HARAPAN LUKMAN EDY

Pemilu 2024, Militer Bisa Memilih


Rabu,14 Desember 2016 - 00:59:49 WIB

JAKARTA, HALUAN — Ketua Panitia Khusus (Pansus) Ran­cangan Undang-undang ten­tang Penyelenggaraan Pemilu (Pemilu) DPR RI Lukman Edy mengharapkan anggota TNI/Polri sudah bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Serentak 2024. Artinya, militer akan diberikan hak politik penuh.

“Kita mengharapkan pada Pemilu Serentak 2024, anggota TNI/Polri sudah bisa menggunakan hak suaranya,” kata Lukman Edy usai Rapat Kerja Pansus RUU Pemilu dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Jampidum Noor Rachmad dan Dir Tipidum Mabes Polri Brigjen Pol Agus Andrianto, di Komplek Parlemen Senayan, Senin (13/12).

Di negara-negara yang maju, jelas Lukman Edy, anggota TNI dan Polri mempunyai hak suara dalam pemilu. “Negara kita yang sudah maju ini masa tidak bisa. Kita harus bisa menunjukkan ke negara lain bahwa kita ini negara besar yang mampu melaksanakan demokrasi dengan baik,” kata politisi PKB dari daerah pemilihan Riau itu.

Memang kata Lukman Edy, Pang­lima TNI menginginkan anggota TNI/Polri menggunakan hak pilihnya setelah Pemilu Serentak 2024 setelah dilakukan evaluasi kenetralan TNI/Poliri pada pemilu tersebut.  “Tapi kalau kita menginginkan pada Pemilu 2024 ang­gota TNI/Polri sudah menggunakan hak suara setelah dilakukan evaluasi pada Pemilu 2019. Kita melihat dari pelak­sanaan pemilu belakangan ini, TNI/Polri sudah mem­perlihat sikap netralnya,” jelasnya.

Sedangkan untuk dipilih, jelas Luk­man Edy, tetap sama, yaitu harus mundur sebagai anggota TNI/Polri. “Sama dengan anggota DPR dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Jika ikut mencalonkan diri, baik dalam pilkada maupun pemilu presiden dan wakil presiden harus mundur,” kata Lukman Edy. (h/sam)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM