UNTUK TUNAWISMA SAAT NATAL

Muslim Inggris Sumbangkan 10 Ton Makanan


Selasa,20 Desember 2016 - 00:08:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi

LONDON, HALUAN — Aksi mulia atas nama kema­nusiaan dilakukan oleh Komu­nitas Muslim London yang beranggotakan 7.500 orang. Ratusan umat Islam meme­nuhi Masjid London Timur pada Jumat 16 Desember 2016 untuk mengumpulkan 10 ton bahan makanan yang akan dibagikan kepada tuna­wisma di seluruh London, Inggris, saat periode Natal.

Anggota komunitas terse­but dengan bangga berpose di depan troli yang penuh berisi beras, pasta, sereal, dan bahan makanan lainnya. Lebih dari 90 persen bahan makanan itu akan dibagikan kepada yaya­san Crisis yang menangani para tunawisma. Pendeta Gary Bradley mendeskripsikan aksi tersebut sebagai “upaya ber­sama untuk kemanusiaan oleh umat lintas agama”.

“Umat Islam terinspirasi dari iman mereka tentang menolong sesama yang mem­bu­tuhkan. Ini adalah kewa­ji­ban agama bagi Muslim untuk mencoba membantu orang lain, tanpa memandang agama atau latar belakang orang tersebut,” ujar Imam Kepala Masjid London Timur Syeikh Abdul Qayum me­ngenai gera­kan tersebut, se­perti dimuat Standard, Senin (19/12).

Syeikh Abdul Qayum ber­tugas mengelola sumbangan bahan makanan tersebut ber­sama dengan yayasan Muslim Aid. Penyelenggara mem­perkirakan 7 ton makanan disumbang oleh umat Islam. Pengusaha lokal, sekolah, universitas, dan pemimpin dari umat beragama lain juga turut menyumbang bahan makanan lewat Muslim Aid.

“Perwujudan cinta kepada se­sama ini adalah cerminan se­benarnya dari ajaran Islam. Sa­at musim dingin ketika kita me­rasakan kemewahan di ru­mah dan makanan yang ha­ngat, sangat mudah me­lupa­kan sesa­ma yang mem­butuh­kan di se­kitar kita. Semangat itu­lah mem­bawa kita mela­ku­kan aksi sumbangan bahan ma­kanan ini,” tutur Syeikh Ab­dul Qa­yum.

“Dengan penghematan anggaran dan krisis peru­mahan, lebih banyak orang kini berakhir di jalanan seba­gai tunawisma. Kami, sebagai ya­yasan Muslim, ingin mela­ku­kan apapun yang kami bisa un­tuk menolong orang-orang pa­ling rentan di negara ini pada Natal kali ini, tanpa me­man­dang agama atau latar be­la­kangnya,” ucap Ketua Yaya­san Muslim Aid, Jehangir Ma­lik.

Jumlah tunawisma di Ing­gris meningkat drastis. Menu­rut data yang dimiliki peme­rin­tah, sekira 3.500 orang ti­dur di jalanan setiap harinya pa­da 2015. Angka tersebut me­ningkat 30 persen diban­ding­kan dengan data pada 2014. Yayasan Centrepoint mengi­ngatkan ada sekira 25 ri­bu anak muda yang teran­cam menjadi tunawisma sela­ma periode Natal 2016. (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,21 Desember 2016 - 00:15:33 WIB

    Menlu RI Tengok Muslim Pengungsi di Bangladesh

    UKHIYA, HALUAN — Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, bertolak ke Bangladesh segera setelah menghadiri ASEAN retreat di Yangoon, Myanmar. Pertemuan dengan para menlu Asia Teng­gara di mantan ibu kota Burma itu .
  • Selasa,29 November 2016 - 00:31:35 WIB

    Biarkan Genosida Muslim Rohingya, Aung San Suu Kyi Didemo

    YANGON, HALUAN — Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, membatalkan perjalanan ke Indonesia, Senin (28/11). Badan pengungsi PBB (UNHCR) sendiri menyatakan bahwa ada indikasi militer Myanmar melakukan pembasmian etnis atau geno.
  • Jumat,11 November 2016 - 00:56:35 WIB

    Donald Trump Terpilih Jadi Presiden, Muslim Amerika Ketakutan

    Donald Trump Terpilih Jadi Presiden, Muslim Amerika Ketakutan DETROIT, HALUAN — Kekhawatiran dan ketakutan menyelimuti warga muslim di seluruh penjuru Amerika Serikat (AS), usai Donald Trump terpilih menjadi pre­siden AS. Dengan saksama mereka menyimak pidato kemenangan Trump, sembar.
  • Senin,26 September 2016 - 01:35:07 WIB

    Istanbul akan Jadi Tuan Rumah KTT Wanita Muslim 2017

    KUALA LUMPUR, HALUAN — Turkish Asian Center for Strategic Studies (TASAM) menetapkan Muslim Women Summit 2017 akan digelar di Istanbul. Hal itu disampaikan di sela-sela pertemuan Muslim Women: Soft as Silk, Strong as Iron d.
  • Selasa,13 September 2016 - 12:03:25 WIB

    Hebat, Orang Minang jadi Pelopor Perekonomian Muslim di Australia

    Hebat, Orang Minang jadi Pelopor Perekonomian Muslim di Australia komunitas Minang di Australia sudah ada sejak adanya program pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Australia dalam program pengembangan sumber daya manusia sebagai hasil dari Kolombo Plan 1950..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM