Sejumlah Paslon Lakukan Pelanggaran APK


Rabu,14 Desember 2016 - 00:56:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Pekanbaru, Haluan — Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru, Riau, me­nyebutkan selama masa kam­panye berlangsung beberapa tim pasangan calon yang akan ikut pada pemilihan wali kota dan wakil bupati melakukan pelanggaran dengan kesa­lahan terhadap desain alat kampanye.

“Kami melihat ada bebe­rapa tim paslon yang desain bahan kampanyenya tidak sesuai dengan aturan KPU,” kata Ketua KPU Kota Pekan­baru Amiruddin Sijaya, Senin (12/12).

Amiruddin Sijaya menje­laskan, hingga saat ini, masa kampanye pasangan calon wali kota dan wakil Pekan­baru yang akan maju pada pilkada 2017 terus bergulir.

Berbagai hal dilakukan agar kampanye bisa berjalan sesuai tujuan. Tak terkecuali dengan mempersiapkan ba­han kampanye yang akan diberikan kepada masyarakat saat ke­giatan berlang­sung. ”Sejauh ini Komisi Pemilihan Umum Pe­kan­baru terus me­la­­kukan ko­ordinasi dengan pi­hak tim calon terkait desain ba­han kampanye agar tidak me­nyalahi aturan,” kata dia lagi.

Bahan kampanye meli­pu­ti stiker, poster, pamflet dan brosur.Adapun desain bahan kampanye yang sering tidak sesuai dengan aturan KPU misalnya ada komentar atau testimoni dari tokoh ma­syara­kat non partai yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).”Ini tentu dilarang dalam aturan KPU,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya me­min­ta tim calon menye­suai­kan desain bahan kampanye yang berpatokan pada aturan main sehingga semua calon sama materi dalam bahan kam­panyenya.Ia juga mengi­ngat­kan untuk bahan kam­panye termasuk Alat Peraga Kam­panye (APK) yang dice­tak oleh KPU memiliki logo khusus yang membe­dakan­nya dengan yang dicetak tim. ”Perbedaannya adalah lo­go Bang Baung yang meru­pa­kan maskot dari pilkada oleh KPU Pekanbaru,” kata­nya.

Ia menambahkan, jika tim ingin melihat seperti APK yang dicetak oleh KPU, bisa mendatangi langsung lima titik yang ada di Pekanbaru. Yakni di Simpang Bingung, Simpang Beringin, Jalan Kartini, Simpang Parit Indah dan di sekitar Baterai P Panam.”Jadi APK inilah yang ja­di acuan jangan ada yang la­ri dari situ,” katanya. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,03 Agustus 2016 - 03:24:28 WIB

    Akibat Abrasi, Sejumlah Rumah Terancam Longsor ke Laut

    SIAK, HALUAN — Ter­jangan gelombang yang ter­jadi di sepanjang tepian su­ngai/laut wilayah Kabupaten Siak, khususnya Kecamatan Sungai Apit menyebabkan terjadinya abrasi yang se­makin hari kian meng­kha­watirkan. Seper.
  • Sabtu,28 Mei 2016 - 05:18:01 WIB

    Sejumlah Tambang Pasir di Bintan Tak Kantongi Izin

    Sejumlah Tambang Pasir di Bintan Tak Kantongi Izin Bintan, HALUAN — Komisi II DPRD Bintan menyampaikan sebagian besar pengelolaan tambang pasir yang tersebar di sejumlah lokasi, meski masih beroperasi namun belum memiliki izin resmi dari pemerintah..
  • Rabu,02 September 2015 - 19:01:09 WIB

    Akibat Kabut Asap, Sejumlah Penerbangan Dibatalkan

    NONGSA, HALUAN — Akibat kabut asap asal Jambi dan Palembang, kembali sejumlah penerbangan dari Sumatera menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan sebaliknya, Rabu (2/9) pagi dibatalkan.

    Hari ini (kemarin,.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM