300 Ribu Ekor Ikan Ditebar di Empat Kecamatan


Selasa,20 Desember 2016 - 00:03:15 WIB

SAWAHLUNTO,  HALUAN — Sebanyak 300 ribu ekor bibit ikan kembali dilepas di kawasan perairan umum yang ada di empat kecamatan di Kota Sawahlunto melalui program restocking.

“Kita mau kegiatan res­toc­king ini bisa sebagai upaya pelestarian kawasan perairan sekaligus untuk menyangga populasi ikan untuk me­menuhi kebutuhan pangan masyarakat,” ungkap Kepala Bidang Peternakan dan Peri­kanan Dinas Pertanian dan Kehutanan Sawahlunto, Heri Sutrisno.

Pihaknya, sebut He­ri, bekerja sama dengan Balai Benih Ikan (BBI) Muaro­kalaban sebagai penyedia bibit ikan gratis,  di mana pada kegiatan ini pene­baran­nya dipusatkan pada dua aliran sungai yakni Sungai Ombilin di Desa Rantih Tala­wi dan Batang Lunto di Kecamatan Lembah Segar.

Selain di perairan umum, lanjutnya,  sebanyak 20 ribu ekor bibit ikan juga dibagikan gratis dalam kegiatan budi­daya ikan perairan darat melalui kolam kolam milik masyarakat.

“Dengan budidaya pera­iran umum dan kolam masya­rakat itu,  diperkirakan akan menghasilkan sebanyak 200 ton ikan segar pertahunnya. Ini juga sudah melewati target pemenuhan produksi ikan di Sawahlunto oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yakni sebanyak 138 ton per tahunnya, “ terangnya. 

Tercatat sebut Heri,  ting­kat konsumsi ikan oleh ma­sya­rakat Sawahlunto pada 2015 telah mencapai seba­nyak 22,9 kilogram  perka­pita.Meskipun sudah terbi­lang cukup tinggi dengan perbandingan jumlah pendu­duk sebanyak 65 ribu jiwa, angka tersebut masih di ba­wah tingkat konsumsi ikan di provinsi Sumbar yang sudah berada pada angka 28,8 ki­log­ram perkapita setiap ta­hunnya.

“Saat ini pihaknya ber­sama Forum Konsumsi Ikan (Forikan) terus mengam­panyekan program gemar makan ikan guna mening­katkan konsumsi ikan masya­rakat. Semenjak dilaksanakan 2009 lalu telah terjadi per­kem­bangan dan peningkatan yang positif,” katanya.

Sementara itu Ketua Fori­kan Sawahlunto Yenni Ali Yusuf menyebutkan, pihak­nya terus berupaya mem­berikan penyuluhan di setiap kesempatan tentang nilai gizi dan manfaat yang bisa diper­oleh dengan mengonsumsi ikan.

Salah satunya dengan menggelar lomba-lomba me­ma­sak bersifat diversifikasi yang menjadikan ikan seba­gai bahan utama dan diolah menjadi beberapa jenis ma­kanan yang memiliki cita rasa yang beragam dengan tampilan lebih menarik dan menggugah selera.

“Nilai gizi dan manfaat daging ikan untuk kebutuhan pangan masyarakat yang sangat baik bagi kese­ha­tan, seharusnya bisa menjadi menu andalan keluarga. Se­lain harga yang lebih murah dibanding da­ging, ikan juga kaya manfaat untuk peme­nuhan makanan bergizi keluarga,” ungkapnya. (h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM