Peduli HAM, Pemkab Pasaman Raih Penghargaan Menteri


Jumat,16 Desember 2016 - 00:59:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASAMAN, HALUAN — Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama menerima penghar­gaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2016 dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan itu diterima Atos di Surabaya, Kamis (8/12) lalu.

“Penghargaan ini bisa diraih berkat dukungan seluruh jajaran Pemkab Pasa­man serta dukungan penuh masyarakat,” sebut Atos, beberapa saat lalu.

Penghargaan Peduli HAM ini, diserah­kan Menteri Hukum dan HAM, Yassona Laoly pada acara peringatan Hari Peduli HAM se-Dunia di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Komitmen Pemkab Pasaman dalam penegakan HAM, ditelurkan dalam bentuk diberlakukannya dua buah peraturan daerah (Perda) terkait hak azasi.

Yakni, Perda Nomor 2 Tahun 2016 tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin dan Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Persoalan hak asasi ini harus dipenuhi. Karena, hal itu jelas digariskan di Undang-Undang Dasar 1945, peraturan pemerintah dan lainnya,” sebut Atos yang merupakan alumni Politeknik Unand itu.

Diharapkan Atos, penghargaan yang diraih ini, akan jadi semangat dan pelecut bagi jajaran Pemkab Pasaman untuk lebih maksimal lagi dalam bekerja. Karena itu, dia menekankan setiap aparatur, untuk bekerja cepat dan gesit tanpa mengabaikan persoalan HAM.

“Harus seiring lah, balance dia. Jangan dari satu sisi ini baik, tapi mengabaikan hak hak konstitusi masyarakat,” katanya.

Dilahirkannya Perda Nomor 2, tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin, menjadi bukti kepedulian pemerintah daerah terhadap nasib masyarakat kecil yang tersangkut hukum, baik pidana maupun perdata.

Hak-hak masyarakat didepan hukum, ka­ta Atos harus dilindungi sepenuhnya. Un­tuk itu, kata dia, Pemkab Pasaman me­nyediakan upaya pendampingan bagi ma­syarakat yang tersangkut masalah hukum. 

“Pemerintah menyediakan kuasa hu­kum untuk mendampingi masyarakat kita jika mereka tersangkut masalah hukum, dan itu gratis,” katanya. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,28 Juli 2016 - 03:55:18 WIB

    KONI Pasbar Ajak Perusahaan Peduli Olahraga

    KONI Pasbar Ajak Perusahaan Peduli Olahraga PASAMAN BARAT, HALUAN— Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabu­paten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengajak pe­rusahaan dan pabrik kelapa sawit yang ada ikut berpartisipasi dalan memajukan olah raga di de.
  • Selasa,19 Juli 2016 - 05:53:53 WIB

    Tiga Nagari Guguak Bentuk Forum Peduli Nagari

    AROSUKA, HALUAN — Komitmen untuk memperko­koh persatuan dan hubungan kekekrabatan warga tiga nagari Guguak, kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, terus ditabuh. Sinyalemen itu terlihat dari upaya pembentukan se­buah wa.
  • Rabu,29 Juni 2016 - 05:21:15 WIB

    Pemkab Apresiasi PWI Peduli

    Pemkab Apresiasi PWI Peduli AGAM, HALUAN — Peme­rintah Kabupaten (Pemkab) Agam mengapresiasi PWI Ka­bu­paten Agam, yang membuat program PWI peduli, serta berbuka puasa dengan anak yatim. Pada masa-masa selan­jutnya, diharapkan PWI Agam bisa terus .
  • Senin,22 Februari 2016 - 02:26:13 WIB

    Hanura Sumbar Peduli Bencana Banjir Solsel

    Hanura Sumbar Peduli Bencana Banjir Solsel SOLSEL, HALUAN — Par­tai Hati Nurani Rakyat (Ha­nura) Sumatera Barat (Sum­bar) menyerahkan bantuan kepada korban banjir ban­dang Solok Selatan (Solsel), Minggu (21/2). Bantuan berupa logistik dan uang tunai disalurkan m.
  • Senin,22 Februari 2016 - 02:19:51 WIB

    PPNI Padang Panjang Peduli Bencana

    PADANG PANJANG, HALUAN — Be­be­rapa hari terakhir pasca banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Li­mapuluh Kota dan dan daerah lainnya di Sumatera Barat pada hari Minggu-Senin lalu, sejumlah bantuan terus berdata.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM