PMI Pasbar :Masyarakat Harus Waspada Cuaca Ekstrim


Jumat,09 Desember 2016 - 21:49:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi
PMI Pasbar :Masyarakat Harus Waspada Cuaca Ekstrim Ketua PMI Pasaman Barat Imbau Masyarakat Pasaman Barat agar waspada dalam menghadapi stuasi cuaca estrim (Idenvi Susanto)

PASBAR,HALUAN--Menghadapi cuaca ekstrim yang tengah melanda Indonesia, khususnya Pasaman Barat di mana akhir-akhir ini terus terjadi hujan disertai badai, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI ) Kabupaten Pasbar, Hj.Yunisra,SP.d menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

 

"Dalam situasi hujan badai kondisi cuaca ekstrim seperti ini, yang bukan saja melanda daerah kita Pasaman Barat, tapi hampir merata melanda seluruh nusantara ini, saya himbau agar masyarakat waspada," Imbaunya.

 

Dikatakannya, kondisi cuaca ekstrim seperti ini rawan terhadap bencana seperti banjir dan longsor.
Untuk itu PMI Pasbar siap siaga 24 jam memantau dan berjaga-jaga situasi untuk siap memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat Pasaman Barat .

 

" PMI siaga dan siap memberikan pertolongan pertama bila ada menerima laporan masyarakat tentang adanya ?ejadian luar biasa di daerahnya, bukan itu saja saat ini para relawan kita sebagian besar juga telah turun langsung ke daerah-daerah yang ditimpah bencana" terang Yunisra,
 

Menurut Yunisra, sesuai data dan laporan dari relawan di lapangan saat ini sudah terjadi bencana longsor dan banjir di beberapa titik yang melanda beberapa kecamatan di Pasbar.
 

Dikatakannya Pasaman Barat sebagai daerah pegunungan dan berbukitan serta dataran rendah adalah merupakan daerah rawan bencana, untuk itu kepada masyarakat yang tinggal di kaki-kaki perbukitan untuk meningkatkan kewaspadaan, demikian juga kepada masyarakat yang daerahnya sering terjadi banjir.

 

Ditambahkannya, dari kondisi atmosfer terkini terdapat indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat dan badai  di sekitar wilayah Pasaman Barat dan sekitarnya, dalam periode beberapa hari kedepan.

 

Untuk itu Ketua PMI Pasbar menghimbau maayarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti genangan air, banjir, tanah longsor, banjir bandang, pohon tumbang dan jalan licin serta bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat di wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,02 Agustus 2016 - 03:00:33 WIB

    PMI Latih 30 Relawan SIBAT

    AROSUKA, HALUAN — PMI Kab. Solok menggembleng 30 orang warga yang tergabung dalam Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dari 3 nagari dalam pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB). “Kehadiran SIBAT .
  • Jumat,10 Juni 2016 - 03:00:44 WIB

    PMI Cabang Pasaman Segera Gelar Muscab

    PMI Cabang Pasaman Segera Gelar Muscab Pasaman, Haluan — PMI cabang Pasaman bakal melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) dalam waktu dekat ini, setelah ber­akhirnya kepengurusan PMI Cabang Pasaman periode 2011-2016..
  • Jumat,27 Mei 2016 - 03:36:42 WIB

    Ketua PMI Kukuhkan PMR SMAN 4

    Solok, Haluan — PMR (Palang Merah Remaja) SMA Negeri 4 Kota Solok diku­kuhkan oleh Ketua PMI kota Solok, H. Suryadi Nurdal, Senin (16/5) di SMA tersebut. Pengukuhan ini juga disaksikan oleh kepala sekolah, Afrizal, majelis.
  • Jumat,08 Januari 2016 - 02:53:45 WIB

    Dua Tahun PMI Tidak Peroleh Dana Operasional

    PASAMAN, HALUAN — Dana operasional yang diperuntukkan untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pasaman diakui oleh Katua PMI Cabang Pasaman Asnil, dua tahun ini tidak ada sama sekali, sehingga tanpa adanya dana tentunya ro.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM