Peduli HAM, Pemkab Pasaman Raih Penghargaan Menteri


Jumat,16 Desember 2016 - 00:59:10 WIB

PASAMAN, HALUAN — Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama menerima penghar­gaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2016 dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan itu diterima Atos di Surabaya, Kamis (8/12) lalu.

“Penghargaan ini bisa diraih berkat dukungan seluruh jajaran Pemkab Pasa­man serta dukungan penuh masyarakat,” sebut Atos, beberapa saat lalu.

Penghargaan Peduli HAM ini, diserah­kan Menteri Hukum dan HAM, Yassona Laoly pada acara peringatan Hari Peduli HAM se-Dunia di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Komitmen Pemkab Pasaman dalam penegakan HAM, ditelurkan dalam bentuk diberlakukannya dua buah peraturan daerah (Perda) terkait hak azasi.

Yakni, Perda Nomor 2 Tahun 2016 tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin dan Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Persoalan hak asasi ini harus dipenuhi. Karena, hal itu jelas digariskan di Undang-Undang Dasar 1945, peraturan pemerintah dan lainnya,” sebut Atos yang merupakan alumni Politeknik Unand itu.

Diharapkan Atos, penghargaan yang diraih ini, akan jadi semangat dan pelecut bagi jajaran Pemkab Pasaman untuk lebih maksimal lagi dalam bekerja. Karena itu, dia menekankan setiap aparatur, untuk bekerja cepat dan gesit tanpa mengabaikan persoalan HAM.

“Harus seiring lah, balance dia. Jangan dari satu sisi ini baik, tapi mengabaikan hak hak konstitusi masyarakat,” katanya.

Dilahirkannya Perda Nomor 2, tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin, menjadi bukti kepedulian pemerintah daerah terhadap nasib masyarakat kecil yang tersangkut hukum, baik pidana maupun perdata.

Hak-hak masyarakat didepan hukum, ka­ta Atos harus dilindungi sepenuhnya. Un­tuk itu, kata dia, Pemkab Pasaman me­nyediakan upaya pendampingan bagi ma­syarakat yang tersangkut masalah hukum. 

“Pemerintah menyediakan kuasa hu­kum untuk mendampingi masyarakat kita jika mereka tersangkut masalah hukum, dan itu gratis,” katanya. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM