Tiga Nagari Masih Tunggu Nomor Registrasi


Senin,19 Desember 2016 - 01:18:12 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SOLSEL,HALUAN — Ke­bijakan Pemprov Sumbar yang meminta pemkab/kota di Sum­bar, tentang perce­patan penataan wilayah dini­lai kontra­diktif oleh Pemkab Solsel. Pasalnya, tiga nagari yang sudah dikeluarkan Per­bub­nya tentang pembentukan nagari persiapan di Kabu­paten Solok Selatan (Solsel) telah diajukan untuk dike­luarkan nomor register oleh pemprov, namun hingga saat ini masih menggantung.

Adapun tiga nagari yang sudah dikeluarkan Perbubnya itu adalah Nagari Lubuk Ga­dang Tenggara, Nagari Lubuk Gadang Barat Daya dan Nagari Lubuk Gadang Barat di lingkup wilayah Kecamatan Sangir.

“Ketiga nagari itu sudah dikeluarkan Perbub No 28 tahun 2015, dan sudah kita ajukan ke pemprov pada Oktober 2015 lalu, untuk dikeluarkan nomor regis­ternya, namun hingga saat ini belum keluar juga,” imbuh Kepala Bagian Pemerintahan Nagari (Pemnag) Pemkab Solsel Basrial, Jumat (16/12).

Dikatakannya, menyikapi surat edaran Gubernur Sum­bar Nomor 120/245/Pem-2016 tertanggal 31 Maret lalu dan Nomor 120/238/Pem-2016 tanggal 4 Mei dan Nomor 120/468/Pem-2016 tanggal 31 Mei, tentang percepatan pelaksanaan pe­na­taan wilayah di Sumbar. Pemkab Solsel sudah mela­kukannya.

“Kita tidak tahu juga apa kendalanya, kenapa tiga n­a­gari yang diajukan tersebut hingga saat ini masih belum dikeluarkan nomor regis­ternya, namun jika merujuk syarat pemekarannya yaitu jumlah penduduk 4.000 atau 800 KK dan sudah melalui usulan dari nagari induk, ketiga nagari itu sudah me­me­nuhi,” katanya didampingi Kasubag Administrasi Peme­rintahan Nagari Ali Afrionel.

Basrial menyebutkan, K­a­bupaten Solok Selatan saat ini memiliki 39 nagari dan 7 kecamatan. Sementara ada 9 nagari yang mengajukan peme­karan, dan tiga di an­taranya sudah dikeluarkan Perbubnya.

“Enam nagari lain yang belum dikeluarkan perbubnya atau masih dalam proses pemekaran adalah Pekonina dengan nagari induk Alam Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo. Bangko, nagari in­duknya Bomas Kecamatan Sungai Pagu. Batang Lolo dan Balun, induknya Pakan Rabaa Tengah, Sungai Aro, induknya Pakan Rabaa dan Ulu Suliti dari Pakan Rabaa Utara Kecamatan KPGD,” tuturnya. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,20 Juli 2017 - 20:34:54 WIB

    Tiga Unit PLTA Bakal Dibangun di Solok Selatan

    Tiga Unit PLTA Bakal Dibangun di Solok Selatan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Tiga unit Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bakal dibangun di Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel) dan ditargetkan masuk tahap konstruksi pada 2018. Tahap produksi pada 2020 dengan da.
  • Minggu,02 Juli 2017 - 13:13:59 WIB

    Ada Tiga Museum Baru di Sawahlunto, Apa Saja Koleksinya?

    Ada Tiga Museum Baru di Sawahlunto, Apa Saja Koleksinya? SAWAHLUNTO, HALUAN - Entah angin apa yang mendorong ketiga pecinta seni dan budaya Sumatera Barat ini, hingga begitu saja mau menempatkan ratusan koleksi seni yang mereka miliki di Kota Sawahlunto..
  • Jumat,21 April 2017 - 01:39:27 WIB

    Dewan Sampaikan Pandangan Tiga Ranperda Sekaligus

    Dewan Sampaikan Pandangan Tiga Ranperda Sekaligus Agam, Haluan- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Agam, memberikan pandangan umum rancangan peraturan daerah (Ranperda) sekaligus dalam rapat Paripurna yang digelar Kamis (20/4) di Aula Utama gedung DPRD Agam, Lubukbasung.
  • Senin,17 April 2017 - 12:01:17 WIB

    Ada Tambahan Tiga Ekor Singa Afrika di Bukittinggi

    Ada Tambahan Tiga Ekor Singa Afrika  di Bukittinggi BUKITTINGGI, HALUAN - Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau lebih dikenal dengan Kebun Binatang Bukittinggi menambah koleksi satwanya, tiga ekor Singa Afrika (Panthera leo) yang didatangkan dari Bali Zoo atau Keb.
  • Rabu,15 Maret 2017 - 10:40:36 WIB

    Tiga Jabatan Strategis Polres Sijunjung Berganti

    SIJUNJUNG, HALUAN - Tiga jabatan strategis di Polres Sijunjung serta satu jabatan Kapolsek berganti. Hal ini ditandai dengan proses upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab), Selasa (14/3) di halaman Mapolres Sijunjung yang dip.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM