Kemensos Tambah Sasaran PKH 940 Jiwa Lagi


Jumat,16 Desember 2016 - 00:56:19 WIB

SOLOK, HALUAN — Kota Solok dipengujung tahun 2016 mendapat kuota tambahan sebanyak 940 jiwa dalam Pro­gram Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial. PKH itu bertujuan untuk pengentasan kemiskinan yang masih menjadi persoalan di Kota Solok.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja (Sosnaker) Kota Solok Edi Candra yang ditanya Ha­luan, Selasa (13/12), menga­takan, upaya pengentasan ke­miskinan merupakan pro­gram nasional yang sudah ditabuh sejak beberapa tahun lalu dan Kota Solok juga ikut ambil bagian karena berdasarkan data yang ada jumlah keluarga mis­kin masih ada walau jumlahnya sudah berkurang.

Berdasarkan Pendataan Basis Data Terpadu (PBDT) bekerja sama dengan Statistik Kota Solok, jumlah masyarakat miskin 11.323 jiwa dari jumlah penduduk Kota Solok 60.000 jiwa. Jumlah tersebut secara bertahap dientaskan. Untuk pengentasan itu pemerintah pusat menyalurkan bantuan bagi masyarakat miskin dari berbagai aspek.

Aspek bantuan itu berupa biaya pendidikan bagi anak-anak, biaya kesehatan, biaya bagi lansia dan biaya untuk penyandang disabilitas (cacat). Bantuan itu diberikan dalam bentuk uang tunai melalui rekening keluarga miskin. Na­ma-nama penerima bantuan itu sudah dikirim ke Kementerian Sosial.

Jumlah bantuan yang dite­ri­ma, lanjut Edi Candra, ber­variasi, mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 3 juta. Bantuan tersebut dalam waktu dekat sudah bisa diterima masyarakat miskin karena proses ad­mi­nistrasi sudah selesai dilak­sanakan. Pengajuan nama-nama masyarakat miskin juga sudah dikirim ke Kementerian Sosial.

Menjawab Haluan tentang rehab rumah warga miskin yang dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu, Edi Candra menga­takan, saat ini belum selesai dan masih dalam tahap pengerjaan.

Sesuai jadwal, sampai akhir Desember pekerjaan itu sudah harus selesai. Setiap rumah menerima bantuan Rp 10 juta, kemudian ditambah lagi dengan dana APBD Kota Solok. (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM