Perdana Menteri Australia Ingin Negaranya Jadi Republik


Senin,19 Desember 2016 - 01:20:40 WIB

CANBERRA, HALUAN — Per­­dana Menteri (PM) Austra­lia, Malcolm Turnbull, mengu­ta­rakan, keinginannya agar Negeri Kanguru menjadi re­pub­lik bebas dari pengaruh Inggris. Namun, ia menegas­kan, hal itu direalisasikan usai masa Pemerintahan Ratu Eli­za­beth

“Tujuan dari Australian Republican Movement (ARM) merupakan tujuan dari Aus­tralia. Kami tidak mengurangi atau tidak menghormati pa­trio­tisme mereka-mereka yang mengambil pandangan yang berbeda, tapi kami tidak memiliki motif lain, tidak ada alasan lain selain cinta ne­gara,” ujar Turnbull terkait menjadikan Australia menjadi negara republik pada pidato­nya di depan para anggota ARM, sebagaimana dikutip dari AFP, Minggu (18/12).

Banyak warga Negeri Ka­nguru memandang kekuasaan kerajaan Inggris di sana hanya simbolis semata. Namun, Ratu Elizabeth tetap populer di kalangan warga Australia sehingga hal itu menimbulkan dua persepsi terkait isu repub­lik, ada yang tetap ingin di ba­wah Inggris, ada juga yang ingin Australia berpisah.

Namun, kritikan pedas muncul dari Partai Liberal konservatif terkait pandangan Turnbull. Turnbull yang juga anggota partai tersebut di­pandangan dukungannya ter­ha­dap republik hanya akan merusak pemerintah.

Akan tetapi, sang PM Aus­tralia menegaskan para warga Australia tidak menginginkan adanya referendum lagi sela­ma Ratu Elizabeth memim­pin Inggris. Sekadar infor­masi, referendum republik di Aus­tralia terakhir dia­dakan pada 6 November 1999 dengan 54,87 persen warganya menolak referen­dum tersebut. (h/okz) 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM