Jumlah PNS Pemko Solok Sudah Cukup


Jumat,09 Desember 2016 - 00:58:54 WIB

SOLOK, HALUAN — Berdasarkan kajian analisis, kebutuhan pegawai negeri sipil untuk Pemerintah Kota Solok secara umum sudah mencukupi dan tidak perlu lagi adanya penambahan. Jika terjadi penambahan kemungkinan untuk pegawai khusus sesuai keahlian.

Kepala Badan Kepe­ga­waian Daerah (BKD) Kota Solok Jetson yang dihubungi Haluan di kantornya, Kamis (8/12), mengatakan, kendati ada moratorium (penundaan) formasi penerimaan PNS dari pemerintah pusat untuk Kota Solok, tidaklah menjadi per­soalan yang fatal karena memang Kota Solok belum membutuhkan tambahan PNS.

Sampai saat ini mora­torium itu memang belum dicabut oleh pemerintah pu­sat, dengan demikian pe­nambahan PNS untuk Kota Solok terhenti sejak beberapa tahun lalu. Kendati terhenti tidak berpengaruh terhadap aktivitas di pemerintahan karena jumlah PNS yang ada sudah mencukupi. Kalau ada formasi penambahan mung­kin saja di bidang fungsional, khususnya pertanian, ke­hutanan dan lainnya.

Jika dilihat dari Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang sudah disah­kan, untuk staf eselon III dan IV juga sudah mencukupi karena masing-masing eselon itu harus punya staf yang akan bekerja membantu peja­bat bersangkutan.

Fungsi staf itu ada sebagai perencana, pelaksana dan pengolah data, karena tidak semua beban kerja dikerjakan pejabat eselon III dan IV dan ada pekerjaan yang porsinya dikerjakan staf.

Ketika ditanya tentang banyaknya penambahan pe­gawai di beberapa SKPD, kata Jetson, bukanlah peng­ang­katan dari pemerintah pusat maupun daerah, atau diangkat berdasarkan SK Walikota Solok. Masuknya pegawai di beberapa SKPD itu merupakan beban bagi SKPD bersangkutan untuk membiayainya.

Dijelaskan, status mereka rata-rata masih pegawai su­karela. Mereka diterima ber­dasarkan kebijakan kepala SKPD bersangkutan dan tidak melalui BKD. Jika melalui BKD tentu ada SK yang dikeluarkan Walikota Solok, kemudian BKD men­distribusikan pada masing-masing SKPD yang mem­butuhkan tambahan pegawai untuk bisa bekerja mem­bantunya.

Namun demikian, lanjut Jetson, pegawai yang masuk dengan status sukarela itu bukan tidak mungkin di­perhatikan nantinya oleh kepala daerah. Namun tidak bisa dipastikan apalagi saat masuk kerja tidak ada per­janjian sama sekali akan diangkat dalam tahun-tahun tertentu. (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM