Pemilu Langsung Tak Sesuai Pancasila


Selasa,20 Desember 2016 - 00:11:24 WIB

JAKARTA, HALUAN — Pilihan politik era reformasi menghendaki adanya pemilihan umum secara langsung, mulai dari pemili­han presiden, anggota DPR hingga Kepala Daerah. Padahal, Pemilu langsung tidak sesuai dengan sila keempat Pancasila. 

“Bahkan Pemilu langsung terhadap Kepala Daerah tidak sesuai dengan Un­dang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” kata Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI Rambe Ka­ma­rulzaman saat Refleksi Akhir Tahun 2016 Badan Pengajian MPR RI, Media Center DPR, Senin (19/12).

Akan tetapi, ulas Rambe,  arus ke­inginan masyarakat terhadap pemilu langsung bagi kepala daerah begitu kuat. Hal ini mempengaruhi keputusan di  DPR. “Bahkan DPR menyerah. Mereka tidak berani memaksakan Pemilu tidak langsung, sekalipun hal itu bertentangan dengan UUD NRI Tahun 1945,” ujar Rambe.

Masalah itulah kata Rambe yang turut didampingi Ketua Badan Pengkajian MPR Bambang Sadono dan Setjen MPR Ma’ruf Cahyono sebagian persoalan sistem ketata­negaraan yang dikaji oleh Badan Peng­kaji­an MPR. Selain itu, masih banyak persoalan lain yang juga sudah dikaji badan peng­kajian selama satu tahun terakhir. Per­soalan tersebut antara lain, menyoal penguatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan MPR, serta reformulasi sistem perencanaan pembangunan model GBHN. 

Menyangkut soal Pemilu, kata Rambe tarik menarik antara pemilu sistem terbuka dan tertutup juga masih menjadi per­bin­cangan yang sangat panas. DPR percaya, sistem tertutup bisa memberi peluang kepada partai untuk melakukan seleksi terhadap para caleg. Namun, untuk melak­sanakan itu tidaklah gampang, karena bisa dianggap membatasi kesempatan Caleg yang lain. (h/sam)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM