HARAPAN LUKMAN EDY

Pemilu 2024, Militer Bisa Memilih


Rabu,14 Desember 2016 - 00:59:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi

JAKARTA, HALUAN — Ketua Panitia Khusus (Pansus) Ran­cangan Undang-undang ten­tang Penyelenggaraan Pemilu (Pemilu) DPR RI Lukman Edy mengharapkan anggota TNI/Polri sudah bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Serentak 2024. Artinya, militer akan diberikan hak politik penuh.

“Kita mengharapkan pada Pemilu Serentak 2024, anggota TNI/Polri sudah bisa menggunakan hak suaranya,” kata Lukman Edy usai Rapat Kerja Pansus RUU Pemilu dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Jampidum Noor Rachmad dan Dir Tipidum Mabes Polri Brigjen Pol Agus Andrianto, di Komplek Parlemen Senayan, Senin (13/12).

Di negara-negara yang maju, jelas Lukman Edy, anggota TNI dan Polri mempunyai hak suara dalam pemilu. “Negara kita yang sudah maju ini masa tidak bisa. Kita harus bisa menunjukkan ke negara lain bahwa kita ini negara besar yang mampu melaksanakan demokrasi dengan baik,” kata politisi PKB dari daerah pemilihan Riau itu.

Memang kata Lukman Edy, Pang­lima TNI menginginkan anggota TNI/Polri menggunakan hak pilihnya setelah Pemilu Serentak 2024 setelah dilakukan evaluasi kenetralan TNI/Poliri pada pemilu tersebut.  “Tapi kalau kita menginginkan pada Pemilu 2024 ang­gota TNI/Polri sudah menggunakan hak suara setelah dilakukan evaluasi pada Pemilu 2019. Kita melihat dari pelak­sanaan pemilu belakangan ini, TNI/Polri sudah mem­perlihat sikap netralnya,” jelasnya.

Sedangkan untuk dipilih, jelas Luk­man Edy, tetap sama, yaitu harus mundur sebagai anggota TNI/Polri. “Sama dengan anggota DPR dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Jika ikut mencalonkan diri, baik dalam pilkada maupun pemilu presiden dan wakil presiden harus mundur,” kata Lukman Edy. (h/sam)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,30 Maret 2017 - 16:28:39 WIB

    KPU Persiapkan Rumah Pintar Pemilu

    BUKITTINGGI, HALUAN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi tengah mempersiapkan Rumah Pintar Pemilu yang akan dibuka di kantor KPU setempat. Rumah Pintar Pemilu ini akan diluncurkan pada April. .
  • Kamis,16 Februari 2017 - 09:18:49 WIB

    Pengurus Dirombak, Golkar Sumbar Pede Hadapi Pemilu

    Pengurus Dirombak, Golkar Sumbar Pede Hadapi Pemilu PADANG, HALUAN—Partai Golkar Sumbar siap mempertahankan raihan Pileg 2014, dan bertekad bisa meraih kesuksesan pada Pileg 2019 mendatang. Mengingat sebelumnya, terjadi kelompok-kelompok di tubuh Golkar yang berdampak buruk .
  • Selasa,20 Desember 2016 - 00:11:24 WIB

    Pemilu Langsung Tak Sesuai Pancasila

    JAKARTA, HALUAN — Pilihan politik era reformasi menghendaki adanya pemilihan umum secara langsung, mulai dari pemili­han presiden, anggota DPR hingga Kepala Daerah. Padahal, Pemilu langsung tidak sesuai dengan sila keempat.
  • Senin,31 Oktober 2016 - 01:53:15 WIB
    TARGETKAN SATU KADER SATU DAPIL DPR RI

    PKB Sumbar Bersiap Hadapi Pemilu 2019

    PKB Sumbar Bersiap Hadapi Pemilu 2019 PADANG, HALUAN — Pengalaman kalah telak di pemilihan umum (pemilu) 2014 silam mengharuskan Partai Kebangkitan bangsa (PKB) di Sumatera Barat curi star dalam mempersiapkan diri menuju Pe­milihan Umum (Pemilu) 2019. Sedari k.
  • Jumat,16 September 2016 - 03:01:58 WIB

    Revisi UU Pemilu Jadi Agenda Rutin

    JAKARTA, HALUAN — Ketua FPKB DPR RI Hj. Ida Fauziah menginginan UU Pemilu tidak diganti atau direvisi setiap pelak­sanaan pemilu, seperti yang terjadi selama ini. Karena itu ia mengharapkan Revisi UU Pemilu untuk Pemilu 20.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM