PERINGATAN WABUP

ASN Kelayapan, Siap-siap Ditangkap Satpol PP


Jumat,16 Desember 2016 - 00:59:32 WIB

PASAMAN, HALUAN — Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama meminta seluruh pegawai di tiap kantor pemerintahan kecamatan dan nagari, meningkatkan etos kerja dan menghindari terjadinya pungutan liar alias pungli. Sebab, kata dia, itu masuk kategori tindak pidana korupsi.

“Saya minta kinerja pega­wai di tiap kecamatan dan nagari itu ditingkatkan lagi, baik disiplinnya, cara ker­janya dan yang paling utama bebas pungli kepada ma­syarakat. Saya tidak ingin mendapat laporan seperti itu nanti,” ujar Atos, kemarin.

Atos menegaskan, bahwa ia masih sering mendapatkan laporan dari masyarakat, tingkat kehadiran dan disiplin pegawai di tiap kecamatan apalagi nagari itu kurang. Akibatnya, kata Atos, ma­syarakat tidak terlayani de­ngan baik.

“Jika sudah seperti itu, ujung-ujungnya masyarakat mengeluh, lalu mengadu ke pak bupati atau saya, wakil bupati. Akhirnya, kita tahu di sana pegawainya tidak disi­plin,” katanya.

Untuk meningkatkan ke­disiplinan bekerja, kata Wa­bup Atos, salah satunya, tidak keluar (keluyuran) pada saat jam kerja terkecuali terkait kepentingan dinas.

Pihaknya, kata dia, akan menerjunkan personel Satpol PP setempat guna memantau pegawai yang kelayapan pada jam dinas.

“Nanti kita akan sebar Satpol PP untuk memantau mereka, baik di dinas-dinas, kecamatan juga nagari. Jika ada keluyuran pada jam di­nas, ya harus diamankan,” katanya.

Ditambah lagi, kata Atos, Bupati juga sudah meng­im­bau agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melakukan pembinaan kepa­da seluruh pegawai. Hal ini agar hal negatif terkait pe­lang­garan kedisiplinan dapat ditekan.

“Setiap pegawai yang keluar di saat jam kerja harus dibekali dengan surat tugas. Jadi tidak ada yang keluar tidak jelas,” tegasnya.

Wabup juga menegaskan, se­tiap pegawai kecamatan dan nagari menghindari terja­dinya pungutan liar (pungli) dalam setiap pengurusan apapun diinstansi tersebut. Sebab, kata dia, sekecil apa pun pungli itu, bagian dari korupsi.

“Kita tidak ingin (pungli) itu terjadi. Jadi, tolong dihin­dari. Urus surat apa pun kini di tiap nagari dan kecamatan, kan, gratis, baik KTP, pe­ngantar mengurus KK dan surat keterangan miskin, gratis semua,” katanya. 

Sebagai bentuk kepe­dulian terhadap pemberan­ta­san pungli, kata dia, dalam waktu dekat akan segera dibentuk Tim Sapu Bersih (Saber) anti Pungutan Liar (Pungli) di daerah itu, dengan melibatkan berbagai unsur dan elemen masyarakat.

“Ya, kita akan segera bentuk sebagai wujud komit­men kita terhadap pembe­rantasan tindak pidana pung­li,” ujarnya. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM