Man Koto Baru Raih Adiwiyata Nasional


Selasa,13 Desember 2016 - 00:52:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi

KOTOBARU, HALUAN — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Koto Baru Kab. Solok kembali menorehkan prestasi besar di penghujung tahun 2016 ini. Anugerah prestisius Adiwiyata Nasional (sekolah berwawasan lingkungan) diterima madrasah itu atas keberhasilannya menciptakan lingkungan sekolah yang ramah lingkungan.

Penghargaan Adiwiyata itu akan diterima pada Selasa (13/12) (hari ini-red), yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Ke­hu­tanan serta Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan dalam acara Sarasehan Se­kolah Adiwiyata 2016 di Jakarta.

Kepala MAN Koto Baru Solok Drs H Syamsul Bahri MPd didampingi Ketua Tim Adiwiyata MAN Koto Baru Solok Harnova Triza, Jumat (9/12), mengungkapkan, perjuangan panjang telah dilalui pihak sekolah untuk menggapai penghargaan ini, dengan melengkapi berbagai sarana fisik dan non fisik yang menjadi dasar penilaian tersebut.

“Semua ini tidak terlepas dari kerjasama semua stake­holder mulai dari siswa/i, pendidik, tenaga kepen­didi­kan, komite, penjaga se­kolah, masyarakat dan dari peme­rintahan, Nagari, Ke­camatan, Kemenag dan Pem­da Kab. Solok,” katanya meng­apresiasi.

Untuk tahun 2017 men­da­tang, kata Syamsul MAN Ko­to Baru Solok akan selalu ber­upaya mempertahankan pr­e­dikat Adiwiyata Nasional ini.

Karena jika penghargaan Adi­wiyata ini diraih tiga kali ber­turut-turut, maka sekolah itu akan mendapat predikat se­kolah Adiwiyata Mandiri. “Ar­tinya, sekolah itu akan menjadi contoh bagi sekolah lain terkait wawasan lingku­ngann­ya,” ujar Syamsul Bah­ri.

Sementara itu, Harnova menambahkan selain itu juga tersedia fasilitas penunjang, seperti, kantin, musala repre­sentatif, integritas kurikulum serta Bank Sampah (tempat pengelolaan sampah).

“Sedangkan non fisik merupakan, kreativitas dan pengetahuan siswa dari trans­formasi ilmu diberikan guru, misalnya ketika siswa diminta membuang sampah ke dalam tong sampah yang berbeda (tong sampah organik dan an organik), siswa bersangkutan melakukan dan terbiasa de­ngan itu,” tambah Harnova. (h/ndi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,16 Juli 2017 - 17:21:43 WIB

    Pariaman Bakal Bangun Dua Dermaga Apung

    Pariaman Bakal Bangun Dua Dermaga Apung PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dua Dermaga Apung, Agustus ini ba kal dibangun pada dua lokasi di Pariaman yaitu di pantai Gandoriah dan Pulau Tangah. .
  • Selasa,11 Juli 2017 - 20:19:35 WIB

    Ada Kampung KB di Jorong Terisolir Pasaman Barat

    Ada Kampung KB di Jorong Terisolir Pasaman Barat PASBAR, HARIANHALUAN.COM-- Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran, Selasa (11/7) yang diwakili oleh Sekkab Pasbar, H. Manus Handri kembali meresmikan kampung Keluarga Berencana (KB) di daerah terisolir Kabupaten Pasaman Barat (Pas.
  • Senin,03 Juli 2017 - 18:45:09 WIB

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas PASAMAN, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 31 orang pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pasaman, membolos alias tanpa keterangan pada gelaran apel perdana usai libur bersama perayaan Idul Fitri 1438H, Senin (3/7). Mereka, ASN.
  • Minggu,18 Juni 2017 - 22:38:33 WIB

    Penangkaran Penyu di Pariaman Dikelola Provinsi, Pengunjung Tidak Dipungut Biaya

    Penangkaran Penyu di Pariaman Dikelola Provinsi, Pengunjung Tidak Dipungut Biaya PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Penangkaran Penyu di Desa Apar Kota Pariaman, masih menjadi ikon wisata oleh masyarakat meski pengelolannya beralih dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman ke Dinas Kelautan Perikanan Prov.
  • Sabtu,17 Juni 2017 - 00:52:29 WIB

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, lagi-lagi dibuat jengkel oleh sebagian pegawai di Sekretariat Daerah (Setda) setempat, khususnya pada bagian umum. Kegusarannya disebabkan puluhan pegawai tidak hadir a.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM