KETUA MUI SUMBAR GUSRIZAL GAZAHAR

Kembali ke Surau Bukan Sekedar Salat di Surau


Senin,19 Desember 2016 - 01:18:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kembali ke Surau Bukan Sekedar Salat di Surau BUPATI Solsel Muzni Zakaria memberikan sambutan dalam sebuah kegiatan yang dihadiri Ketua MUI Sumbar Gusrizal Gazahar.

SOLSEL, HALUAN — Surau berperan penting sebagai wadah pe­ngem­bangan keilmuan agama dan dunia, tempat bertukar pikiran, dan bahkan membicarakan situasi perpolitikan. Seyogyanya, fungsi surau seperti demikian harus dihidupkan kembali.

Hal itu disampaikan oleh Ketua MUI Sumbar Gusrizal Gazahar, Rabu (14/12), di aula Kantor Bupati Solok Selatan (Solsel).

Dikatakannya, kembali ke surau, jangan diartikan hanya dalam konteks beribadah saja, misalnya setiap hari ketika salat pergi ke surau, bukan itu.

“Saya memahami kem­bali ke surau dalam Perda tersebut adalah kembali “ba­surau” artinya memfungsikan surau seperti dulu, buat salat, musyawarah mufakat, dan hal lain yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat di dunia dan akhirat,” ujarnya.

Kemudian, ia juga meng­himbau masyarakat Solsel agar tetap menjaga kesatuan umat demi kesatuan bangsa. Katanya, jangan umat jangan mudah terpengaruh oleh isu perjuangan yang tidak men­datangkan kemaslahatan.

“Kita boleh berjuang menegakkan kalimah Allah, namun jangan sampai kita berjuang atas isu yang men­datangkan kemudaratan. Ingat, Indonesia merdeka oleh umat Islam, jadi Islam bukanlah pemecah kesatuan di negara yang telah dimer­dekakan sendiri olehnya,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Solsel Muzni Zakaria, menyebutkan sesuai visi misi pemerintah daerah Solsel, yang mewu­judkan masyarakat sejahtera dan religius.

Salah satu kereligiusan itu adalah berupaya mengajak dan menyokong masyarakat agar semakin meningkatkan ibadah dan kecintaannya kepada Allah SWT, termasuk juga kembali basurau.

“Cita-cita kami salah satunya adalah membangun mesjid agung dengan desain termegah di Solsel ini untuk wilayah Sumbar, agar masya­rakat semakin dimanjakan dan nyaman untuk beribadah, dengan artian termegah bu­kan termahal,” katanya.

Pada kesempatan itu, bupati juga mengatakan demi untuk menciptakan Solsel yang religius, pihaknya juga akan menganggarkan dalam APBD 2017, untuk kesejah­teraan para dai.

Dalam kesempatan yang sama, dibarengi juga dengan penggalangan dana bantuan peduli gempa di Aceh, yang dikumpulkan oleh pegawai Kesra Pemkab Solsel.

Kabag Kesra Solsel, Zu­ardi menyebutkan untuk dana peduli gempa Aceh sejauh ini terkumpul Rp 6,513 juta. Namun belum diputuskan seberapa besar nominal yang akan dikirim melalui Reke­ning BRI khusus untuk ban­tuan Aceh peduli bencana gempa.

“Terkait berapa nominal yang akan kita kirim nanti akan kita bicarakan dulu dengan bupati, apakah ada tambahan atau yang diper­oleh saat ini saja, namun kita berharap patisipasi dari semuanya juga untuk ini,” pungkasnya.(h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,05 Juni 2017 - 15:48:08 WIB

    Aktivitas Galian C di Sungai Naras Kembali Marak

    Aktivitas Galian C di Sungai Naras Kembali Marak PADANG PARIAMAN, HALUAN - Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Padang Pariaman, Rianto, mengajak masyarakat yang tinggal di sepajang aliran Sungai Batang Naras, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, untuk t.
  • Jumat,12 Mei 2017 - 17:35:03 WIB

    Flippers Padang Panjang Kembali Gelar JFS 5

    Flippers Padang Panjang Kembali Gelar JFS 5 PADANG PANJANG, HARIANHALUAN­.COM--Memeriahkan HUT Flippers yang ke 35, komunitas lintas sektoral masyarakat Padang Panjang itu, akan kembali menggelar kegiatan Jalan Sehat Flippers (JSF) ke 5 yang akan dilaksanakan pada 14 .
  • Senin,20 Februari 2017 - 10:02:27 WIB

    Pasbar Kembali Gelar Car Free Day

    PASBAR, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) untuk kedua kali menggelar hari bebas kendaraan atau Car Free Day mulai dari Simpang Rumah Sakit Yarsi sampai jalan jalur 32 Pasaman Baru, Minggu (19/2). .
  • Senin,13 Februari 2017 - 12:29:57 WIB

    Limapuluh Kota Kembali Dilanda Kekeringan

    Limapuluh Kota Kembali Dilanda Kekeringan LIMAPULUH KOTA, HALUAN- Lagi lagi, Kabupaten Limapuluh Kota, dilanda kekeringan sejak minggu pertama Januari lampau. Dampaknya, sekitar seribuan hektare lahan sawah yang ada di Luak nan Bungsu ini dilanda kekeringan akibat hu.
  • Senin,23 Januari 2017 - 12:03:06 WIB

    Setelah Dibakar Kolonial Belanda Balai-Balai Adat Nagari Talawi Kembali Berdiri

    Setelah Dibakar Kolonial Belanda  Balai-Balai Adat Nagari Talawi Kembali Berdiri SAWAHLUNTO, HALUAN—Setelah puluhan tahun dirobohkan oleh kolonial Belanda, kini balai balai adat Nagari Talawi Sawahlunto kembali berdiri. Bangunan tersebut akan menjadi tempat bermusyawarah dalam melahirkan keputusan yang .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM