Malaysia Ajak ASEAN Akhiri Krisis Rohingya


Selasa,20 Desember 2016 - 00:09:46 WIB

YANGON, HALUAN — Malaysia kembali menyerukan ajakan untuk mengakhiri penderitaan yang dialami oleh Muslim Rohingya. Otoritas Malaysia menilai,penderitaan Muslim Rohingya di Myanmar adalah kekhawatiran tingkat regional.

Diwartakan oleh Reuters, Senin (19/12), Malaysia me­nuntut Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) untuk be­kerja sama dan mengkoordinasi bantuan kemanusiaan pada etnis Rohingya. Selain itu, ASEAN juga dituntut untuk mengusut tuntas dugaan ke­kejaman yang dialami Muslim Rohingya.

Menteri Luar Negeri Ma­lay­­sia, Anifah Aman, meng­ung­kapkan, perkembangan dalam meningkatkan hak asasi ma­nusia orang-orang Ro­hingya di negara bagian Ra­khine, Myan­mar berjalan de­ngan “lambat”.

“Kami percaya jika situasi saat ini adalah kekhawatiran dan keprihatinan regional. Oleh karena itu kita harus me­nye­lesaikannya bersama-sama,” ujar Anifah dalam pidatonya di pertemuan dengan perwakian negara-negara ASEAN di Ya­ngon, Myanmar.

Sebelumnya, Aung San Suu Kyi selaku penasihat negara mengundang seluruh Menteri Luar Negeri ASEAN ke per­temuan retreat di Yangon untuk membahas kasus Rohingya. Menlu RI Retno LP Marsudi pun telah bertolak ke Myanmar pagi tadi untuk memenuhi undangan tersebut. Pertemuan antarperwakilan negara ASE­AN tersebut berlangsung di Sedona Hotel, Yangon, Myan­mar. (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM