UNTUK TUNAWISMA SAAT NATAL

Muslim Inggris Sumbangkan 10 Ton Makanan


Selasa,20 Desember 2016 - 00:08:47 WIB

LONDON, HALUAN — Aksi mulia atas nama kema­nusiaan dilakukan oleh Komu­nitas Muslim London yang beranggotakan 7.500 orang. Ratusan umat Islam meme­nuhi Masjid London Timur pada Jumat 16 Desember 2016 untuk mengumpulkan 10 ton bahan makanan yang akan dibagikan kepada tuna­wisma di seluruh London, Inggris, saat periode Natal.

Anggota komunitas terse­but dengan bangga berpose di depan troli yang penuh berisi beras, pasta, sereal, dan bahan makanan lainnya. Lebih dari 90 persen bahan makanan itu akan dibagikan kepada yaya­san Crisis yang menangani para tunawisma. Pendeta Gary Bradley mendeskripsikan aksi tersebut sebagai “upaya ber­sama untuk kemanusiaan oleh umat lintas agama”.

“Umat Islam terinspirasi dari iman mereka tentang menolong sesama yang mem­bu­tuhkan. Ini adalah kewa­ji­ban agama bagi Muslim untuk mencoba membantu orang lain, tanpa memandang agama atau latar belakang orang tersebut,” ujar Imam Kepala Masjid London Timur Syeikh Abdul Qayum me­ngenai gera­kan tersebut, se­perti dimuat Standard, Senin (19/12).

Syeikh Abdul Qayum ber­tugas mengelola sumbangan bahan makanan tersebut ber­sama dengan yayasan Muslim Aid. Penyelenggara mem­perkirakan 7 ton makanan disumbang oleh umat Islam. Pengusaha lokal, sekolah, universitas, dan pemimpin dari umat beragama lain juga turut menyumbang bahan makanan lewat Muslim Aid.

“Perwujudan cinta kepada se­sama ini adalah cerminan se­benarnya dari ajaran Islam. Sa­at musim dingin ketika kita me­rasakan kemewahan di ru­mah dan makanan yang ha­ngat, sangat mudah me­lupa­kan sesa­ma yang mem­butuh­kan di se­kitar kita. Semangat itu­lah mem­bawa kita mela­ku­kan aksi sumbangan bahan ma­kanan ini,” tutur Syeikh Ab­dul Qa­yum.

“Dengan penghematan anggaran dan krisis peru­mahan, lebih banyak orang kini berakhir di jalanan seba­gai tunawisma. Kami, sebagai ya­yasan Muslim, ingin mela­ku­kan apapun yang kami bisa un­tuk menolong orang-orang pa­ling rentan di negara ini pada Natal kali ini, tanpa me­man­dang agama atau latar be­la­kangnya,” ucap Ketua Yaya­san Muslim Aid, Jehangir Ma­lik.

Jumlah tunawisma di Ing­gris meningkat drastis. Menu­rut data yang dimiliki peme­rin­tah, sekira 3.500 orang ti­dur di jalanan setiap harinya pa­da 2015. Angka tersebut me­ningkat 30 persen diban­ding­kan dengan data pada 2014. Yayasan Centrepoint mengi­ngatkan ada sekira 25 ri­bu anak muda yang teran­cam menjadi tunawisma sela­ma periode Natal 2016. (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM