Wabup Dukung Gerakan Nagari Madani


Rabu,14 Desember 2016 - 00:58:50 WIB
Wabup Dukung Gerakan Nagari Madani Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah membuka seminar BKMT Kabupaten Agam. (RAHMAT HIDAYAT)

Agam,Haluan — Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah membuka Seminar Gerakan Nagari Madani yang diikuti oleh cadiak pandai alim ulama, Nagari di aula Bappeda Agam, Selasa (13/12). Ia juga sangat mengapresiasi dan mendukung gerakan nagari madani.

Seminar itu dihadiri Ketua MUI Kabupaten Agam Fauzi Damrah, camat, walinagari se Agam, Bundo Kanduang dan lainnya. Narasumber berasal dari tenaga ahli penyusunan konsep gerakan nagari madani se Sumbar, Unand Padang Dr. Henmaidi, IAIN Padang Dr. Urwatul Wusqa dan Buya Ma­saod Abidin.

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan didampingi Kepala BPNPM Kabupaten Agam Wel­fizar disela-sela kegiatan ter­sebut mengatakan, Adat Ba­sandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah Syara mangato, adat mamakai adalah filosofi ma­sya­rakat minang. Gerakan  nagari madani adalah lagkah yang sangat menarik dimana itu semua dimulai dari pe­me­rinta­han terendah.

Trinda Farhan Satria yakin gerakan nagari madani ini bisa tercapai sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Agam, sehingga terwujudnya Kabupaten Agam yang berkeadilan, inovatif, sejahtera dan agamais (BISA) menuju Agam Mandiri, Ber­pres­tasi yang Ma­da­ni. ”Ke­hidupan beragama dan norma adat haru sejalan. Gera­kan ini sangat bagus, selain itu Ke­suksesan gerakan nagari nadani perlu melibatkan semua elemen terkait. Tentunya pemerintah sangat mendukung karena ber­sesuaian dengan dengan Ren­cana Panjang Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Agam Tahun 2016 – 2021,” jelasnya.

Dikatakannya, nagari ma­dani ini juga tidak bisa dipisah­kan dari baliak ka surau atau masjid. Musalla yang ada di nagari-nagari harus diramaikan baik itu untuk kegiatan ibadah, pendidikan, maupun segala sesuatu yang berhubungan dengan sosial. Babaliak ka surau bisa juga diartikan segala se­suatu dikembalikan lagi kepada pendidikan agama. (h/yat).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM