Ciptakan Penduduk Berkualitas dengan Edukasi


Rabu,21 Desember 2016 - 00:13:57 WIB
Ciptakan Penduduk Berkualitas dengan Edukasi Sosialisasi dan Desiminasi Pembangunan Berwawasan Kependudukan Kabupaeten Agam tahun 2016, di aula kantor bupati, Selasa (20/12). (HUMAS)

Agam,Haluan- Pemba­ngunan kependudukan, yang dibarengi melalui proses edukasi dan sinergisitas dari seluruh lini, akan mencipta­kan pembangunan yang ber­wa­wasan  kependudukan bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pem­ bangunan bisa baik kalau input penduduknya juga baik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Agam yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pem­bangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, Isman Imran, membuka secara res­mi Sosialisasi dan Desiminasi Pembangunan Berwawasan Kependudukan Kabupaeten Agam tahun 2016, di aula kantor bupati setempat, Sela­sa (20/12).

Dikatakannya, kesejah­teraan dapat ditandai dengan meningkatnya angka pertum­buhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia serta terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan, kese­hatan, ekonomi, agama dan kesejahteraan sosial lainnya.

“Agar kita bisa memasti­kan bahwa penduduk yang dimiliki oleh Kabupaten Agam adalah penduduk yang baik atau berkualitas, maka segala aspek yang menyang­kut tentang penduduk itu harus dipikirkan. Hal itu dapat menyangkut pendi­dikannya, kesehatannya, ke­se­jahteraan sosialnya dan sebagainya. Keberhasilan pembangunan disegala bi­dang sangat ditentukan dan merupakan konsekuensi dari apa yang dilakukan,” jelas­nya.

Sekretaris Badan Pem­berdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabu­paten Agam, Nazrida, dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah sesuai dengan UU Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan ke­pen­dudukan dan pemba­ngunan keluarga dengan misi “Pembangunan yang ber­wawasan kependudukan dan mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera”.

Nazrida menjelaskan, bahwa parameter pemba­ngunan berwawasan kepen­dudukan adalah pengendalian kuantitas penduduk, pening­katan kualitas penduduk, penataan persebaran dan mobilitas penduduk dan pem­bangunan keluarga be­rencana.

“Seluruh anggota koalisi kependudukan kiranya dapat mengikuti acara so­sialisasi hingga selesai agar peru­musan grand design pem­bangunan kependudukan bisa sesuai harapan,” jelas­nya. (h/yat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM