Ratusan Desa di Riau Belum Dialiri Listrik


Rabu,14 Desember 2016 - 00:57:08 WIB

Pekanbaru, Haluan — Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau menyebut, hingga kini sekitar 200 dari total 1.641 desa/kelurahan pada 12 kabupaten/kota belum teraliri listrik.

“Sampai akhir tahun ini, sekitar 200 desa di Riau belum berlistrik. Ini menjadi fokus kita dengan PLN, agar di tahun 2017 sudah ber­kurang,” papar Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau, Syah­rial Abdi, Selasa (13/12).

Ia menjelaskan, mayoritas desa itu berada di daerah dengan sistem kelistrikan terisolasi, seperti di Kabu­paten Indragiri Hilir dan me­rupakan wilayah desa ter­banyak belum berlistrik PLN.

Awal tahun ini, peme­rintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No.4/ 2016 tentang Perce­patan Pembangunan Infra­struktur Ketenagalistrikan.

Dengan Perpres ini, diha­rap­kan dapat mendorong megaproyek pembangunan pembangkit listrik berka­pasitas 35.000 Mega Watt secara nasional, dan khusus­nya di Riau sendiri bakal terang tahun 2019.

“Kita sudah bersinergi de­ngan PLN setempat, agar di­ikuti kabupaten/kota di Ri­au. Tidak ada lagi, ego sek­toral karena kita ingin me­mi­nimalisir jumlah desa be­lum teraliri listrik,” ucap­nya.

Kepala Dinas Pertam­bangan dan Energi Kabu­paten Rokan Hulu, Yusmar Yusuf pernah berujar, di wilayahnya terdapat sembilan desa di tiga kecamatan seperti kepenuhan hingga kini belum berlistrik.

Padahal PLN Rayon Pa­sir­pengaraian telah menar­getkan sampai akhir tahun 2016, desa-desa di tiga keca­matan sudah dapat teraliri listrik dari sistem isolated atau sistem mengatur pendis­tribusian wilayah sendiri.

Menurutnya, kondisi ter­se­but terjadi tidak terlepas dari masih rendah keter­sediaan daya listrik di wilayah itu yakni baru sekitar 30 Mega Watt dengan memiliki total 16 kecamatan.

Permintaan akan kebu­tuhan daya listrik terus me­ning­kat di daerah itu, sebab PLN terus gencar merea­lisasikan program pema­sa­ngan seribu pelanggan baru.

“Untuk penuhi kebutuhan listrik, maka rasio elek­trifi­kasi di Rohul harus terus ditingkatkan jadi 90 persen atau terpenuhi daya listrik capai 80 MW,” tutur Yusmar. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM