Bupati Dharmasraya Lantik 41 Walinagari


Jumat,09 Desember 2016 - 01:38:38 WIB
Bupati Dharmasraya Lantik 41 Walinagari BUPATI Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melantik 41 orang walinagari, yang salah satunya ayah kandungnya yaitu Walinagari Sungai Rumbai, H.Rasul Hamidi Dt.Saridano. (MARYADI)

DHARMASRAYA, HALUAN—Sebanyak 41 orang walinagari hasil pemilihan walinagari (Pilwana) Oktober lalu, dilantik oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kamis (8/12), di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya.

Di balik pelantikan tersebut ada yang menarik diantaranya adalah bupati melantik bapak kandungnya dan Ketua TP PKK Kabupaten melantik Ketua TP PKK Nagari, yang juga ibu mertuanya.

Proses pelantikan tersebut merupakan rangkaian dari proses Pilwana yang diamanatkan oleh undang undang dan Perda. “Dari 43 nagari yang melaksanakan Pilwana, 41 walinagari yang di­lantik, 2 nagari lainnya masa jabatannya baru habis Januari mendatang,”imbuh Kabah Ta­pem, Asril,M.Si, kepada Haluan di sela sela acara pelantikan.

Dijelaskannya, memang Pil­wa­na lalu dilaksanakan serentak, dua nagari yang belum dilantik, masa jabatanya hampir habis makanya dimasukkan bersamaan dengan Pilwana serentak.

Tamu undangan yang hadir seperti tokoh pemekaran H.Zubir Sutan Bagindo, mantan Bapati Dharmasraya H. Adi Gunawan, Syafrudin Putra Dt.Sunggono, Asrul Syukur serta tamu lainnya itu terpaku kepada dua orang sosok wajah walinagari dan Ketua TP PKK Nagari yang akan dilan­tik, yaitu Walinagari Sungai Rumbai H.Rasul Hamidi Dt.Sa­ridano dan Ketua TP PKK Hj.Puti Jawanis.

Kenapa tidak, nama yang baru saja disebut, selain sudah tiga periode menjadi walinagari, ia juga merupakan ayahanda Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Sesampai di atas pentas, H. Rasul Hamidi yang sudah mema­kai seragam PDUB Walinagari terpaksa memberikan hormat kepada bupati yang notabene putra kesayangannya.

Tamu undangan yang hadir, kembali bersorak, bapak dan anak tersebut kemudian menjalankan prosesi pelantikan dengan mema­sangkan deck di bahu sang bapak dan memasangkan benggo tanda jabatan walinagari. Terakhir sang bapak menerima salinan surat keputusan pengangkatan sebagai walinagari yang sudah diteken sang anak.

Melihat peristiwa langka, itu Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Nasrul Abit dalam sambu­tannya ikut berkomentar “Ya mau bagai­mana lagi pak wali, aturan pro­tokoler memang begitu. Saya minta pak wali memaafkannya,” kata mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu sambil tersenyum dan disambut tepuk tangan hadirin.

Sehabis pelantikan walinagari, peristiwa yang hampir serupa berulang ketika Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya Ny. De­wi Sutan Riska melantik Ketua TP PKK Nagari, pasalnya di antara para istri walinagari tersebut terdapat ibu mertuanya, yaitu Ny. Hj. Puti Jawanis.

Begitu pula salah seorang walinagari termuda dari Keca­matan Padang Laweh, juga mela­kukan prosesi pelantikan, bebe­rapa pasang mata juga terbelo­ngok melihatnya, karena masih seumur dengan bupati muda.

Prosesi besar ini diseleng­garakan untuk menunjukkan betapa Pemkab Dharmasraya menempatkan pemerintahan na­gari sebagai ujung tombak dalam memberikan layanan kepada masyarakat, sebagai ujung tom­bak untuk membangun daerah dan ujung tombak dalam me­wujudkan visi dan misi daerah.

“Tanpa peran walinagari yang profesional dan pemerintahan nagari yang kuat, sulit bagi kita untuk mencapai visi dan misi daerah,” ujar Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambu­tannya usai acara pengambilan sumpah dan pelantikan.

Dari 41 walinagari yang dilan­tik, tiga orang di antaranya sudah untuk yang ketiga kalinya. Mereka adalah H. Rasul Hamidi Dt. Saridano, Walinagari Sungai Rumbai yang notabene ayahanda Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, H. Narin Imam Wali­nagari Sungai Langkok, dan Syafrizal, SH., Walinagari Ti­umang. Dari status perkawinan, ada dua walinagari yang masih berstatus lajang, yaitu Walinagari Banai dan Walinagari Muaro Sopan. Pada umumnya, walinagari yang dilantik masih berusia muda dan bergelar sarjana.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Nasril Abit yang khusus datang ke Dharmasraya juga dida­puk memberi sambutan. Menu­rutnya, walinagari jangan merasa bukan bagian dari pemerintahan. Walinagari adalah ujung tombak pemerintahan di Sumatera Barat. Oleh karena itu walinagari harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik baiknya.

Lebih jauh dikatakan, walina­gari yang profesional adalah walinagari yang tidak mau mem­pertelekan masyarakatnya jika berurusan dengan dirinya. Kemu­dan dia tidak mau melakukan pungutan liar tanpa ada dasar hukum yang jelas. Dan dia juga harus profesional mengelola keuangan nagari dan profesional melaksanakan pembangunan nagari. Dengan walinagari yang profesional, maka pemerintahan Sumatera Barat akan makin di­cintai rakyatnya.

Acara pelantikan Walinagari se Kabupaten Dharmasraya meru­pakan prosesi pelantikan Walina­gari terbesar di Sumatera Barat. (h/mdi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM