Abrasi Pantai di Pessel, BPBD : Menghabiskan Dana Rp 40 Miliar


Kamis,15 Desember 2016 - 15:23:40 WIB
Abrasi Pantai di Pessel, BPBD : Menghabiskan Dana Rp 40 Miliar KONDISI ABRASI-- Beginilah kondisi terbaru di Kampung Tanjung Alai, Kenagarian Koto Taratak, Kecamatan Sutera, pasca Abrasi Pantai beberapa waktu lalu. (Okis Mardiansyah)

PAINAN, HALUAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan, untuk penanganan abrasi pantai (gelombang laut-red) yang terjadi beberapa waktu lalu di Kampung Tanjung Alai, Kenagarian Koto Taratak, Kecamatan Sutera, Pessel, menghabiskan biaya sekitar Rp 40 Miliar.


"Ya, untuk penanganan bencana abrasi pantai ini, telah kita laporkan ke BNPB pusat, pada hari Rabu 14/12 kemarin," ungkap Pri Nurdin BPBD Pessel, di ruangannya Kamis (15/12).


Terkait dengan penanggulangan bencana abrasi yang kerap terjadi disejumlah wilayah pantai Pesisir Selatan, lanjutnya, saat ini pihaknya hanya bisa membantu dalam kondisi darurat saja, misalnya penyediaan tenda darurat atau karung pasir untuk penahan abrasi sementara.


"Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya BPBD tidak memiliki anggaran yang cukup untuk itu. Apalagi untuk penanganan abrasi pantai yang bisa menelan biaya miliaran lebih. Namun, pihak kita tetap optimis dan siap membantu kapan saja kalau memang keadaan itu sudah sangat darurat, seperti penyediaan tenda dan lain-lain," sebutnya.


Lebih lanjut kata dia, setelah dilaporkannya kondisi rawan abrasi yang menimpa wilayah itu, pihaknya saat ini tengah menunggu tim verifikasi dari BNPB pusat untuk meninjau lokasi tersebut.


"Saat ini kita hanya menunggu hasilnya saja. Tim dari BNPB pusat nanti yang akan memverifikasi semuanya. Apakah nanti akan dibuatkan penangan secara permanen (pemasangan batu jeti) atau tidak, itu tergantung dari penilaian mereka," jelasnya.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM