ribu orang. (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM