Polhut di Pessel Kurang, Satu Personel Jaga 20 Ribu Hektare Hutan


Jumat,09 Desember 2016 - 12:23:47 WIB
Polhut di Pessel Kurang, Satu Personel Jaga 20 Ribu Hektare Hutan Dansatgas Polhut Nafrizal

PAINAN, HALUAN - Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Keamanan dan Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Nafrizal mengaku hingga saat ini pihaknya masih kekurangan jumlah personel dilapangan.

 

"Ya, hingga saat ini kita masih kesulitan dalam mengoptimalkan pengawasan seluruh hutan di Kabupaten ini. Sebab, personil kita hanya berjumlah 12 orang saja. Mereka tidak mungkin mampu mengawasi hutan seluas 260 ribu hektare yang tersebar disetiap kecamatan yang ada. Belum lagi, menyangkut sarana dan prasarana yang sangat minim," ungkap Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Nafrizal, kepada Haluan, Jumat (9/12).

 

Menurutnya, jumlah personel Polhut yang hanya 12 orang itu, tidaklah sebanding dalam menjalani tugas dan fungsinya untuk melakukan pengawasan, pengamanan, dan penertiban (P3) hutan di wilayah Kabupaten itu, yang luasnya mencapai ratusan hektare serta letaknya juga sangat berjauhan.

 

"Idealnya satu personil hanya mampu mengawasi hutan seluas 5 ribu hektare. Namun kenyataannya, satu personil saat ini harus mengawasi hutan seluas 20 ribu hektare dengan jarak tempuh yang sangat jauh," terangnya.

 

Walaupun kerusakan hutan sulit terpantau diwilayah itu, lanjutnya, namun pihaknya tetap optimis melaksanakan tugas dan fungsinya diapangan, karena sudah hampir 30 persen wilayah hutan di Pessel rusak akibat kegiatan pembalakan secara liar "Ilegal logging" akibat ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

"Minggu lalu pihak kita berhasil menemukan sebanyak 15 kubik kayu ilegal jenis Meranti yang tidak diketahui siapa pemiliknya. Jumlah temuan ini kita pastikan akan meningkat setiap tahunnya," ujarnya.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM