Jalan Rantau Panjang Butuh Perhatian


Jumat,16 Desember 2016 - 00:55:03 WIB
Jalan Rantau Panjang Butuh Perhatian Salah seorang pejalan kaki melintasi jalan Desa Rantau Panjang Kecamatan Lingga Utara yang terlihat memprihatinkan. Jalan ini telah menjadi nadi perekonomian masyarakat desa setempat. (ANTARA)

Lingga, Haluan — Masyarakat di Kecamatan Lingga Utara khususnya Desa Rantau Panjang mengharapkan pemerintah daerah melakukan peningkatan dan pera­watan terhadap fasilitas jalan lintas menuju desa tersebut pada tahun anggaran 2017 mendatang.

Saat ini, jalan utama pe­nun­jang perekonomian ma­sya­rakat desa itu dalam kon­disi rusak parah dan beberapa ruas jalan mengalami long­sor.”Sudah seharusnya pe­me­rintah memperbaiki jalan ini, karena merupakan akses darat satu-satunya menuju Desa Rantau Panjang,” kata Yusri Mandala, Ketua KNPI Kecamatan Lingga Utara, Kamis (15/12).

Menurut Yusri, sejak jalan itu dirintis dan dibuka oleh pemerintah Kabupaten Lingga sekitar 2014 lalu, belum terlihat adanya upaya peningkatan dan pe­me­li­ha­raan untuk fasilitas ter­se­but.”Sekarang ini jalan Ran­tau Panjang mirip arena olahraga Offroad. Banyak parit bekas aliran air hujan di tengah jalan, di sekitar bukit mengalami longsor yang menyisakan beberapa meter saja badan jalan,” terangnya.

Bahkan, lanjutnya, parit besar bekas aliran air hujan telah memutus akses jalan yang diperkirakan sepanjang 6 kilo­meter tersebut. ”Ma­sya­rakat setempat sudah mela­kukan inisatif menyambung kembali jalan putus itu de­ng­an beberapa batang kayu. Bentuknya se­der­hana, tapi cukuplah untuk sekedar bisa menyebrangi ja­lan,” tuturnya yang berdomisili di desa tersebut.

Dia berharap, pemerintah dapat segera melakukan pe­ning­katan terhadap jalan yang telah menjadi nadi pere­konomian warga pesisir Ling­ga Utara itu.

Ditempat berbeda, Ke­pala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DP­U), Lingga Indra Asmara Putra menjelaskan, fasilitas jalan menuju Desa Rantau Panjang saat ini sudah men­jadi kewenangan Pemerintah Provinsi Kepri.”Pemkab Li­ng­ga sangat memperhatikan kondisi jalan ini, namun kewenangannya sudah milik Provinsi. Jadi penanganannya dilakukan oleh Dinas PU Provinsi,” ungkapnya.

Indra mengatakan, fa­si­ltas jalan di Kabupaten Ling­ga yang saat ini statusnya menjadi jalan Provinsi ter­catat se­panjang 236 kilometer lebih, termasuk fasilitas jalan menuju Desa Rantau Pan­jang.Upaya Dinas PU Lingga sendiri, lanjut Indra, telah mengusulkannya kepada pi­hak Provinsi, te­ru­tama be­berapa fasilitas jalan lain yang maauk dalam prio­ritas pem­bangunan daerah di tahun 2017. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM