2016, Tahun Bencana HAM dan Bangkitnya Fasisme


Selasa,13 Desember 2016 - 00:55:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi

NEW YORK, HALUAN—Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menilai, 2016 merupakan tahun bencana Hak Asasi Manusia (HAM) sehubungan banyaknya kasus pelanggaran HAM  ditemukan, khususnya meningkatnya fasisme.

Kepala urusan HAM PBB, Pangeran Zeid bin Ra’ad, men­jelaskan hal itu dalam pidato menjelang peringatan Hari HAM Internasional pada hari Sabtu, 10 Desember 2016.  “2016 merupakan tahun benca­na bagi hak asasi manusia di seluruh dunia. Jika ini terus dibiarkan tumbuh tanpa mem­pedulikan HAM dan supremasi hukum, akhirnya semua orang akan menderita,” ujar Pangeran Zeid.

Pidato Pangeran Zeid me­nga­rah pada krisis kemanusiaan yang terjadi di Timur Tengah, khususnya di Suriah. Diper­kirakan 11 juta warga Suriah telah meninggalkan rumah mereka sejak pecahnya perang saudara pada Maret 2011 dan sekitar satu juta dari mereka telah meminta suaka di Eropa.

Pangeran Zeid menjelas­kan,  isu-isu utama yang diha­da­pi dunia di tahun 2016 terma­suk krisis pengungsi besar-besaran, kekerasan oleh gerakan ekstrimis di seluruh dunia, perubahan iklim, diskriminasi dan semakin melebarnya ke­senjangan sosial.

Pangeran asal Yordania tersebut menperingatkan bahwa kegagalan banyak pemimpin untuk menangani isu-isu terse­but telah mendorong banyak orang untuk memanfaatkannya tanpa mempedulikan HAM. Dia juga menyinggung soal pernyataan-pernyataan yang mengarah ke fasisme oleh bebe­rapa pemimpin di Eropa dan AS.

Menurutnya, kejahatan yang menyerukan kebencian pada pendatang telah melonjak seca­ra drastis setelah miliarder berusia 70 tahun asal New York, Donald Trump meme­nang­kan pemilu AS pada 8 November.

“Di beberapa bagian Eropa dan di Amerika Serikat, gera­kan anti-asing terus terjadi tanpa terkendali dan kebencian terus berkembang pada tingkat yang menakutkan, dan semakin tak tertandingi,” tutur Zeid.

Menurutnya, fasisme kini tidak lagi dibicarakan secara sembunyi-sembunyi, namun telah dilakukan secara ter­buka bahkan oleh pemimpin dunia. (h/tco)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,22 Agustus 2016 - 12:57:40 WIB

    Pasific Partnership 2016, TNI AL Latihan dengan Tujuh Negara

    Pasific Partnership 2016, TNI AL Latihan dengan Tujuh Negara PADANG, HALUAN - Latihan Bersama (Latma) Pasific Partnership 2016 yang merupakan penyelenggaraan kelima dibuka pagi ini di Mako Lantamal II Padang, Senin (22/8). Latma ini melibatkan personil militer dan sipil dari beberapa n.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM