Pemilu Langsung Tak Sesuai Pancasila


Selasa,20 Desember 2016 - 00:11:24 WIB
Reporter : Tim Redaksi

JAKARTA, HALUAN — Pilihan politik era reformasi menghendaki adanya pemilihan umum secara langsung, mulai dari pemili­han presiden, anggota DPR hingga Kepala Daerah. Padahal, Pemilu langsung tidak sesuai dengan sila keempat Pancasila. 

“Bahkan Pemilu langsung terhadap Kepala Daerah tidak sesuai dengan Un­dang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” kata Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI Rambe Ka­ma­rulzaman saat Refleksi Akhir Tahun 2016 Badan Pengajian MPR RI, Media Center DPR, Senin (19/12).

Akan tetapi, ulas Rambe,  arus ke­inginan masyarakat terhadap pemilu langsung bagi kepala daerah begitu kuat. Hal ini mempengaruhi keputusan di  DPR. “Bahkan DPR menyerah. Mereka tidak berani memaksakan Pemilu tidak langsung, sekalipun hal itu bertentangan dengan UUD NRI Tahun 1945,” ujar Rambe.

Masalah itulah kata Rambe yang turut didampingi Ketua Badan Pengkajian MPR Bambang Sadono dan Setjen MPR Ma’ruf Cahyono sebagian persoalan sistem ketata­negaraan yang dikaji oleh Badan Peng­kaji­an MPR. Selain itu, masih banyak persoalan lain yang juga sudah dikaji badan peng­kajian selama satu tahun terakhir. Per­soalan tersebut antara lain, menyoal penguatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan MPR, serta reformulasi sistem perencanaan pembangunan model GBHN. 

Menyangkut soal Pemilu, kata Rambe tarik menarik antara pemilu sistem terbuka dan tertutup juga masih menjadi per­bin­cangan yang sangat panas. DPR percaya, sistem tertutup bisa memberi peluang kepada partai untuk melakukan seleksi terhadap para caleg. Namun, untuk melak­sanakan itu tidaklah gampang, karena bisa dianggap membatasi kesempatan Caleg yang lain. (h/sam)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,30 Maret 2017 - 16:28:39 WIB

    KPU Persiapkan Rumah Pintar Pemilu

    BUKITTINGGI, HALUAN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi tengah mempersiapkan Rumah Pintar Pemilu yang akan dibuka di kantor KPU setempat. Rumah Pintar Pemilu ini akan diluncurkan pada April. .
  • Kamis,16 Februari 2017 - 09:18:49 WIB

    Pengurus Dirombak, Golkar Sumbar Pede Hadapi Pemilu

    Pengurus Dirombak, Golkar Sumbar Pede Hadapi Pemilu PADANG, HALUAN—Partai Golkar Sumbar siap mempertahankan raihan Pileg 2014, dan bertekad bisa meraih kesuksesan pada Pileg 2019 mendatang. Mengingat sebelumnya, terjadi kelompok-kelompok di tubuh Golkar yang berdampak buruk .
  • Rabu,14 Desember 2016 - 00:59:49 WIB
    HARAPAN LUKMAN EDY

    Pemilu 2024, Militer Bisa Memilih

    JAKARTA, HALUAN — Ketua Panitia Khusus (Pansus) Ran­cangan Undang-undang ten­tang Penyelenggaraan Pemilu (Pemilu) DPR RI Lukman Edy mengharapkan anggota TNI/Polri sudah bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Serentak 2.
  • Senin,31 Oktober 2016 - 01:53:15 WIB
    TARGETKAN SATU KADER SATU DAPIL DPR RI

    PKB Sumbar Bersiap Hadapi Pemilu 2019

    PKB Sumbar Bersiap Hadapi Pemilu 2019 PADANG, HALUAN — Pengalaman kalah telak di pemilihan umum (pemilu) 2014 silam mengharuskan Partai Kebangkitan bangsa (PKB) di Sumatera Barat curi star dalam mempersiapkan diri menuju Pe­milihan Umum (Pemilu) 2019. Sedari k.
  • Jumat,16 September 2016 - 03:01:58 WIB

    Revisi UU Pemilu Jadi Agenda Rutin

    JAKARTA, HALUAN — Ketua FPKB DPR RI Hj. Ida Fauziah menginginan UU Pemilu tidak diganti atau direvisi setiap pelak­sanaan pemilu, seperti yang terjadi selama ini. Karena itu ia mengharapkan Revisi UU Pemilu untuk Pemilu 20.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM