Menlu RI Tengok Muslim Pengungsi di Bangladesh


Rabu,21 Desember 2016 - 00:15:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi

UKHIYA, HALUAN — Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, bertolak ke Bangladesh segera setelah menghadiri ASEAN retreat di Yangoon, Myanmar. Pertemuan dengan para menlu Asia Teng­gara di mantan ibu kota Burma itu dilaku­kan dalam rangka membahas kelanjutan nasib pengungsi Rohingya di Rakhine.

Sesampainya di Cox’s Bazar, sebuah kota pelabuhan yang terkenal di Bang­ladesh, diplomat berdarah Jawa itu lang­sung menengok kamp pengungsian Kutu­palong. Tujuannya tak lain untuk melihat dengan mata kepala sendiri kondisi dan situasi kaum Muslim yang mengungsi di perbatasan antara Myanmar dan Bang­ladesh tersebut.

“Kondisi para pengungsi cukup mem­prihatinkan, masyarakat internasional harus dapat memberi sumbangsih lebih agar dapat membantu para pengungsi,” ujar Retno usai mengunjungi kamp pengungsi Kutupalong di Bangladesh, Selasa (20/12).

Selama berada di kamp pengungsian tersebut, Menlu Retno berkesempatan mendengarkan berbagai cerita langsung dari para pengungsi. Kebanyakan bicara soal pengalaman mereka melarikan diri dari negara asalnya hingga sampai ke Cox’s Bazar.

“Dari cerita dan pengalaman para pe­ngungsi, terlihat kerumitan per­ma­salahan di Rakhine. Namun demikian, apa pun penyebab kehadiran mereka di kamp Kutupalong, perlu diketahui bahwa mereka di sini hidup dengan kondisi yang sangat minim. Sebagai sesama manusia, kita harus berupaya lebih keras lagi untuk membantu mereka,” tuturnya.

Mantan Dubes RI untuk Belanda itu juga meninjau tempat tinggal sementara para pengungsi. Lalu menengok tempat beribadah mereka. Diketahui, jumlah pengungsi yang menetap di Kutupalong mencapai 19 ribu orang. (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,15 November 2016 - 23:34:47 WIB

    Menlu Turki Muak dengan Standar Ganda UE

    Ankara, Haluan — Turki sudah “muak” dengan perilaku Uni Eropa yang dinilai merendahkan mar­ta­bat Ankara terkait negara itu ingin bergabung, demikian Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, Selasa..
  • Selasa,26 Juli 2016 - 04:32:57 WIB

    Filipina Mengalah, Pertemuan Menlu ASEAN 'Mencair'

    LAOS, HALUAN — ASEAN mampu me­nga­tasi kebuntuan terkait Laut China Selatan. Kebuntuan pecah setelah Filipina menarik permintaan pernyataan bersama soal putusan hukum di Laut China Selatan..
  • Selasa,31 Mei 2016 - 03:33:44 WIB

    Hentikan Pengiriman Haji, Menlu Arab Kecam Iran

    JEDDAH, HALUAN — Lantaran meng­hentikan pengiriman haji ke Mekkah, Iran dikatakan harus bertanggungjawab pada Tuhan atas itu. Hal itu dikatakan oleh Menteri Luar Negeri (Men­lu) Arab SaudiAdel Al Ju­beir, dalam sebuah ko.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM