Abrasi Pantai di Pessel, BPBD : Menghabiskan Dana Rp 40 Miliar


Kamis,15 Desember 2016 - 15:23:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Abrasi Pantai di Pessel, BPBD : Menghabiskan Dana Rp 40 Miliar KONDISI ABRASI-- Beginilah kondisi terbaru di Kampung Tanjung Alai, Kenagarian Koto Taratak, Kecamatan Sutera, pasca Abrasi Pantai beberapa waktu lalu. (Okis Mardiansyah)

PAINAN, HALUAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan, untuk penanganan abrasi pantai (gelombang laut-red) yang terjadi beberapa waktu lalu di Kampung Tanjung Alai, Kenagarian Koto Taratak, Kecamatan Sutera, Pessel, menghabiskan biaya sekitar Rp 40 Miliar.


"Ya, untuk penanganan bencana abrasi pantai ini, telah kita laporkan ke BNPB pusat, pada hari Rabu 14/12 kemarin," ungkap Pri Nurdin BPBD Pessel, di ruangannya Kamis (15/12).


Terkait dengan penanggulangan bencana abrasi yang kerap terjadi disejumlah wilayah pantai Pesisir Selatan, lanjutnya, saat ini pihaknya hanya bisa membantu dalam kondisi darurat saja, misalnya penyediaan tenda darurat atau karung pasir untuk penahan abrasi sementara.


"Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya BPBD tidak memiliki anggaran yang cukup untuk itu. Apalagi untuk penanganan abrasi pantai yang bisa menelan biaya miliaran lebih. Namun, pihak kita tetap optimis dan siap membantu kapan saja kalau memang keadaan itu sudah sangat darurat, seperti penyediaan tenda dan lain-lain," sebutnya.


Lebih lanjut kata dia, setelah dilaporkannya kondisi rawan abrasi yang menimpa wilayah itu, pihaknya saat ini tengah menunggu tim verifikasi dari BNPB pusat untuk meninjau lokasi tersebut.


"Saat ini kita hanya menunggu hasilnya saja. Tim dari BNPB pusat nanti yang akan memverifikasi semuanya. Apakah nanti akan dibuatkan penangan secara permanen (pemasangan batu jeti) atau tidak, itu tergantung dari penilaian mereka," jelasnya.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,27 September 2016 - 20:40:54 WIB

    Ancaman Abrasi Pantai di Pariaman, Siswa Ini Tanam Bibit Bakau

    Ancaman Abrasi Pantai di Pariaman, Siswa Ini Tanam Bibit Bakau PARIAMAN, HALUAN--Mengantisipasi ancaman abrasi pantai, puluhan siswa dari SMK 3 Pariaman menanam bibit bakau di sepanjang pantai Manggguang, Pariaman Utara, Kota Pariaman, Selasa (27/9)..
  • Rabu,16 Desember 2015 - 03:33:45 WIB
    Bantuan 1.000 Karung Pasir Lenyap

    Masyarakat Sutera Semakin Resah dengan Ancaman Abrasi

    PAINAN,HALUAN — Masyarakat Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan merasa resah akan ancaman musibah abrasi pantai yang terus mendesak daerah pemukiman mereka. Setidaknya sekitar 300 unit rumah terancam abrasi pantai. B.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM