Diperiksa Inspektorat, Pemanfaatan DD di Nagari Talunan Maju Dinilai Terbaik


Selasa,20 Desember 2016 - 18:31:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Diperiksa Inspektorat, Pemanfaatan DD di Nagari Talunan Maju Dinilai Terbaik EVALUASI DD—Para pegawai Pemerintah Nagari Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan, berfoto bersama di kantor mereka beberapa waktu lalu. Dari pantauan dan hasil evaluasi Inspektorat kabupaten setempat, pengelolaan DD di Talunan Maju dinyatakan sebagai salah satu yang terbaik. IST

SOLOK SELATAN, HALUAN—Inspektorat Solok Selatan memantau dan mengevaluasi pengelolaan Dana Desa (DD) ke semua pemerintahan nagari (pemnag) di kabupaten itu pada akhir tahun ini. Dari hasil evaluasi itu, Talunan Maju di Kecamatan Sangir Balai Janggo adalah salah satu nagari yang pengelolaan DD-nya terbaik.

 

Sekretaris Nagari Pemnag Talunan Maju, Hendrik Patriona, menuturkan, tim Inspektorat tiba di kantornya pada Selasa (20/12). Talunan Maju adalah nagari terakhir dari 10 nagari yang dikunjungi tim Inspektorat tersebut. Ia mengklaim bahwa tim Inspektorat hanya berada 1,5 jam di kantornya untuk melakukan pemeriksaan.

 

“Setelah tim memeriksa administrasi penggunaan DD di kantor kami, dinyatakan hasilnya terbaik. Karena itu, mereka hanya sebentar di kantor kami daripada di kantor wali nagari lain yang menurut pengakuan mereka bisa dari pagi sampai malam. Setelah tim memeriksa administrasi, kami lalu mengajak mereka ke lapangan untuk mengecek fisik penggunaan DD tersebut. Namun, tim menyatakan bahwa itu tidak perlu karena mereka sudah percaya dengan pembangunan fisik dari DD itu setelah melihat foto-foto di lampiran SPJ (Surat Pertanggunjawaban, red-),” ujar Hendrik kepada Haluan melalui sambungan telepon.

 

Jumlah DD 2016 untuk Talunan Maju, kata Hendrik, sebesar Rp655.491.000. Ia menyebutkan, dana itu digunakan untuk 5 kegiatan, yakni 4 kegiatan fisik, sedangkan 1 lagi kegiatan pemberdayaan. Empat kegiatan fisik itu adalah rabat beton jalan lingkung di dua jorong dan pengerasan jalan usaha tani di dua jorong. Sementara itu, satu kegiatan pemberdayaan tersebut adalah gerakan promosi kesehatan dan gerakan hidup sehat.

 

Saat ditanya bagaimana cara Pemnag Talunan Maju mengelola DD, Hendrik menjelaskan, pihaknya melihat semua regulasi (aturan) tentang DD. Setelah itu, pihaknya memperhatikan kondisi lapangan yang merupakan sasaran pembangunan dari pemanfaatan DD. Untuk melakukan pembangunan, pihaknya melibatkan masyarakat sehingga pemanfaatan DD maksimal.

 

“Untuk kepala pekerja sebuah kegiatan, kami ambil dari pegawai wali nagari yang berdomisili di jorong tempat kegiatan itu dilaksanakan. Kami mengambil pegawai wali nagari itu karena dia mengerti aturan penggunaan DD sehingga pemanfaatannya tidak menyeleweng. Kami mengambil pegawai wali nagari yang berdomosili di jorong itu agar ia melaksanakan tugasnya dengan baik karena merasa bahwa pembangunan itu akan dirasakannya sendiri sebagai warga jorong bersangkutan,” tutur Hendrik.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM