SIKAT PUNGUTAN LIAR

Pemko Solok Segera Bentuk Tim Saber Pungli


Jumat,16 Desember 2016 - 00:56:49 WIB

SOLOK, HALUAN — Pemerintah Kota Solok mulai merancang pembentukan tim Sapu Bersih Pungli (Saber Pungli), karena petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan sebagai acuan dalam bekerja sudah diterima dari pemerintah pusat melalui Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam).

Untuk tingkat Provinsi Su­ma­­tera Barat memang sudah ter­bentuk yang diSKkan lang­sung oleh Gubernur Sumatera Ba­rat. Setelah di tingkat pro­vin­si, dilanjutkan pembentukan pa­da masing-masing kabupaten/kota.

“Khusus Kota Solok, Saber Pungli nantinya dikomandoi Kapolres Solok Kota,” jelas Kepala Inspektorat Kota Solok Susweni menjawab Haluan di Kota Solok, Selasa (13/12).

Inspektorat hanya mem­fasilitasi tentang pembentukan tim Saber Pungli sesuai kewe­nangan yang diberikan peme­rin­tah pusat dan provinsi.

Berdasarkan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan (Juk­nis Juklak), tim itu memiliki banyak anggota, mulai dari Polres Solok Kota, inspektorat dan aparatur lainnya.

Tim Saber Pungli itu siap bekerja sesuai aturan yang ada dan menyikat bentuk-bentuk pungutan liar yang tidak ada dasar hukumnya.

Apapun pungutan kepada masyarakat, pihak swasta mau­pun instansi lain yang tidak memiliki dasar hukum akan disikat dan diproses sesuai peraturan yang berlaku sesuai instruksi presiden.

Diharapkan, tambah Sus­weni, tim Saber Pungli sudah terbentuk awal Januari 2017 nanti. Tertundanya pemben­tukan tim Saber Pungli di Kota Solok karena sedang diha­dapkan pada kegiatan baralek gadang memperingati hari ulang tahun Kota Solok ke- 46. Mengingat hampir semua unsur terlibat dalam memeriahkan HUT Kota Solok, makanya pembentukan tim Saber Pungli tertunda.

Menjawab Haluan tentang kemungkinan maraknya pungli di Kota Solok dalam mem­berikan pelayanan pada masya­rakat, menurut Susweni, hal itu sulit dibuktikan karena tidak ada yang melaporkan pada atasan tempat berlangsungnya praktik pungli itu.

“Jika ada yang melapor tentang adanya pungli, pasti ditindak karena Pemerintah Kota Solok sangat berkomitmen dalam memberantas korupsi, karena korupsi dengan pungli itu ibarat saudara kembar,” terang Susweni.

Kendati tim Saber Pungli belum terbentuk, bukan berarti aparat hukum di Kota Solok saat ini tidak peduli jika ada praktik pungli. Pungli yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Solok, saat ini sudah ada sanksinya. (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM