Siap-siap! Tahun 2017 Truk yang Melebihi Muatan, Sopirnya Kena Denda dan Kurungan


Senin,19 Desember 2016 - 18:03:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Siap-siap! Tahun 2017 Truk yang Melebihi Muatan, Sopirnya Kena Denda dan Kurungan PERDA LARANGAN TRUK-- terlihat petugas Satpol PP saat memasang stiker Sosialisasi kesebuah truk, terkait penerapan Perda Nomor 1 tahun 2006 di Kabupaten Pesisir Selatan. Okis Mardiansyah.

PAINAN, HALUAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Tim Satuan Kerja (SK) 5 yang tergabung dari Satpol PP, TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Kejaksaan menggelar kegiatan sosialisasi.

 

Kegiatan tersebut dilalukan terkait larangan terhadap mobil truk yang bermuatan melebihi kapasitas volume angkut, serta tidak berdekatan/beriringan saat jarak kurang dari 100 meter ketika melewati jalan Nasional Padang-Painan.

 

Pantauan harianhaluan dilapangan, Senin (19/12), sejumlah truk yang memasuki Painan dihentikan oleh tim. Selain memberi pemahamanm tim juga menemplekan stiker tentang Perda larangan tersebut.

 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pesisir Selatan, Hazrial Amri mengatakan, bahwa kegiatan itu merupakan sosialisasi terhadap Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2006 tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum berdasarkan Pasal 10 ayat 13 dan 14 yang mengatur tentang perlintasan truk di daerah tersebut.

 

"Ya, ini sesuai dengan Perda Nomor 1 tahun 2006, yang mana didalamnya ada pasal 10 ayat 13 dan 14 tentang larangan truk pengangkut barang melebihi batas volume kendaraan, serta tidak boleh beriringan dengan jarak 100 meter saat melintas. Tujuannya adalah untuk menertibkan hilir mudiknya masyarakat kita saat berkendara, terutama bagi para pengunjung yang hendak pergi berwisata," terangnya.

 

Dikatakannya, jika sosialisasi perda itu sudah berjalan efektif sebagaimana mestinya. Maka pada tahun 2017 mendatang, akan mulai diberlakukan kepada setiap pengendara yang masih nakal dan akan diberi sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku, seperti halnya saksi denda serta sanksi kurungan (penjara).

 

"Kalau sudah berjalan optimal, maka pada tahun 2017 sanksinya akan kami mulai. Kepada mereka (supir truk) yang membandel akan diberikan sanksi tegas, seperti denda dan akan ada juga sanksi kurungan penjara bagi pelanggar nantinya. Sosialsasi ini juga sudah kita sampaikan kepada setiap perusahaan yang memiliki truk di sekitar daerah ini," tutupnya. (h/mg-kis)

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM