BERKAT BERAGAM IVEN

Ribuan Wisatawan ‘Serbu’ Sawahlunto


Selasa,13 Desember 2016 - 00:53:20 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Beragam iven mampu menyedot belasan ribu wisatawan untuk masuk ke Sawahlunto, dalam Minggu (11/12) akhir pekan lalu. Dari lima iven yang digelar, tidak kurang dari 12 ribu wisatawan yang masuk ke ‘Kota Tua’ Sawahlunto.

“Pemerintah terus berupaya memancing wisatawan untuk datang, sedangkan masyarakat harus pandai memanfaatkan kesempatan yang ada untuk memutar ekonominya,” ujar Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, Senin (12/12).

Sepanjang Minggu (11/12) saja, ujar Ali Yusuf, dengan lima iven yang digelar, tidak kurang dari 12 ribu wisatawan yang masuk ke Sawahlunto. Bahkan, ada mereka yang me­nginap satu hingga dua malam untuk mengikuti iven yang digelar.

Ali Yusuf membayangkan, dengan satu hari iven yang dibantu pemerintah dengan puluhan juta rupiah, dengan masing-masing wisatawan meng­habiskan uang Rp200 ribu, maka perputaran uang yang bisa membantu pere­konomian masyarakat setidak­nya mencapai Rp2,4 miliar.

Menurut Ali Yusuf ketika didampingi Wakil Walikota Ismed, pemerintah akan terus berupaya melakukan pan­ci­ngan-pancingan dengan mem­bantu iven-iven yang dise­lenggarakan. wisatawan datang, masyarakat akan mendapatkan uang.

Pria kelahiran 11 Mei 1970 itu mengatakan, Sawahlunto di bawah kepemimpinannya akan terus menjadikan pariwisata sebagai andalan. “Bali saja untuk membangun pariwisata membutuhkan waktu 40 tahun,” ujarnya. (h/dil)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM