DALAM PELAYANAN MASYARAKAT

KPPN Solok Tak Tarik Pungutan Apapun


Selasa,13 Desember 2016 - 00:52:19 WIB

AROSUKA, HALUAN — Korupsi menjadi musuh uta­ma yang tengah meng­gero­goti bangsa Indonesia. Bah­kan, hampir semua lini lem­baga pemerintahan tak luput dari praktik kongkalingkong.

Atas dasar itu, mem­peringati Hari Anti Korupsi se Dunia Tahun 2016 ini, Kantor Pelayanan Perben­daharaan Negara (KPPN) Solok bertekad member­sihkan instansi keuangan pemerintah tersebut dari praktik pungutan liar (pungli) dan jenis korupsi lainnya.

“Internal kita yang perlu dibenahi dulu. Bagaimana membersihkan hati, mene­gakkan integritas dan bekerja profesional untuk Indonesia tangguh,” kata Kepala KPPN Solok, Junaidi memberi pa­paran pada kegiatan peri­ngatan Hari Anti Korupsi se Dunia yang jatuh pada tang­gal 9 Desember di aula KPPN Solok, Koto Baru Kec. Ku­bung, Jumat (9/12).

Junaidi mengatakan, re­flek­si Hari Anti Korupsi se Dunia adalah ajang untuk mengintrospeksi diri sebuah lembaga. Terutama di tubuh internal KPPN sendiri dan lembaga keuangan peme­rintahan secara umum.

Di hadapan puluhan orang staf dan beberapa mitra kerja dari instansi vertikal di wilayah kerja KPPN Solok yaitu Kab. Solok, Kota Solok dan dan Kab. Solok Selatan, Ju­naidi menegaskan, pela­ya­nan di KPPN bebas baya­ran

Artinya, tidak satupun la­yanan keuangan ini me­mu­ngut biaya dari PPK da­lam me­realisasikan anggaran pu­sat, seperti Dana Alokasi Khu­sus (DAK) ataupun Dana De­sa.

“Kalau ada operator, ben­dahara dan petugas lainnya di KPPN ini meminta bayaran, jangan diberikan. Jika itu terjadi, langsung laporkan pada kami. Kita berupaya sekuat tenaga untuk bebas pungli maupun gratifikasi,” tegas Junaidi.

Karena menurutnya, ga­ra-gara praktik terlarang oknum yang tidak ber­tang­gung jawab di sebuah ins­tansi, serta merta telah men­co­reng nama lembaga.

Hal ini yang perlu di­berantas agar image yang terbangun di mata ma­sya­rakat kembali positif, dan kepercayaan masyarakat ter­ha­dap lembaga yang ber­sang­kutan kembali ter­ba­ngun.

“Kalau internal kita su­dah kokoh, hubungan dengan mitra kerja atau eksternal akan berjalan baik tanpa praktik buruk pula,” pung­kasnya. (h/ndi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM