PERINGATAN WABUP

ASN Kelayapan, Siap-siap Ditangkap Satpol PP


Jumat,16 Desember 2016 - 00:59:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASAMAN, HALUAN — Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama meminta seluruh pegawai di tiap kantor pemerintahan kecamatan dan nagari, meningkatkan etos kerja dan menghindari terjadinya pungutan liar alias pungli. Sebab, kata dia, itu masuk kategori tindak pidana korupsi.

“Saya minta kinerja pega­wai di tiap kecamatan dan nagari itu ditingkatkan lagi, baik disiplinnya, cara ker­janya dan yang paling utama bebas pungli kepada ma­syarakat. Saya tidak ingin mendapat laporan seperti itu nanti,” ujar Atos, kemarin.

Atos menegaskan, bahwa ia masih sering mendapatkan laporan dari masyarakat, tingkat kehadiran dan disiplin pegawai di tiap kecamatan apalagi nagari itu kurang. Akibatnya, kata Atos, ma­syarakat tidak terlayani de­ngan baik.

“Jika sudah seperti itu, ujung-ujungnya masyarakat mengeluh, lalu mengadu ke pak bupati atau saya, wakil bupati. Akhirnya, kita tahu di sana pegawainya tidak disi­plin,” katanya.

Untuk meningkatkan ke­disiplinan bekerja, kata Wa­bup Atos, salah satunya, tidak keluar (keluyuran) pada saat jam kerja terkecuali terkait kepentingan dinas.

Pihaknya, kata dia, akan menerjunkan personel Satpol PP setempat guna memantau pegawai yang kelayapan pada jam dinas.

“Nanti kita akan sebar Satpol PP untuk memantau mereka, baik di dinas-dinas, kecamatan juga nagari. Jika ada keluyuran pada jam di­nas, ya harus diamankan,” katanya.

Ditambah lagi, kata Atos, Bupati juga sudah meng­im­bau agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melakukan pembinaan kepa­da seluruh pegawai. Hal ini agar hal negatif terkait pe­lang­garan kedisiplinan dapat ditekan.

“Setiap pegawai yang keluar di saat jam kerja harus dibekali dengan surat tugas. Jadi tidak ada yang keluar tidak jelas,” tegasnya.

Wabup juga menegaskan, se­tiap pegawai kecamatan dan nagari menghindari terja­dinya pungutan liar (pungli) dalam setiap pengurusan apapun diinstansi tersebut. Sebab, kata dia, sekecil apa pun pungli itu, bagian dari korupsi.

“Kita tidak ingin (pungli) itu terjadi. Jadi, tolong dihin­dari. Urus surat apa pun kini di tiap nagari dan kecamatan, kan, gratis, baik KTP, pe­ngantar mengurus KK dan surat keterangan miskin, gratis semua,” katanya. 

Sebagai bentuk kepe­dulian terhadap pemberan­ta­san pungli, kata dia, dalam waktu dekat akan segera dibentuk Tim Sapu Bersih (Saber) anti Pungutan Liar (Pungli) di daerah itu, dengan melibatkan berbagai unsur dan elemen masyarakat.

“Ya, kita akan segera bentuk sebagai wujud komit­men kita terhadap pembe­rantasan tindak pidana pung­li,” ujarnya. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,03 Juli 2017 - 18:45:09 WIB

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas PASAMAN, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 31 orang pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pasaman, membolos alias tanpa keterangan pada gelaran apel perdana usai libur bersama perayaan Idul Fitri 1438H, Senin (3/7). Mereka, ASN.
  • Kamis,04 Mei 2017 - 01:29:59 WIB

    Menpan RB Minta ASN Tingkatkan Kinerja

    Menpan RB Minta ASN Tingkatkan Kinerja BATUSANGKAR, HALUAN - Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut mampu melebihi dari pegawai atau karyawan swasta karena mereka merupakan penyelenggara negara dalam menjalankan roda pemerintahan..
  • Selasa,14 Maret 2017 - 15:50:34 WIB

    Merokok, ASN Siap-siap Disanksi

    PASAMAN, HALUAN - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis kembali menegaskan larangan merokok bagi para Aparatus Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab setempat. Selain merugikan kesehatan diri, menurutnya, merokok juga dapat merusak keseh.
  • Selasa,28 Februari 2017 - 10:48:03 WIB

    242 Aplikasi ASN Bukittinggi Tercatat di MURI

    BUKITTINGGI, HALUAN – Pemerintah Kota Bukittinggi siap memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, dengan mengoptimalkan Teknologi Informasi (TI) yang diwujudkan dengan hadirnya 242 aplikasi gratis yang telah diluncurkan.
  • Sabtu,18 Februari 2017 - 09:16:32 WIB

    Bupati Keluhkan Disiplin ASN di Limapuluh Kota

    Bupati Keluhkan Disiplin ASN di Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HALUAN- Persoalan disiplin dan pengawasan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota, terus menjadi perhatian. Sebab itu, perbaikan mental dan kinerja aparatur ke depan menjadi hal.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM