Tiga Nagari Masih Tunggu Nomor Registrasi


Senin,19 Desember 2016 - 01:18:12 WIB

SOLSEL,HALUAN — Ke­bijakan Pemprov Sumbar yang meminta pemkab/kota di Sum­bar, tentang perce­patan penataan wilayah dini­lai kontra­diktif oleh Pemkab Solsel. Pasalnya, tiga nagari yang sudah dikeluarkan Per­bub­nya tentang pembentukan nagari persiapan di Kabu­paten Solok Selatan (Solsel) telah diajukan untuk dike­luarkan nomor register oleh pemprov, namun hingga saat ini masih menggantung.

Adapun tiga nagari yang sudah dikeluarkan Perbubnya itu adalah Nagari Lubuk Ga­dang Tenggara, Nagari Lubuk Gadang Barat Daya dan Nagari Lubuk Gadang Barat di lingkup wilayah Kecamatan Sangir.

“Ketiga nagari itu sudah dikeluarkan Perbub No 28 tahun 2015, dan sudah kita ajukan ke pemprov pada Oktober 2015 lalu, untuk dikeluarkan nomor regis­ternya, namun hingga saat ini belum keluar juga,” imbuh Kepala Bagian Pemerintahan Nagari (Pemnag) Pemkab Solsel Basrial, Jumat (16/12).

Dikatakannya, menyikapi surat edaran Gubernur Sum­bar Nomor 120/245/Pem-2016 tertanggal 31 Maret lalu dan Nomor 120/238/Pem-2016 tanggal 4 Mei dan Nomor 120/468/Pem-2016 tanggal 31 Mei, tentang percepatan pelaksanaan pe­na­taan wilayah di Sumbar. Pemkab Solsel sudah mela­kukannya.

“Kita tidak tahu juga apa kendalanya, kenapa tiga n­a­gari yang diajukan tersebut hingga saat ini masih belum dikeluarkan nomor regis­ternya, namun jika merujuk syarat pemekarannya yaitu jumlah penduduk 4.000 atau 800 KK dan sudah melalui usulan dari nagari induk, ketiga nagari itu sudah me­me­nuhi,” katanya didampingi Kasubag Administrasi Peme­rintahan Nagari Ali Afrionel.

Basrial menyebutkan, K­a­bupaten Solok Selatan saat ini memiliki 39 nagari dan 7 kecamatan. Sementara ada 9 nagari yang mengajukan peme­karan, dan tiga di an­taranya sudah dikeluarkan Perbubnya.

“Enam nagari lain yang belum dikeluarkan perbubnya atau masih dalam proses pemekaran adalah Pekonina dengan nagari induk Alam Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo. Bangko, nagari in­duknya Bomas Kecamatan Sungai Pagu. Batang Lolo dan Balun, induknya Pakan Rabaa Tengah, Sungai Aro, induknya Pakan Rabaa dan Ulu Suliti dari Pakan Rabaa Utara Kecamatan KPGD,” tuturnya. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM