Jumlah PNS Pemko Solok Sudah Cukup


Jumat,09 Desember 2016 - 00:58:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SOLOK, HALUAN — Berdasarkan kajian analisis, kebutuhan pegawai negeri sipil untuk Pemerintah Kota Solok secara umum sudah mencukupi dan tidak perlu lagi adanya penambahan. Jika terjadi penambahan kemungkinan untuk pegawai khusus sesuai keahlian.

Kepala Badan Kepe­ga­waian Daerah (BKD) Kota Solok Jetson yang dihubungi Haluan di kantornya, Kamis (8/12), mengatakan, kendati ada moratorium (penundaan) formasi penerimaan PNS dari pemerintah pusat untuk Kota Solok, tidaklah menjadi per­soalan yang fatal karena memang Kota Solok belum membutuhkan tambahan PNS.

Sampai saat ini mora­torium itu memang belum dicabut oleh pemerintah pu­sat, dengan demikian pe­nambahan PNS untuk Kota Solok terhenti sejak beberapa tahun lalu. Kendati terhenti tidak berpengaruh terhadap aktivitas di pemerintahan karena jumlah PNS yang ada sudah mencukupi. Kalau ada formasi penambahan mung­kin saja di bidang fungsional, khususnya pertanian, ke­hutanan dan lainnya.

Jika dilihat dari Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang sudah disah­kan, untuk staf eselon III dan IV juga sudah mencukupi karena masing-masing eselon itu harus punya staf yang akan bekerja membantu peja­bat bersangkutan.

Fungsi staf itu ada sebagai perencana, pelaksana dan pengolah data, karena tidak semua beban kerja dikerjakan pejabat eselon III dan IV dan ada pekerjaan yang porsinya dikerjakan staf.

Ketika ditanya tentang banyaknya penambahan pe­gawai di beberapa SKPD, kata Jetson, bukanlah peng­ang­katan dari pemerintah pusat maupun daerah, atau diangkat berdasarkan SK Walikota Solok. Masuknya pegawai di beberapa SKPD itu merupakan beban bagi SKPD bersangkutan untuk membiayainya.

Dijelaskan, status mereka rata-rata masih pegawai su­karela. Mereka diterima ber­dasarkan kebijakan kepala SKPD bersangkutan dan tidak melalui BKD. Jika melalui BKD tentu ada SK yang dikeluarkan Walikota Solok, kemudian BKD men­distribusikan pada masing-masing SKPD yang mem­butuhkan tambahan pegawai untuk bisa bekerja mem­bantunya.

Namun demikian, lanjut Jetson, pegawai yang masuk dengan status sukarela itu bukan tidak mungkin di­perhatikan nantinya oleh kepala daerah. Namun tidak bisa dipastikan apalagi saat masuk kerja tidak ada per­janjian sama sekali akan diangkat dalam tahun-tahun tertentu. (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,04 Juli 2017 - 11:13:22 WIB

    Sejumlah Wilayah di Solsel Belum Nikmati Listrik

    Sejumlah Wilayah di Solsel Belum Nikmati Listrik SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM – Aliran listrik masih belum menyentuh masyarakat di daerah pedalaman. Kondisi ini harus ditunjang juga dengan adanya peningkatan infrastruktur jalan dan penetaan ulang tata ruang di daerah i.
  • Sabtu,10 Juni 2017 - 14:51:57 WIB

    Sejumlah Lampu Jalan di Kota Pariaman Rusak

    PARIAMAN, HALUAN - Akibat keterbatasan biaya perawatan untuk penerangan umum di Pemko Pariaman, sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di lokasi jalan arteri penangkaran penyu di Mangguang terbiarkan rusak. Termasuk juga .
  • Minggu,08 Januari 2017 - 07:46:38 WIB

    Distributor Pupuk Dipertanyakan Sejumlah Komponen di Pasbar

    PASBAR, HALUAN – Sejumlah komponen masyarakat di Pasbar mempertanyakan sikap PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) yang belum merespon surat bupati terkait rekomendasi penunjukkan distributor pupuk bersubsidi sektor pertanian tahun.
  • Selasa,27 Desember 2016 - 00:43:14 WIB
    SELEKSI CALON PEJABAT ESELON IIB PRATAMA SELESAI

    Pansel Setor Sejumlah Nama ke Bupati

    Pansel Setor Sejumlah Nama ke Bupati AROSUKA, HALUAN — Sebanyak 71 nama calon pejabat yang akan mengisi 21 jabatan eselon II B di lingkup Pemerintahan Kabupaten Solok, akhirnya diserahkan kepada Bupati Solok Gusmal usai diseleksi oleh panitia seleksi (Pansel).
  • Senin,14 November 2016 - 00:26:46 WIB

    Koperatif dan Patuh Aturan, Sejumlah Perusahaan Diganjar Penghargaan

    SOLSEL, HALUAN — Pemerintah Solok Selatan (Solsel) memberikan piagam penghargaan bagi perusahaan yang kooperatif dan patuh terhadap aturan yang berlaku. Pemkab Solsel menilai perusahaan tersebut layak mendapatkan penghargaa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM